AUDIT STRATEGIC TURKCELL








I.              CURRENT SITUATION
A.    Current Performance
Turkcell Iletisim Hizmetleri A.S (Turkcell) adalah salah satu penyedia layanan telekomunikasi mobile di Turki dan sistem global terbesar ketiga untuk operator mobile communications (GSM) di Eropa dalam hal jumlah pelanggannya.  Turkcell memberikan layanan telekomunikasi mobile seperti mobile audio dan layanan data melalui jaringan komunikasi GSM (global systems for mobile). Perusahaan memberikan layanan internasional melalui kontrak dan perjanjian dengan 693 operator di seluruh 208 negara dengan merek gnctrkcell dan IsTcell. Layanan yang ditawarkan oleh perusahaan digunakan oleh pelanggan individual dan korporat. Turkcell ada secara internasional lintas Turki, Ukraina, Belarusia, Moldovia, Georgia, Siprus Utara, Kazakhstan, dan Azerbaijan. Perusahaan berkantor pusat di Istanbul, Turki.

Company Overview
-          Operator mobile yang unggul di Turki
-          Dibentuk pada tahu 1994
-          Satu – satunya perusahaan Turki yang terdaftar dalam Bursa Saham New York (NYSE)
-          Operator Mobile terbesar kedua di Turki.
-          Memiliki 34 juta pelanggan di Turki
-          Memiliki 62 juta pelanggan di 8 negara
-          Termasuk 35 besar daftar INFO Tech, Bloomberg, Businessweel.

Penghargaan/ Awards
-          Gartner CRM Excellence Award
-          Oscar untuk Iklan Layanan Mobile terbaik “Tone and Win”
-          Kategori Jasa Baru Terbaik pada World Communication Awards 2002, dengan layanan “GPRSLand”-nya
-          Diperingkatkan di antara 5 perusahaan besar di Eropa oleh Financial Disclosure Procedures.

Current Situation – Financial

Triwulan ke-4 Tahun 2009
-          3% penurunan dalam penurunan tahun – per-tahun terutama karena :
o   Dampak negatif dari keputusan Authority :
§  Reimbursement yang mengarah pada tarif : TRY39 mn
§  Reimbursement untuk operator lainnya : TYR 21 mn
-          Kontribusi anak cabang yang rendah
Tahun Fiskal 2009
-          Penurunan yang kecil pada penerimaan terutama karena penggunaan yang lebih tinggi, sedangkan kontribusi anak cabang lebih rendah

Current Situation – Market Share (Pangsa Pasar)

B.     Strategic Posture
1.      Mission
To ease and enrich the lives of our customer with communication and technology solutions (Mempermudah dan memperkaya hidup pelanggan dengan solusi komunikasi dan teknologi)

2.      Objectives
a.       Menjaga pasar dan kepemimpinan teknologi sementara itu juga mempertahankan keunggulan kompetitif yang dimiliki.
b.      Meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan melalui peningkatan pengalaman pelanggan.
c.       Menjaga pertumbuhan melalui investasi dan model bisnis baru

3.      Strategies
§  Salah satu operator terbesar di Eropa, berdasarkan jumlah penggunanya
§  Memberikan area cakupan yang termasuk 100% populasi yang hidup di perkotaan sebesar 5000 orang atau lebih, 97,21% dari total populasi, dan 80,44% daria area daratan Turki.
§  Secara keseluruhan, Turkcell beroperasi di 8 negara yang berbeda, menjangkau 160 juta orang.
§  Mengembangkan merek mobile premier di Turki dengan melakukan diferensiasi dari persaingan berdasarkan kualitas layanan.
-          Diferensiasi Teknologi
o   Kecepatan 3G
o   Mobile marketing, mobile signature, IM, Mobile payment
-          Diferensiasi Benefit
o   Penawaran yang tersegmentasi : Gnctrkcll & IsTcell
o   Keunggulan pada handset yang ditawarkan (smartphones)
o   Co-branding benefit
-          Diferensiasi Kualitas Layanan
o   Pelayanan pelanggan yang terbaik (Gartner Awards)
o   Kualitas suara yang terbaik (penurunan panggilan kurang dari 1%)
Horizontal (Concentric)
-          Berekspansi di 7 negara di EuroAsia (joint venture)
-          Akuisisi industri – industri yang berhubungan seperti ISPs (Superonline)
Vertical (Backward dan Forward)
-          A-Tel sebagai distributor utama
-          Global Tower – sebagai supplier inti
§  Memperkenalkan kisaran luas layanan mobile yang ditujukan untuk menarik dan mempertahankan pelanggan dengan berbagai macam kebutuhan layanan.
§  Tetap pada garda depan inovasi teknologi
§  Memelihara pasar dan kepemimpinan teknologi dengan mempertahankan keunggulan kompetitif.
§  Membangun kekuatan dalam brand, orang  - orang, infrastruktur, dan skala yang memiliki 6 prioritas strategik dalam mengejar pertumbuhan:
·         Menumbuhkan inti dalam bisnis komunikasi melalui peningkatan penggunaan data dan suara
·         Menumbuhkan anak cabang internasional yang ada dengan memfokuskan pada profitabilitas jangka panajng.
·         Menumbuhkan bisnis fixed broadband dengan menciptakan sinergi di antara perusahaan Turkcell Group dengan infrastruktur fiber optic.
·         Menumbuhkan area mobilitas, internet, dan konvergensi melalui peluang bisnis baru.

4.      Policies
§  Pemasaran  à Karakter Snabbit yang dikenal dengan baik di seluruh Negara akan memperkuat branding
§  Financial / Keuangan  à Mengontrol operasi dan pengeluaran secara erat dengan penurunan ekonomi menggunakan fleksibilitas dan sensitivitas.
·         Keuntungan tahunan – 5% dari dana cadangan
·         Jumlah dividen akan ditentukan oleh rasio yang ditentukan oleh Capital Market Board


Sekian Dulu Yaa??
Mau versi lengkapnya??
Ato Mau bikin judul lain?
Request aja..
Diana – o85868o39oo9
Ditunggu Ordernya Yaa

RESUME JURNAL - THE BRAND PERCEPTIONS OF FORMER USERS



Persepsi Merk oleh Mantan Pengguna
(THE BRAND PERCEPTIONS OF FORMER USERS)
Jenny Romaniuk

Ini adalah perluasan penelitian citra merk kunci yang dilakukan oleh Bird, Channon dan Ehrenberg. Mereka menemukan bahwa ‘mantan pengguna’ lebih cenderung mengaitkan mereka dengan atribut citra positif daripada mereka yang belum pernah mencoba merk itu. Makalah ini memperluas penemuan penelitian mereka pada metode berbeda yang (1) mengelompokkan ‘mantan pengguna’ dan (2) mengukur asosiasi dengan atribut citra. Hasilnya meniru yang ditemukan di penelitian aslinya, memperkuat penegasan bahwa respon citra dipengaruhi oleh penggunaan di masa lalu. Penemuan ini membuat mendeteksi hubungan apapun antara citra merk dan perilaku mendatang menjadi tugas yang lebih sulit, karena pengaruh penggunaan masa lalu perlu untuk diperhitungkan dalam analisis.

Kata kunci: penelitian citra merk, persepsi mantan pengguna

Pendahuluan
Penelitian ini melibatkan dua perluasan penelitian pengukuran citra merk kunci yang dilakukan oleh Bird, Channon dan Ehrenberg di akhir era 60an dan 70an, dan mencoba untuk lebih jauh membangun pada karya yang mungkin berkembang di masa depan itu. Ia menguji sejauh mana penemuan mereka merupakan artefak dari teknik kategorisasi dan pengukuran yang digunakan.
Citra merk adalah area penelitian yang populer, sering berdasarkan pada kepercayaan bahwa citra merk yang dipegang konsumen mempengaruhi perilaku membeli mereka setelahnya. Tetapi, hanya sedikit yang diketahui mengenai hubungan antara citra merk dan perilaku mendatang. Penelitian yang dilakukan oleh Bird dkk. menggunakan teknik umum di mana responden didorong pada atribut citra merk (misalnya ‘nilai yang baik untuk uang’) dan ditanyai mengenai merk mana dalam kategori produk yang mereka kaitkan dengan masing-masing atribut. Bird dkk. menemukan bahwa ‘pengguna sekarang’ lebih mungkin untuk mengaitkan sebuah merk dengan atribut citra positif (yaitu diinginkan) daripada non-pengguna, dan secara mengejutkan, ‘mantan pengguna’ lebih mungkin untuk melakukan ini daripada mereka yang belum pernah mencoba merk itu. Proporsi rata-rata mengenai merk untuk sebuah atribut adalah 50% ‘pengguna sekarang’, 20% ‘mantan pengguna’ dan 10% mereka yang belum pernah mencoba merk itu. Hasil ini menyatakan bahwa sebutan sebuah merk untuk atribut citra positif terkait dengan perilaku sekarang/masa lalu, daripada masa depan.

Mengkategorisasi Mantan Pengguna
Bird dkk. mengkategorisasi responden yang telah membeli sebuah merk pada empat minggu sebelum survey sebagai ‘pengguna sekarang’. ‘Mantan pengguna’ adalah responden yang menyatakan mereka telah membeli merk itu sebelumnya tetapi tidak pada 4 minggu sebelum wawancara. Ada beberapa alasan potensial mengapa, pada poin wawancara, pelanggan mungkin belum membeli merk di 4 minggu terakhir. Yang pertama adalah mereka mungkin pembeli ringan kategori dan belum membeli merk manapun pada periode itu. Yang kedua adalah karena peredaran melewati daftar, di mana pada saat wawancara responden mungkin telah membeli dari merk lain dalam daftar mereka. Dalam dua skenario ini, tak ada alasan mengapa responden sebaiknya tidak mengaitkan merk dengan atribut positif ketika ditanya. Satu-satunya penghalang adalah responden hanya tidak memikirkan merk itu sama sekali, atau yang lebih baru dibeli, sehingga merknya lebih menonjol. Untuk responden-responden ini diharapkan bahwa asosiasi atribut positif akan ditimbulkan, tetapi kurang sering daripada untuk ‘pengguna sekarang’ yang telah membeli merk baru-baru ini. Ini adalah penemuan empiris Bird dkk.
Tetapi kelompok ketiga ‘mantan pengguna’ di kategorisasi Bird dkk. adalah mereka yang telah menolak merk karena ada merk alternatif. Masuk akal untuk menghipotesiskan bahwa kelompok ini memiliki kemungkinan lebih kecil untuk menyebutkan merk dengan atribut citra positif daripada pengguna lain. Tetapi karena penolakan merk di masa lalu, kelompok ini sebaiknya juga memiliki kemungkinan lebih kecil daripada mereka yang belum pernah mencoba merk itu, yang berkebalikan dengan penemuan Bird dkk. Oleh karena itu, menggunakan kelompok ‘mantan pengguna’ yang hanya terdiri dari mereka yang telah menolak merk seharusnya berarti bahwa penemuan kunci Bird dkk. tidak akan bisa digeneralisasi. Hal ini diperinci di Hipotesis 1.
H1: ‘Mantan pengguna’ yang telah menolak merk akan memiliki kemungkinan lebih kecil untuk menyebutkan merk dengan atribut citra positif daripada mereka yang belum pernah mencoba merk itu.

Atribut Citra Positif
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, responden diberi atribut citra dan ditanyai merk mana yang terkait dengan masing-masing atribut. Ketentuan atribut citra dalam cara Bird dkk. mengasumsikan bahwa semua atribut sama pentingnya untuk semua pelanggan. Konsumen mungkin mengaitkan merk dengan atribut yang telah dikembangkan karena penggunaan sebelumnya, yaitu hubungan antara respon citra dan penggunaan masa lalu. Tetapi, atribut-atribut yang diperoleh setelah penggunan mungkin bukanlah atribut yang penting untuk perilaku membeli. Berdasarkan penolakan merk di masa lalu, mantan pengguna seharusnya memiliki kemungkinan lebih kecil daripada ‘belum pernah mencoba’ untuk menggunakan merk di masa depan. Oleh karena itu, saat hanya atribut merk penting yang dimasukkan, mantan pengguna seharusnya memiliki kemungkinan lebih kecil untuk menyebutkan merk yang mereka tolak daripada mereka yang belum pernah mencoba merk itu. Ini akan berarti bahwa hasil Bird dkk. tidak akan bisa digeneralisasi pada konteks ini. Hipotesis yang diuji adalah sebagai berikut:
H2: Mantan pengguna akan memiliki kemungkinan lebih kecil untuk menimbulkan atribut positif penting mengenai merk daripada mereka yang belum pernah mencoba merknya

Metode
Total 1300 kuesioner dikirim via pos pada penjual di industri spesifik. Penjual dikirimi survey awal dan kemudian surat pengingat 10 hari kemudian. Imbalan untuk penarikan $500 juga disediakan untuk meningkatkan angka respon. Secara total, 302 survey yang dilengkapi dikembalikan, dengan angka respon 23%. Angka respon yang relatif rendah ini tidak menyatakan kemungkinan bias non-respon. Tetapi penetrasi merk dianggap cukup akurat oleh salah satu manajer pemasaran. Selain subjek tidak tahu mengenai tujuan penelitan, dan perbandingannya antara kelompok dalam sampel, tidak diharapkan bahwa bias non-respon akan mempengaruhi penelitian.
Dua metode digunakan untuk mengumpulkan data pada atribut citra yang dikaitkan dengan merk. Yang pertama adalah sebuah tabel berisi 5 merk utama di pasar dan 14 atribut pasar. Penjual diminta untuk melingkari merk mana yang mereka kaitkan dengan masing-masing atribut. Metode pengumpulan data hampir sama dengan Bird dkk., dengan satu-satunya perbedaan adalah penggunaan booklet isi-sendiri daripada kuesioner yang dilakukan secara tatap muka. Untuk menguji Hipotesis 2, metode kedua untuk mengumpulkan respon atribut citra adalah untuk menyediakan responden dengan nama merk dan meminta mereka untuk menyatakan tiga keunggulan untuk masing-masing merk. Atribut citra spesifik diidentifikasi melalui rangkaian wawancara mendalam. Mereka adalah sebagai berikut:
Rangkaian produk yang luas
Segel efektif
Kepercayaan
Mudah dirangkai
Urutan kualitas
Bahan kualitas
Mudah di-install
Kuat
Reputasi baik
Akan merekomendasikan
Garansi yang bagus
Murah
Nilai yang baik
Pasokan yang berlanjut
Untuk mengenali ‘mantan pengguna’. Penjual diminta untuk menyebutkan apakah mereka baru memiliki stok, tidak pernah memiliki stok, atau selalu memiliki stok masing-masing merk. Proses ini memastikan ada perbedaan yang jelas antara mereka yang belum pernah mencoba merk dan mereka yang memiliki sejarah masa lalu dalam menggunakan merk itu. Penggunaan penjual juga bermanfaat, karena mereka memiliki stok merk secara berlanjut sehaingga tidak ada mantan pengguna yang merupakan pembeli ringan atau memutari daftar.

Hasil
Seperti statistika deskriptif, penetrasi merk untuk masing-masing kelompok penggunaan ditunjukkan pada Tabel 1. Mereka yang tidak menspesifikkan status penggunaan mereka diletakkan dalam kategori ‘tidak pernah’ mencoba.
Dalam Bird dkk., mantan pengguna adalah suk-kelompok penggunaan terbesar (dilaporkan secara umum setidaknya 50%). Di sini, rata-rata kelompok mantan pengguna adalah 10%.
Hasil di Tabel 2 adalah untuk empat merk terbesar di pasar. Merk terkecil memiliki terlalu sedikit mantan pengguna dan pengguna sekarang untuk membuat perbandingan sub-kelompok yang valid. Angka di Tabel 2 adalah proporsi untuk masing-masing kelompok pengguna yang, pada rata-rata, mengaitkan merk dengan atribut yang diberikan ke responden. Ini dihitung dengan cara yang sama dengan Bird dkk. Misalnya, pada rata-rata 83% pengguna sekarang dari Merk 1 mengaitkannya dengan atribut citra yang disediakan.
Mengacu ke Tabel 2, ‘mantan pengguna’ lebih mungkin untuk mengaitkan merk dengan atribut citra daripada mereka yang belum pernah mencoba merk itu. Oleh karena itu, Hipotesis 1 tidak didukung. Memiliki metode untuk mengkategorikan ‘mantan pengguna’ yang fokus pada mereka yang telah menolak merk tidak mengubah pola yang ditemukan oleh Bird dkk. Dalam semua kategori, proporsi rata-ratanya lebih tinggi dari Bird dkk. Hal ini mungkin merupakan fungsi mewawancara penjual, yang akan lebih tahu mengenai merk daripada pengguna akhir. Bird dkk. juga mencatat kecenderungan bagi pemimpin merk untuk memiliki proporsi yang diatas normal dari respon baik ‘mantan pengguna’. Pola ini tidak terlihat dalam penelitian ini. Tetapi kurangnya perbedaan antara ‘belum pernah mencoba’ dengan ‘mantan pengguna’ untuk Merk 1 menyatakan bahwa proporsi “di atas normal” untuk pemimpin merk ini mungkin terwujud di kelompok ‘belum pernah mencoba’ daripada kelompok ‘mantan pengguna’.
Hasil untuk menguji Hipotesis 2 ditunjukkan di Tabel 3. Ada tren yang konsisten untuk ‘mantan pengguna’ untuk lebih mungkin menyebutkan pernyataan positif mengenai merk daripada yang ‘belum pernah mencoba’. Ini mendukung penemuan Birds dkk. tetapi tidak Hipotesis 2.
Jumlah atribut penting yang disebutkan oleh pengguna sekarang tidak berbeda menurut merk. Tetapi, ini tampaknya menjadi tren penggunaan untuk kelompok yang ‘belum pernah mencoba’, dan untuk luas tertentu, ‘mantan pengguna’. Makin banyak pengguna yang dimiliki merk, makin tinggi jumlah atribut penting yang disebutkan oleh kedua kelompok non-pengguna.

Diskusi
Penelitian ini menguji kemampuan untuk menggeneralisasi penemuan dari Bird dkk. bahwa ‘mantan pengguna’ lebih mungkin untuk mengaitkan merk dengan atribut citra positif daripada mereka yang belum pernah mencoba merk itu. Perluasan pertama adalah metode yang digunakan untuk mengenali ‘mantan pengguna’. Di sini, ‘mantan pengguna’ hanyalah mereka yang memiliki pengalaman masa lalu dengan merk tetapi telah menolak merk itu. Yang kedua adalah metode mengumpulkan asosiasi dengan atribut citra, yang diubah untuk fokus pada atribut citra penting. Di kedua kasus, hasil utama penelitian asli digandakan.
Sementara fokus makalah ini adalah memeriksa respon citra yang diberikan oleh ‘mantan pengguna’ dibandingkan dengan mereka yang belum pernah mencoba merk itu, perbedaan positif besar pada level respon citra yang diberikan oleh ‘pengguna sekarang’ dibandingkan dengan non-sekarang/non-pengguna sebaiknya tidak diabaikan. Teori pemasaran tradisional secara umum menegaskan bahwa mereka adalah pengguna karena kepercayaan mereka mengenai merk. Tetapi, juga mungkin bahwa sebagian besar kepercayaan merk mereka dibentuk pasca-pemakaian dan sehingga mengikuti, bukan mendahului perilaku. Dalam kejadian apapun, penemuan ini menyatakan bahwa pemakaian merk adalah faktor kontekstual kunci dalam memahami dan menafsirkan respon citra merk.

Implikasi, Batasan dan Penelitian Mendatang
Implikasi kunci penelitian ini adalah pentingnya memahami sejarah penggunaan responden ketika menafsirkan penelitian citra merk. Hubungan dnegan perilaku masa depan lebih sulit untuk ditentukan kecuali pengaruh perilaku masa lalu dapat dikontrol untuk analisis. Kurangnya pemahaman mengenai hubungan dengan penggunaan masa lalu mungkin adalah mengapa para peneliti citra merk belum menemukan hubungan solid antara persepsi pelanggan mengenai merk dan perilaku membeli mendatang.
Batasan penelitian ini adalah ketidakmampuan untuk menyelidiki efek kekinian penggunaan. Fokus penelitian ini adalah pada kelompok non-pengguna, yang dikategorikan berdasarkan perilaku masa lalu. Sebua area penelitian mendatang adalah untuk meneliti apakah, pada pengguna sekarang, ada perbedaan dalam kecenderungan untuk memberi respon citra berdasarkan kekinian penggunaan. Hasil Bird dkk. menyatakan bahwa pengguna yang lebih baru lebih mungkin untuk mengaitkan merk dengan atribut citra daripada pengguna yang kurang baru.
Penelitian mendatang di area ini seharusnya menyelidiki lebih dalam ke dalam alasan untuk status mantan pengguna untuk melihat apakah ini memiliki efek pada hasil. Mungkin mantan pengguna yang menolak merk karena kegagalan bagiannya mungkin memiliki kemungkinan lebih kecil untuk menunjukkan respon positif mengenai merk daripada mereka yang meninggalkan merk itu karena tawaran dari pesaing. Juga peran persepsi negatif seharusnya dieksplorasi. Mungkin bahwa sementara merk dirasa positif pada kebanyakan atribut, kehadiran persepsi negatif sudah cukup untuk beralih merk. Oleh karena itu ‘mantan pengguna’ tidak jelas dengan ketiadaan atribut positif, tetapi kehadiran atribut negatif. Penelitian citra mnendatang secara umum sebaiknya fokus pada melihat apakah, ketika penggunaan masa lalu responden dikontrol, ada hubungan yang terdeteksi antara respon citra dan perilaku pelanggan di masa depan. Jika tidak, sulit untuk melihat adanya nilai dalam pengukuran citra merk, kecuali sebagai sebuah cara yang sulit untuk mengukur penggunaan di masa lalu.

Sekian Dulu Yaa...
Kalo butuh versi lengkap reviewnya ato
Butuh j urnal aslinya (bahasa inggris)
Request Aja...
Diana - o85868o39oo9
Thanks