Penyelesaian Konflik Afghanistan-Pakistan: Mediasi Sebagai Bentuk Campur Tangan Pihak Ketiga



Penyelesaian Konflik Afghanistan-Pakistan: 
Mediasi Sebagai Bentuk Campur Tangan Pihak Ketiga

Rumusan Masalah
Permasalahan yang terjadi antara Afghanistan dan Pakistan ini telah berlangsung sejak Pakistan Merdeka, yang didasari oleh adanya perseteruan tentang perebutan batas wilayah. Meskipun demikian, konflik yang terjadi diantara kedua Negara tersebut saat ini masih terus berlanjut. Pemicu ketegangan antara kedua Negara kembali pecah setelah ibukota Afghanistan Kabul diguncang oleh serangkaian serangan teroris termasuk sebuah bom truk yang menewaskan hingga 150 orang dan menyebabkan lebih dari 400 orang terluka pada tanggal 31 Mei 2017. Pada kejadian tersebut, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani menuduh Pakistan menyembunyikan teroris dan menyalahkan Islamabad atas "perang agresi yang tidak diumumkan" terhadap Afghanistan. Meskipun demikian Pakistan menolak akan tuduhan tersebut (TRT, 2017).
Permasalahan yang masih terus berlanjut tersebut perlu segera diselesaikan, untuk menjaga perdamamain dunia, karena peseteruan yang tidak ada habisnya tersebut juga akan berdampak buruk bagi Negara-negara disekitarnya, terutama bagi Negara yang menjalin hubungan dekat dengan kedua Negara yang bersangkutan. Oleh karena itu, banyak cara yang telah dilakukan untuk meredam ketengangan yang terjadi, meskipun demikian juga belum membuahkan hasil yang diharapkan. Dalam makalah ini yang akan dibahas adalah mengenai salah satu pendekatan penyelesaian konflik yang dapat dilakukan untuk membantu dalam penyelesaian permaslahan antara Afghanistan dan Pakistan, yaitu mediasi. Mediasi merupakan penyelesaian konflik dengan melibatkan orang ketiga.
Dengan uraian yang telah dijelaskan tersebut, maka dapat di tarik rumusan masalah sebagai berikut ini:
1.      Mengapa Mediasi digunakan dalam melihat penyelesaian konflik Afghanistan-Pakistan?
2.      Bagaimana efektivitas Mediasi dalam penyelesaian konflik antara Afghanistan dan Pakistan? 

Sumber:
TRT. 2017. China Akan Mediasi Konflik Pakistan dan Afghanistan. Diakses dari http://www.trt.net.tr/melayu/dunia/2017/06/16/china-akan-mediasi-konflik-pakistan-dan-afghanistan-753702

Artikel ini hanya versi sampel saja..
Untuk lengkapnya atau order custom,
Silahkan chatt aja ke WA o85868o39oo9
Happy Order kakak…