MAKALAH - PERANAN PT SEMEN GRESIK, Tbk DALAM MENUNJANG EKONOMI WILAYAH JAWA TIMUR PADA SEKTOR INDUSTRI



Latar belakang

Setiap daerah mempunyai corak pertumbuhan ekonomi yang berbeda dengan daerah lain. Oleh sebab itu perencanaan pembangunan ekonomi suatu daerah pertama-tama perlu mengenali karakter ekonomi, sosial dan fisik daerah itu sendiri, termasuk interaksinya dengan daerah lain. Dengan demikian tidak ada strategi pembangunan ekonomi daerah yang dapat berlaku untuk semua daerah. Namun di pihak lain, dalam menyusun strategi pembangunan ekonomi daerah, baik jangka pendek maupun jangka panjang, pemahaman mengenai teori pertumbuhan ekonomi wilayah, yang dirangkum dari kajian terhadap pola-pola pertumbuhan ekonomi dari berbagai wilayah, merupakan satu faktor yang cukup menentukan kualitas rencana pembangunan ekonomi daerah.

Ekspansi industri sejumlah perusahaan efektif menggerakkan perekonomian di daerah. Dengan meningkatnya perekonomian diharapkan bisa menstimulasi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pajak yang dibayarkan perusahaan ke daerah terdiri atas Pajak Bumi dan Bangunan, Pajak Pemakaian Air Bawah Tanah, Pajak Galian C, Pajak Penerangan Jalan, dan Pajak Kendaraan Bermotor. Selain kontribusi pajak, ekspansi pabrik baru perusahaan juga menimbulkan efek domino yang positif seperti penyerapan tenaga kerja, peningkatan permintaan jasa kuliner dan perhotelan, hingga bermunculan bisnis sektor properti lokal. Keterlibatan pengusaha lokal dalam pengerjaan proyek-proyek juga ikut menggerakkan perekonomian.

Jawa Timur merupakan salah satu propinsi yang ada di timur pulau Jawa, dimana di Jawa Timur ini memiliki potensi ekonomi wilayah dan telah tumbuh menjadi salah satu kantong ekonomi penting yang ada di nusantara, mengingat beraneka ragam sektor yang dapat digerakkan di Jawa Timur, mulai dari penambangan, perdagangan dan jasa, pertanian, pariwisata, industri, perkebunan, dan lain sebagainya. Salah satu industri yang menyokong ekonomi wilayah Jawa Timur adalah industri semen, dimana industri semen ini menyerap banyak tenaga kerja dalam produksi hingga distribusinya, serta mendatangkan devisa bagi negara melalui aktivitas ekspor yang digerakkan oleh industri semen ini.

PT Semen Gresik (Persero) Tbk. merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri semen. PT Semen Gresik Tbk berkomitmen untuk terus mendorong ekonomi lokal.[1] Bisnis Semen Gresik di berbagai wilayah diharapkan bisa menjadi stimulus bagi peningkatan perekonomian daerah. Makalah ini akan membahas bagaimana kilas ekonomi wilayah di Jawa Timur, dengan secara khusus mengulas mengenai peran PT. Semen Gresik dalam ekonomi wilayah di Jawa Timur. Pada bagian akhir, makalah ini juga memberikan solusi dan saran atas analisis kelemahan, tantangan, dan peluang yang dihadapi oleh PT. Semen Gresik Tbk dalam perannya mengisi ekonomi wilayah Jawa Timur.

 Identifikasi masalah
  1. Kilas Ekonomi Wilayah Jawa Timur
  2. Bagaimana peran PT Semen Gresik Tbk dalam ekonomi wilayah jawa timur ?
  3. Apa kelemahan, tantangan, peluang, saran, dan solusi yang dihadapi PT Semen Gresik Tbk dalam menghadapi ekonomi wilayah ?

Pembahasan

Kilas Ekonomi Wilayah Jawa Timur

Ekonomi Jawa Timur kembali mencatatkan peningkatan pertumbuhan dibandingkan triwulan sebelumnya, yaitu dari 7,19% (yoy) menjadi 7,21%. Level pertumbuhan ekonomi Jatim pada triwulan ini juga masih lebih tinggi dibandingkan nasional yang justru mengalami perlambatan dari 6,50% (yoy) menjadi 6,40%. Pertumbuhan ini merupakan yang tertinggi dibandingkan provinsi lainnya di Pulau Jawa, dimana DKI Jakarta tumbuh sebesar 6,7% (yoy), Jawa Barat 6,41%, Jawa Tengah 6,10%, Banten 5,46% dan Daerah Istimewa Yogyakarta sebesar 5,23%.

Dari sisi permintaan, pertumbuhan ekonomi Jawa Timur didorong utamanya oleh pertumbuhan konsumsi rumah tangga dan investasi yang secara berurutan menyumbang pertumbuhan ekonomi sebesar 4,44% (yoy) dan 2,22%. Pertumbuhan tertinggi terjadi pada variabel investasi (12,11% - yoy), dan konsumsi rumah tangga 6,40%. Pertumbuhan investasi Jatim meningkat signifikan, utamanya berasal dari Penanaman Modal Asing (PMA) yang mencapai 1135% (yoy). Sementara itu, konsumsi masyarakat pada triwulan II-2012 mengalami peningkatan yang dipicu oleh tibanya libur sekolah, kegiatan festival shopping di beberapa kab/kota di Jatim dan cairnya gaji ketiga belas Pegawai Negeri Sipil (PNS).[2]

Sumber :

Kajian Ekonomi Regional Wilayah Bagian Jawa Timur Triwulan II – 2012

[1] http://suarakomunitas.net/baca/28162/semen-gresik-komitmen-berdayakan-ekonomi-lokal/

[2] Kajian Ekonomi Regional Jawa Timur Triwulan II – 2012. Bank Indonesia



Sekian dulu  pembahasannya
untuk versi lengkap atau
makalah versi lain
silakan request aja
Diana - o85868o39oo9
Ditunggu ordernya Gan!!
Thanks