Testimoni

Halaman

Makalah Manajemen Perubahan: Garuda Indonesia dalam Kurva S



GARUDA INDONESIA DALAM KURVA S
 
   
        


Garuda Indonesia adalah maskapai penerbangan nasional Indonesia. Garuda Indonesia berdiri pada tanggal 26 Januari 1949. Sebagai pembawa bendera bangsa, Garuda Indonesia mempunyai misi: “turut melaksanakan dan menunjang kebijaksanaan serta program pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional pada umumnya, khususnya di bidang jasa pengangkutan udara dan di bidang lainnya yang berkaitan dengan jasa pengangkutan udara”.
Bila menyaksikan kebesaran dan kemegahan PT. Garuda Indonesia yang tumbuh sekarang, maka tidak dapat dipungkiri bahwa hasil yang telah dicapai adalah mata rantai dari perjuangan para pendahulunya. Banyak upaya yang dilakukan oleh para pendahulu untuk memiliki transportasi udara sebagai sarana untuk menjaga keutuhan kemerdekaan dan wilayah di tanah air. Hal ini sangat dirasakan masyarakat Indonesia untuk membeli pesawat guna mengisi kebutuhan di dalam negeri yang sangat mendesak, karena jumlah pesawat yang dimiliki saat itu terbatas.
Sesuai dengan perkembangan zaman, sekarang Garuda Indonesia Airways diganti dengan Garuda Indonesia yang saat ini menjadi perusahaan penerbangan Indonesia. Mengingat 56 tahun pengalaman yang sudah dilakukan dalam hal penerbangan udara baik di Indonesia maupun internasional.
Dibandingkan dengan maskapai penerbangan di Indonesia yang menyajikan harga rendah, Garuda Indonesia mampu memberikan kualitas layanan yang terbaik, tepat waktu, tingkat keselamatan penerbangan yang sempurna, dan memiliki konsumen yang sangat loyal. Garuda Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang pernah mengalami kurva S (Sigmoid Curve) dan dapat melewati, kemudian tetap bertahan pada saat sekarang ini.


Garuda Indonesia  pernah mengalami masa-masa jaya. Bahkan di Asia ia pernah menjadi armada kedua terbesar yang menguasai jalur-jalur penerbangan yang penting. Garuda di tahun 1990-an akhirnya memasuki masa-masa sakit karena salah urus dan kurang cepat merespons perubahan. Ditambah lagi terpaan krisis moneter di Indonesia tahun 1998, disamping hutangnya yang berlipat kali ganda karena kurs mata uang, daya beli masyarakat merosot tajam, hal ini mengakibatkan banyaknya pesawat-pesawat milik Garuda yang “mangkrak” karena sepinya permintaan masyarakat terhadap jasa penerbangan. Pada saat itu masyarakat lebih memilih Alat angkutan alternatif seperti kereta api, bus atau kapal yang dinilai relatif lebih murah. Di akhir tahun 90-an, perusahaan ini hampir saja ditutup karena jumlah utang-utangnya telah melampaui modalnya sendiri dan cash-flow-nya negative. Bahkan pada saat itu para debiturnya bahkan mengancam akan memailitkan Garuda dan akan menyita aset-aset Garuda Indonesia.
Tapi Garuda kemudian berhasil diselamatkan pada awal tahun 2000-an, setelah dilakukan restrukturisasi, turnaround, dan perubahan manajemen. Tetapi di tahun-tahun berikutnya, pola persaingan masih terus menekan Garuda, sehingga masa depanya pun kembali terancam. Munculnya pesaing-pesaing baru airlines bertarif rendah yang agresif telah mengubah prefensi konsumen.


Sebagai ilustrasi, kronologi Garuda Indonesia digambarkan dalam piramida berikut ini  :


Pada semester ke-2 di tahun 1998 manajemen Garuda menyadari adanya ketidakberesan yang terjadi dalam tubuh perusahaan dan berusaha keras untuk menghentikan “pendarahan” dengan cara memperbaiki revenue perusahaan. Upaya manajemen krisis untuk bertahan hidup ini diteruskan pada tahun berikutnya, 1999 dengan cara penguatan operasi, pelayanan, revenue, manajemen biaya, dan perbaikan proses manajemen.
Suatu titik putar yang dilakukan Garuda Indonesia di tahun 2000 adalah memperbaiki pelayanan kominikasi dan diteruskan dengan upaya efisiensi dalam bidang organisasi, operasi, keuangan, dan administrasi.
Setelah berhasil untuk melewati kurva S, Garuda berhasil bangkit pada tahun 2002 dan memasuki tahap pertumbuhan baru dengan melakukan ekspansi dan pengembangan, dan kemudian di tahun 2003 Garuda Indonesia mengambil langkah privatisasi. . Sekarang Garuda Indonesia tengah gencar-gencarnya untuk mempromosikan Garuda Indonesia Experience yang menggabungkan kualitas pelayanan terbaik dengan keramahan Indonesia sebagai program baru mereka. Garuda Indonesia mempunyai kantor penjualan tiket di kota-kota besar di  Indonesia. Hal ini dimaksudkan agar para pelanggan lebih mudah untuk membeli tiket perjalanan dengan harga tiket yang telah disesuaikan.

Makalah ini masih dalam bentuk Draft

Untuk Versi Full ato Mau Judul Lain

Silakan Order Aja

o858688o39oo9 (Diana)

Ditunggu Ordernya Yaa!!

MEMBANGUN KETAHANAN EKONOMI DALAM NEGERI DALAM RANGKA MEWUJUDKAN KETAHANAN NASIONAL



MEMBANGUN KETAHANAN EKONOMI DALAM NEGERI DALAM RANGKA MEWUJUDKAN KETAHANAN NASIONAL



Ketahanan nasional Indonesia merupakan kondisi dinamik bangsa Indonesia yang meliputi segenap aspek kehidupan nasional yang terintegrasi, berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan baik yang datang dari dalam maupun dari luar yang secara langsung atau tidak langsung dapat membahayakan integritas, identitas, dan kelangsungan hidup bangsa dan negara, serta perjuangan mengejar tujuan perjuangan nasionalnya.
Ketahanan nasional pada dasarnya merupakan kondisi yang dinamis, artinya bahwa ketahanan nasional dapat bersifat fluktuatif, setiap saat bisa berubah baik itu melemah maupun menguat. Kondisi yang fluktuatif tersebut dipengaruhi oleh segenap aspek kehidupan nasional yang saling terintegrasi satu sama lain. Aspek tersebut dirinci ke dalam 8 aspek yang sering disebut Asta Gatra. Asta Gatra sendiri terdiri dari Trigatra (Kondisi Geografi, Kekayaan Alam, dan Kependudukan) dan Pancagatra (Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, Pertahanan dan Keamanan). Terwujudnya ketahanan nasional pada hakikatnya tergantung pada dua hal utama: pertama, kemampuan bangsa dan negara dalam memanfaatkan Trigatra sebagai modal dasar peningkatan kondisi Pancagatra. Kedua, keuletan dan ketangguhan bangsa dan negara dalam mengatasi berbagai ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan yang dapat membahayakan integritas, identitas, dan kelangsungan hidup bangsa dan negara.
Makalah yang kami buat ini akan memfokuskan diri pada pembahasan salah satu aspek Pancagatra yaitu aspek ekonomi. Ketahanan ekonomi merupakan salah satu aspek yang penting dalam ketahanan nasional karena merupakan suatu cita-cita dan tujuan nasional yang harus diperjuangkan setelah kemerdekaan yaitu mewujudkan Negara Indonesia yang adil, makmur,dan sejahtera, artinya bahwa segala kegiatan pemerintah dan masyarakat di dalam pengelolaan faktor produksi dalam rangka produksi dan distribusi barang dan jasa digunakan sepenuhnya untuk kesejahteraan rakyat, baik material maupun spiritual. Kondisi dinamik suatu bangsa di bidang kehidupan ekonomi tercermin pada keseimbangan struktur ekonomi, bersamaan dengan tersedianya kebutuhan hidup sehari-hari secara merata dan terjangkau oleh rakyat banyak.
  Pada hakikatnya, ketahanan ekonomi yang tangguh mengandung kemampuan untuk dapat memelihara stabilitas ekonomi yang sehat dan dinamis serta dapat menciptakan kemandirian ekonomi nasional dengan daya saing yang tinggi dan kemakmuran rakyat yang adil dan merata. Oleh karena itu, diperlukan suatu kemampuan untuk dapat memanfaatkan potensi dan sumber daya yang ada di negara kita secara efektif dan efisien, serta kemampuan untuk dapat mengatasi berbagai ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan di bidang ekonomi demi terwujudnya suatu ketahanan ekonomi yang tangguh.

 

Makalah ini masih versi draft

Untuk versi lengkap

Silahkan Hub:

o85868o39oo9 (Diana)

Ditunggu Ordernya Yaah?

AMAZON VS WALMART: RAKSASA MANA YANG AKAN MENDOMINASI E-COMMERCE?



Case Study (Terjemahan) & Jawaban 
AMAZON VS WALMART:
 RAKSASA MANA YANG AKAN MENDOMINASI E-COMMERCE?

Sejak memasuki bidang dot.com di tahun 1995, Amazon.com tumbuh dari penjual buku online kecil menjadi salah satu perusahaan  retail terbesar di dunia, sederhananya retail e-commerce terbesar. Perusahaan telah berjalan jauh dari intinya sebagai penjual buku online pemula. Selain buku, Amazon sekarang menjual item-item baru, bekas dan koleksi dalam kategori seperti pakaian dan asesori, elektronik, komputer, perangkat dapur dan perangkat rumah tangga, music, DVD, video kamera, produk kantor, item bayi dan mainan, komupter, piranti lunak, layanan perjalanan, perlengakapan olah raga, perhiasan dan jam tangan. Di tahun 2010, penjualan elektronik dan barang umum menguasai mayoritas penjualan Amazon untuk pertama kalinya.
Amazon.com akan menjadi “Walmart of the Web” dan bahkan menjadi retailer terkemuka internet. Namun di tahun 2010, perusahaan lain muncul sebagai penantang serius untuk gelar “Walmart of the Web”: Walmart. Meskipun Walmat merupakan pendatang terbaru di dunia e-commerce, retailer terbesar di dunia nampaknya melirik Amazon dan siap bertarung untuk supremasi e-tailing online.
Berkebalikan dengan Amazon, Walmart telah didirikan sebagai toko tradisional, off-line, fisik di tahun 1962, dan tumbuh dari toko umum tunggal yang dikelola oleh pendirinya Sam Walton hingga menjadi pengecer terbesar di dunia dengan hampir 8.000 toko di seluruh dunia.
Berbasis di Bentonville, Arkansas, Walmart membuat penjualan sebesar $405 miliar tahun kemarin, sekitar 20 kali sebesar Amazon. Bahkan, berdasar pada besaran saat ini saja, pertarungan antara Walmart dan Amazon jauh dari bentrokan dua raksasa. Walmart jelas lebih besar dan lebih kuat dari keduanya dan selamanya, Amazon bukanlah ancaman besar bagi Walmart secara keseluruhan.

PERTANYAAN KASUS
  1. Apa konsep dalam bab ini yang diilustrasikan pada kasus ini?
E-commerce telah menjadi sebuah pasar baru yang sangat luar biasa, bahkan para ahli memperkirakan memiliki pangsa pasar 15-20% dari total penjualan ritel di seluruh US. Disamping itu jenis bisnis e-commerce yang semula adalah berupa “special store” yang hanya menjual jenis item tertentu (misal: Amazon mulanya hanya menjual buku), kini sudah bergerak kearah bisnis ritel yang menawarkan berbagai macam jenis produk seperti halnya department store. Namun keberhasilan Amazon ini, bukan dikarenakan ia adalah pelopor bisnis ritel online, namun karena keberhasilannya dalam mengelola operasi rantai nilai, namun posisi pemimpin dalam ritel online ini terancam karena Walmart mulai memasuki bisnis ritel online, seperti yang kita ketahui bahwa Wal-Mart adalah bisnis ritel dengan pengelolaan operasi rantai nilai yang sangat hebat di pasar konvensional, bahkan karena efisiensinya ini, Wal-Mart memiliki program “Everyday is Low Price” yang mana tidak mampu disaingi oleh para pesaingnya di bidang ritel ini.

  1. Buat analisis Amazon dan Walmart.com menggunakan model rantai nilai dan model kekuatan kompetitif?

  1. Bagaimana faktor manajemen, organisasi dan teknologi telah berkontribusi pada kesuksesan Wal-Mart dan Amazon?

  1. Bandingkan model bisnis e-commerce antara Wal-Mart dan Amazon. Mana yang lebih kuat? Jelaskan jawaban anda!

  1. Dimana anda ingin melakukan pembelian di internet? Amazon atau Walmart.com? Mengapa?   
  2. Ini hanya versi sample,  untuk versi lengkapnya silahkan pesan ke o85 868o 39oo9 (Diana)
     ditunggu ordernyaa yaa.... :D
 

CASE STUDY (TERJEMAHAN) Maskapai Penerbangan Southwest:



CASE STUDY (TERJEMAHAN)
Maskapai Penerbangan Southwest: 
KESUKSESAN AKHIRNYA DIPENTASKAN

Di tahun 1992, maskapai penerbangan mengalami kerugian sebesar 2 milyar dollar, didahului tekanan yang terjadi tahun sebelumnya, yang membawa tiga tahun mereka pada defisit finansial sebesar 8 milyar dollar. Tiga maskapai itu – TWA, Continental, dan America West – dibahas kebangkrutannya Chapter 11 dan yang lainnya berkumpul, segera menyusul mereka. Namun ada satu maskapai penerbangan, yaitu SouthWest, yang mendapat keuntungan seiring dengan pertumbuhannya yang cepat – dengan peningkatan sebesar 25% di tahun 1992. Menarik diperbincangkan karena hal itu disebabkan harga tiket yang lebih terjangkau, operasional yang transparan, dan dijalankan oleh CEO yang flamboyant, Herb Kelleher. Ia memiliki kedudukan, peluang melakukan gebrakan yang strategis, dan betapa ia memerah keutungan dari sana. Lihat Kotak Informasi berikut ini untuk pembahasan mengenai peluan-peluang melakukan strategi gebrakan dan rekan kerja yang mereka inginkan, analisa SWOT.

HERBERT D. KELLEHER.
Herb Kelleher memberi kesan kepada siapapun sebgai orang yang eksentrik. Ia suka bercerita, seringkali menempatkan dirinya sendiri sebagai korban lelucon yang ia buat sendiri. Di ruang kerjanya yang amburadul, ia menempatkan selusin keramik dengan ontanya sebagai sebuah testimony bahwa ia menyukai brand whiskey itu. Herb merokok lima bungkus sehari. Sebagai bukti kejenakaannya, ia melukis salah satu pesawat jenis 737 supaya kelihatan seperti paus pembunuh, selama penerbangan Herb menyuruh para awak penerbangannya mengenakan pakaian layaknya rusa kutub dan para kurcaci, sementara si pilot adalah Sinterklas yang  bernyanyi Christmas Carol melalui loudspeaker dengan hati-hati kerena ia mengguncangkan pesawat.

Ini hanya versi sample, 
untuk versi lengkapnya 
silahkan pesan ke o85 868o 39oo9 (Diana)
ditunggu ordernyaa yaa.... :D