CASE STUDY - GLOBAL STRATEGY PERUSAHAAN BOEING


 
PROFIL PERUSAHAAN
Boeing Company (NYSE: BA) adalah sebuah perusahaan pembuat pesawat dan aeroangkasa, bermarkas di Chicago, Illinois, dengan fasilitas produksi terbesarnya di Everett, Washington, dekat Seattle, Washington Dia juga merupakan kontraktor pertahanan, dan sebuah komponen dari Dow Jones Industrial Average.
Boeing didirikan oleh William Edward Boeing, seorang yang awalnya adalah pebisnis dan penebang kayu yang sukses. Bersama rekannya George Conrad Westervelt pada tahun 1916, dia mendirikan perusahaan pabrik pesawat terbang yang saat itu bernama Pacific Aero Products.
Dua divisi utama dari Boeing adalah Boeing Integrated Defense Systems (IDS), bertanggung jawab untuk produk militer dan angkasa, dan Boeing Commercial Airplanes (BCA), bertanggung jawab untuk pesawat sipil.

STRATEGI GLOBAL PERUSAHAAN BOEING
Sekarang ini, perusahaan global diakui sebagai bagian lokal dari komunitas, wilayah, dan negara dimana perusahaan tersebut melakukan bisnis. Dan bagi Boeing untuk tetap survive dan berjaya, Boeing juga harus menjadi perusahaan global.
Pasar global merupakan keadaan yang tidak dapat dielakkan lagi. Jadi, ini merupakan persaingan global. Apabila perusahaan terus menciptakan nilai dan peluang, termasuk pekerjaan untuk orang – orang Boeing, kita perlu menjadi global. Tidak cukup panjang untuk tiba dengan barang dan jasa yang hebat yang diharapkan dapat menciptakan penjualan besar. Boeing harus menjadi bagian dari komunitas dimana perusahaan melakukan bisnis.

Boeing secara aktif mengejar strategi untuk globalisasi dan penciptaan nilai global melalui kemitraan baru, joint ventures, merger, dan akuisis, hubungan suplier dan perluasan dalam kancah internasional.

Saat ini 5.300 atau kira – kira 3 persen dari 174.000 karyawan Boeing dan anak perusahaannya berbasis di luar Amerika Serikat. Mereka tersebar di seluruh 61 negara dan teritorial, termasuk 3000 orang di Australia dan ratusan lebih di Inggris, Jerman dan Rusia, dan lai – lain.
Kunci untuk mencapai hal ini adalah perluasan strategi global yang pada bulan Januari 2001 dibentuk oleh organisasi Hubungan Internasional Boeing yang dipimpin oleh Pickering. Pada saat itu dikatakan bahwa “Kita jelas – jelas memahami bahwa kita perlu membawa fokus yang lebih besar untuk kehadiran global”. Satu tahun sebelumnya, ditetapkan tahap dorongan global ketika diperkenalkan majalah Aviation, Week & Space Technology. Boeing berada di ambang pintu menuju sangat global, dunia yang mobile, dan implikasi bagi penerbangan itu sangat besar”.
Salah satu dari kepercayaan utama Hubungan Internasional adalah membentuk negara baru atau eksekutif regional dan tim strategi negara. Di masa lalu, tidak ada eksekutif negara yang dipekerjakan secara penuh waktu. Kantor “luar negeri” terutama hanya merupakan operasi bisnis individual yang difokuskan pada satu aktivitas seperti penjualan atau usaha dengan seseorang seperti eksekutif negara.
Hal ini, bagaimanapun, berubah dengan sangat cepat. Lima eksekutif negara (country executives) telah direkrut di tahun sebelumnya, jauh lebih terencana. Staff HRD secara agresif mengidentifikasi kandidat yang memenuhi kualifikasi, orang – orang yang kaliber dan memiliki pengetahuan tentang budaya dan bahasa lokal, untuk mengepalai jaringan pada 25 negara atau kantor regional di tahun 2005.                             
Eksekutif baru tersebut akan bekerja dengan unit bisnis untuk mengidentifikasi suplier, kemitraan, dan peluang joint-ventures, dan memperhatikan regulasi dan masalah pemerintahan yang dapat mempengaruhi Boeing. Mereka juga memberikan saran dan bantuan kampanye pemasaran. Tetapi untuk penjualan, harus dilakukan oleh orang – orang yang mendesain dan membuat produk.
Pemimpin country executives juga akan meningkatkan visibilitas Boeing dan memperluas komitmennya untuk negara – negara yang mereka layani. Mereka secara aktif mengkomunikasikan bahwa komitmen pada audiens di negara tersebut – industri, media, pemerintahan, akademia, dan stakeholders lainnya – dan membentuk hubungan yang kuat dengannya. Mereka juga membantu menyampaikan pesan Boeing secara jelas lintas budaya, untuk melakukan bisnis dengan cara yang sensitif dan efektif.


Ketika Boeing memproduksi secara global, maka Boeing juga mendapatkan sumber secara global. Walaupun beberapa persyaratan yang ditentukan seperti kondisi pembelian bagi pembelian utama Boeing oleh konsumen non-USA, sebagian dipenuhi sebagai bagian dari pencarian mitra dan supplier yang memiliki kualitas tinggi dan berbiaya rendah, yang dapat memberikan nilai tambah bagi Boeing untuk semakin meningkatkan kompetitivitas secara keseluruhan.
Program Kepemimpinan Global Boeing juga membantu eksekutif perusahaan untuk mengembangkan dan memperluas mindset global mereka. Kursus 27 hari yang diambil oleh manajer dilakukan untuk mempelajari suplier, konsumen, pesaing Boieng di sekitar mereka. Tujuan utamanya adalah untuk mensensitifkan eksekutif tersebut dengan sejarah, politik, budaya, dan tradisi wilayah spesifik mereka. Dengan latar belakang ini, partisipan mempelajari praktek bisnis, dinamika kompetitif, dan peluang pasar dalam area terseubut dan melaporkannya kembali pada Dewan Eksekutif perusahaan.
Bagian lain dari strategi globalisasi adalah mempercepat penyampaian pengetahuan global yang mendalam dengan kepemimpinan Boeing. Manajer dan staffnya secara reguler menulis artikel dan analisis mengenai situasi politik dan ekonomi dunia. Hal tersebut kemudian diteruskan kepada anggota – anggota Dewan Eksekutif Boeing, memberukan informasi yang akurat dan wawasan mengenai prospek bisnis dunia serta perubahan politik yang dapat mempengaruhi unit bisnis dan pasar Boeing.
Pada akhirnya, globalisasi juga berkaitan dengan manusia – Orang – orang Boeing – semakin melesat. Dari sudut pandang sumber daya manusia, globalisasi meningkatkan kumpulan sumber – sumber daya yang bertalenta. Dan, hal ini juga memberikan kita  pandangan yang berbeda pada dunia – dunia yang dipenuhi dengan pelanggan, teknologi, dan peluang produksi yang perlu kita perlukan untuk membangun nilai dan tinggal dengan sejahtera. Ketika Boeing lebih efektif secara global, perusahaan akan menjadi lebih berpengetahuan, lebih fleksibel, dan lebih terbuka terhadap gagasan – gagasan – dan akhirnya lebih berhasil sebagai sebuah bisnis.
Mentransformasikan Boeing dari perusahaan yang menjual keberhasilan secara internasional menjadi perusahaan global yang mapan tidak terjadi hanya dalam waktu semalam. Hal ini diperlukan bertahun – tahun sebelum Boeing mencapai kedalaman dan lokalisasi global yang diperlukan untuk mempertahankan persaingan jangka panjang. Bagaimanapun, dengan dukungan yang kuat dari dewan direktur Boeing, pimpinan dan pemimpin unit bisnis, Boeing akan dapat mencapai barisan depan dengan strategi untuk mengembangkan mindset global dan kehadiran global.
Ketika Boeing memasuki abad ke-21, langkah perubahan – perubahan worldwide – terakselerasi. Perusahaan menjadi semakin global, menghubungkan dirinya sendiri secara elektronik dengan suplier dan pelanggan di seluruh dunia.
Visi Boeing adalah untuk menciptakan akses instan pada informasi oleh setiap orang dalam perusahaan dari manapun di seluruh dunia. Visi ini akan direalisasikan sepenuhnya ketika tim virtual, tersebar di seluruh dunia, bekerja bersama, seperti mereka pada satu ruang yang sama. Untuk alasan ini, Boeing berkomitmen untuk mengembangkan dan menggunakan layanan “e” secara cepat. “Enabling technology” yang akan membantu mengubah cara orang bekerja di Boeing termasuk Internet, yang mana akan melanjutkan memainkan peran penting dengan mengijinkan perusahaan mengembangkan model bisnis baru. Pimpinan, pelanggan, dan suplier di seluruh dunia dapat terhubung satu sama lain dan Boeing melalui Web dengan investasi minimum. 

Sekian dulu pembahasannya yaa....
Untuk paper versi lengkap
atau mau request judul lain
hubungi saya aja
Diana - o85868o39oo9
Ditunggu Ordernya Yaaa
Thanks