Pengambilan Keputusan dalam Pengembangan Produk Global


Pengambilan Keputusan dalam Pengembangan Produk Global

A.    Pendahuluan
Selama beberapa dekade terakhir, globalisasi telah membentuk kembali cara perusahaan rekayasa terstruktur dan beroperasi, dan sebagai hasilnya, pengembangan produk global atau global product development (GPD) telah muncul sebagai bidang penting dalam disiplin ilmu teknik. Dalam perekonomian global saat ini, sebagian besar perusahaan teknik banyak yang bersifat global. Baik global di pasar mereka, dalam produksi, maupun global dalam berbagai fase rantai nilai. Era globalisasi berdampak dorongan praktik pengembangan produk di berbagai bidang industri. Paradigma baru telah muncul di mana perusahaan memanfaatkan tim teknik terampil yang tersebar di seluruh dunia untuk mengembangkan produk secara kolaboratif. Praktik terbaik dalam pengembangan produk (product development/PD) sekarang dengan cepat bermigrasi dari lokal, kolaborasi lintas fungsional ke mode kolaborasi global. Pengembangan produk global kini telah mewakili transformasi besar untuk bisnis dan berlaku untuk berbagai bidang industri (Søndergaard & Ahmed-Kristensen, 2014; Eppinger & Chitkara, 2009).
Inovasi produk dan tren globalisasi adalah dua dimensi penting yang menggerakkan bisnis saat ini, dan strategi pengembangan produk global perusahaan merupakan penentu utama kinerja. Saling ketergantungan yang lebih besar dari pasar dunia telah mengubah dinamika persaingan secara mendalam, sehingga keberhasilan atau kegagalan perusahaan sekarang dinilai berdasarkan global daripada basis nasional. Peluang signifikan karena berkurangnya hambatan perdagangan, kemajuan teknologi dan komunikasi, dan globalisasi permintaan berarti bahwa perusahaan di sebagian besar sektor industri dapat memperoleh keuntungan dengan merangkul pasar internasional. Tetapi berhasil dalam arena pasar yang kompetitif dan kompleks dengan produk-produk yang menguntungkan dari lingkup ekonomi dan menanggapi beragam lingkungan pelanggan, bisnis, dan budaya membutuhkan sumber daya dan kemampuan serta strategi pengembangan produk global di mana perusahaan dapat secara efektif mengatasi ini tantangan (Brentani, Kleinschmidt, & Salomo, 2010).
Pada tahun 2000, telah diterima secara luas bahwa pengembangan produk yang sangat efektif mencakup lokasi bersama (co-location) tim lintas-fungsional untuk memfasilitasi kolaborasi erat antara fungsi-fungsi teknik, pemasaran, manufaktur, dan rantai pasokan. Tim pengembangan produk yang berdampingan dapat secara bersamaan melaksanakan berbagai kegiatan yang terlibat, mulai dari memahami pasar dan kebutuhan pelanggan, melalui desain konseptual dan terperinci, pengujian, analisis, pembuatan prototipe, teknik manufaktur, dan dukungan atau teknik produk pasca penjualan. Praktik teknis serentak ini menghasilkan desain produk yang lebih baik, waktu lebih cepat ke pasar, dan produksi berbiaya lebih rendah. Kegiatan pengembangan produk umumnya terletak di pusat-pusat penelitian dan pengembangan perusahaan, yang memelihara hubungan dengan lokasi pabrik dan kantor penjualan di seluruh dunia (Eppinger & Chitkara, 2009).
Praktik terbaik dalam pengembangan produk saat ini adalah dengan menggunakan proses pengembangan jaringan yang terdistribusi tinggi yang difasilitasi oleh sistem pengembangan produk yang sepenuhnya digital. Pengembangan produk global menggabungkan fungsi terpusat tertentu dengan beberapa fungsi teknis dan fungsi pengembangan produk terkait yang didistribusikan ke situs atau wilayah lain di dunia. Praktek ini dapat melibatkan pekerjaan teknis outsourcing bersama dengan fasilitas teknis offshore. Manfaat pengembangan produk global mulai menjadi jelas, yang mencakup efisiensi teknis yang lebih besar (melalui pemanfaatan sumber daya berbiaya rendah), akses ke keahlian teknis yang didistribusikan secara internasional, desain produk untuk pasar yang lebih global dan alokasi sumber daya pengembangan produk yang lebih fleksibel (melalui penggunaan staf outsourcing) (Eppinger & Chitkara, 2009).
Banyak perusahaan teknik telah mengeksplorasi tantangan baru dan struktur baru, proses yang ditetapkan agenda global baru. Terlibat dalam pengembangan produk global membutuhkan kompetensi dan kemampuan baru dari perusahaan manufaktur teknik, karena sangat berbeda dari pengembangan produk tradisional yang ditempatkan. Beberapa perbedaan utama antara pengembangan produk tradisional dan pengembangan produk global adalah divisi research and development menjadi semakin virtual, dan oleh karena itu mereka sangat bergantung pada kolaborasi virtual yang efektif; pengembangan produk global membutuhkan sistem pengembangan produk sepenuhnya digital; dan pengembangan produk global menghasilkan perbedaan budaya yang menantang antara tim pengembangan yang beragam secara geografis. Selain itu, pengembangan produk global membutuhkan definisi yang jelas tentang antarmuka baik dalam proses organisasi; proses pengembangan produk dan; maupun modul produk itu sendiri. Perbedaan-perbedaan tersebut menciptakan tantangan baru bagi perusahaan yang melakukan pengembangan produk global (Søndergaard & Ahmed-Kristensen, 2014). Berdasarkan pada latar belakang tersebut, maka tulisan ini akan membahas tentang pengembangan produk global.



Ini hanya sampel saja yaa..
Untuk versi lengkapnya atau minta dibuatkan custom
silahkan WA ke 0882-9980-0026
Happy order kakak  :))