Bagaimana Indomie membangun citra dan menciptakan nilai bagi
pelanggan untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan
Indomie adalah salah satu merek mie
instan yang terkenal di Indonesia. Merek ini adalah satu salah merek PT.
Indofood Sukses Makmur yang selalu berhasil dalam memproduksi berbagai jenis
produk makanan olahan, seperti kecap, saus, sambal, sirup, dan sebagainya.
Produk-produk tersebut terkenal melalui tayangan iklan media televise atau
media cetak. Indomie tersebut sangat disukai oleh berbagai macam kalangan
seperti anak-anak, remaja bahkan sampai orang tua, baik anak sekolah, pekerja
informal, maupun pekerja kantoran dari kalangan menengah bawah maupun menengah
atas. Hal itu disebabkan karena produk tersebut dapat ditemui dengan mudah di
berbagai warung, pasar, minimarket, bahkan di swalayan dan supermarket dengan
harga yang relative murah. Selain itu produk Indomie juga menciptakan berbagai
macam varian sehingga para pelanggan bisa mengkonsumsinya tanpa harus merasa
bosan dengan rasa yang ada. Hal itu yang membuat produksi produk Indomie
meningkat setiap tahunnya bahkan sudah sampai meluaskan pasarnya hingga keluar
negeri. Terkait dengan hal tersebut, dalam paper ini kita akan membahas tentang
bagaimana cara Indomie membangun citra, nilai, dan hubungan mereka dengan
pelanggan sehingga pelanggan tetap loyal untuk membeli dan mengkonsumsi produk
mereka (Dian dan Trimanah, n.d).
Salah satu komponen penting dalam
menentukan maju mundurnya suatu produk adalah merek. Merek mempunyai beberapa
peran dalam perusahaan, yaitu peran dalam mencapai skala ekonomis dengan
memproduksi merek tersebut secara massal, menghambar pesaing yang ingin
memperkenalkan merek yang sama, menjadi pembeda antara produk yang ditawarkan
dengan merek competitornya (Dian dan Trimanah). Oleh karena itu, perusahaan
perlu menciptakan citra mereka yang kuat agar mendapatkan kepercayaan baik dari
pengecer, pedagang maupun pelanggan. Begitu pula yang dilakukan oleh PT
Indofood yang membangun citra kuat melalui produk Indomie nya yang menjadikan
produk tersebut Top of Mind dan Top Brand atas produk mie instan di Indonesia.
Keberhasilan tersebut disebabkan oleh konsistensi Indomie dalam menjalani kunci
strategi 3A nya, yaitu acceptability(rasa
Indomie sudah dapat diterima oleh konsumen),
availability(mudah didapatkan dimana saja) dan affordability(harga Indomie terjangkau).
Dengan keunggulan, dan keunikan yang
dimiliki oleh Indomie, baik dalam produk maupun strategi promosinya melalui
iklan televisi menciptakan image yang positif yang kuat di dalam benak dan
pikiran pelanggan dan masyarakat Indonesia. Hal tersebut pun juga membangun
hubungan yang kuat antara Indomie dengan pelanggan di Indonesia. Setelah adanya
image dan nilai yang positif melalui strategi pemasaran dan promosi, Indomie
melanjutkannya dengan berpartisipasi dalam acara-acara informal, formal, bahkan
acara televise dengan memberikan dukungan dan menjadi sponsor utama dari
acara-acara tersebut, serta juga menyelenggarakan acara dengan tema “Indomie
Jingle Dare” agar dapat lebih dekat dengan pelanggannya dan masyarakat
Indonesia. Image positif tersebut mendorong sikap dan penilaian pelanggan yang
positif pula terhadap produk Indomie. Dengan tindakan dan strategi yang
dilakukan oleh Indomie tersebut, tentunya memberikan kepuasan kepada pelanggan
atas pelayanan dan produknya, yang menghasilkan sebuah kepercayaan dan
loyalitas dari para pelanggannya untuk selalu setia kepada Indomie sehingga
enggan berpindah kepada merek lain dan selalu membeli serta mengkonsumsi
Indomie (Tia, n.d).
Ini hanya versi sampelnya saja ya...
Untuk file lengkap atau mau
dibuatkan custom, silahkan PM kami ke
WA 0882-9980-0026
(Diana)
Happy order kakak ^^