Blue Ocean Strategy



Samudra merah merupakan semua industri yang ada saat ini. Ini adalah ruang pasar yang sudah dikenal. Samudra biru menandakan industri-industri yang belum ada sekarang. Ini adalah ruang pasar yang tidak dikenal.
Dalam samudra merah, batasan-batasan dalam industri telah didefinisikan dan diterima, dan aturan-aturan persaingan sudah diketahui. Di sini, perusahaan berusaha mengalahkan lawan mereka demi mendapatkan pangsa permintaan yang lebih besar. Produk menjadi komoditas dan kompetisi jor-joran mengubah samudra merah menjadi samudra penuh darah. Sebaliknya, samudra biru ditandai oleh ruang pasar yang belum terjelajahi, penciptaan permintaan, dan peluang pertumbuhan yang sangat menguntungkan. Dalam samudra biru, kompetisi itu tidak relevan karena aturan-aturan permainan baru akan dibentuk. (Kim,2005).
Strategi Samudra Merah Versus Samudra Biru

Strategi Samudra Merah
Strategi Samudra Biru
Bersaing dalam ruang pasar yang sudah ada
Menciptakan ruang pasar yang belum ada pesaingnya
Memenangi kompetisi
Menjadikan kompetisi tidak relevan
Mengeksploitasi permintaan yang ada
Menciptakan dan menangkap permintaan baru
Memilih antara nilai-biaya (value-cost trade-off)
Mendobrak pertukaran nilai-biaya
Memadukan keseluruhan sistem kegiatan perusahaan dengan pilihan strategis antara deferensiasi atau biaya rendah
Memadukan keseluruhan sistem kegiatan perusahaan dalam mengejar deferensiasi dan biaya rendah
(Sumber: Kim, W. Chan, and Renee Mauborgne. 2006.
Strategi Samudra Biru. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta. Pp. 36)

A.    Inovasi Nilai: Batu-Pijak Strategi Samudra Biru
Inovasi nilai merupakan batu-pijak dari strategi samudra biru. Inovasi nilai memberikan penekanan setara pada nilai nilai dan inovasi. Nilai tanpa inovasi cenderung berfokus pada penciptaan nilai dalam skala besar. Inovasi tanpa nilai cenderung bersifat mengandalkan teknologi, pelopor pasar, atau


futuristis, dan sering membidik sesuatu yang belum siap diterima dan dikonsumsi oleh pembeli.
Inovasi nilai merupakan cara baru untuk memikirkan dan melaksanakan strategi yang mengarah pada penciptaan samudra biru dan ditinggalkannya kompetisi. Penciptaan samudra biru adalah soal menekan biaya sembari meningkatkan nilai bagi pembeli. Karena nilai pembeli berasal dari utilitas (manfaat) dan harga yang ditawarkan perusahaan kepada pembeli, dan karena nilai bagi perusahaan itu dihasilkan dari harga dan struktur biaya, maka inovasi nilai tercapai hanya ketika keseluruhan sistem kegiatan utilitas, harga, dan biaya perusahaan terpadu dengan tepat.
Inovasi Nilai : Batu pijak Strategi Samudra Biru

 (Sumber: Kim, W. Chan, and Renee Mauborgne. 2006.
Strategi Samudra Biru. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta. Pp. 38)
Inovasi nilai adalah lebih dari sekadar inovasi. Inovasi nilai adalah soal strategi yang merangkul seluruh sistem kegiatan perusahaan. Inovasi nilai menuntut perusahaan untuk mengarahkan seluruh sistem pada tujuan mencapai lompatan dalam nilai bagi pembeli dan perusahaan itu sendiri. (Kim,2005)
B.      Kanvas Strategi
Kanvas strategi adalah kerangka aksi sekaligus diagnosis untuk membangun strategi samudra biru yang baik. Ia merangkum situasi terkini dalam ruang pasar yang sudah dikenal. Hal ini memungkinkan untuk memahami di mana kompetisi saat ini sedang tercurah, memahami faktor­faktor apa yang sedang dijadikan ajang kompetisi dalam produk, jasa, dan


pengiriman, serta memahami apa yang didapat konsumen dari penawaran kompetitif yang ada di pasar.
Sumbu horisontal mewakili rentang faktor-faktor yang dijadikan ajang kompetisi dan investasi oleh industri. Sumbu vertikal dari kanvas strategi merangkum tingkat penawaran yang didapatkan pembeli di semua faktor utama kompetisi. Kurva nilai, komponen dasar dari kanvas strategi, adalah penggambaran grafis mengenai kinerja relatif perusahaan berkenaan dengan faktor-faktor kompetisi dalam industri. (Kim,2005)
C.     Kerangka Kerja Empat Langkah
Menurut Kim (2005) terdapat empat pertanyaan kunci untuk menantang logika strategi dan model bisnis sebuah industri:
1.    Faktor apa saja yang harus dihapuskan dari faktor-faktor yang telah diterima begitu saja oleh industri?
2.    Faktor apa saja yang harus dikurangi hingga dibawah standar industri?
3.    Faktor apa saja yang harus ditingkatkan hingga di atas standar industri?
4.    Faktor apa saja yang belum pernah ditawarkan industri sehingga harus diciptakan?
Kerangka Kerja Empat Langkah

(Sumber: Kim, W. Chan, and Renee Mauborgne. 2006.
Strategi Samudra Biru. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta. Pg. 53)
Pertanyaan pertama memaksa anda mempertimbangkan penghilangan faktor-faktor yang sudah lamamenjadi ajang persaingan bagi perusahaan­perusahaan dalam industri anda. 
Pertanyaan kedua memaksa anda menentukan apakah produk atau jasa anda selama ini dirancang terlalu berlebihan untuk mengikuti irama kompetisi dan mengalahkannya.
Pertanyaan ketiga mendorong anda untuk menguak dan menghilangkan kompromi-kompromi yang dipaksakan industri kepada konsumen.
Pertanyaan keempat membantu anda menemukan sumber-sumber nilai yang sepenuhnya baru bagi pembeli dan menciptakan permintaan baru serta mengubah pemberian harga strategis industri.
Secara bersama-sama, keempat pertanyaan ini memungkinkan anda secara sistematis mengeksplorasi cara anda merekonstruksi elemen-elemen nilai pembeli di sepanjang industri-industri alternatif demi menawari pembeli pengalaman yang sama sekali baru, sambil secara bersamaan tetap mempertahankan struktur biaya anda pada level rendah.
D.     Skema Hapuskan-Kurangi-Tingkatkan-Ciptakan
Menurut Kim (2005) alat ini adalah alat analisis pelengkap bagi kerangka kerja empat langkah. Skema ini mendorong perusahaan untuk tidak hanya menanyakan empat pertanyaan dalam kerangka kerja empat langkah, tapi juga bertindak berdasarkan keempat pertanyaan itu untuk menciptakan suatu kurva nilai baru.
Skema ini memberikan empat manfaat utama kepada perusahaan:
1.    Ia mendorong perusahaan untuk mengejar diferensiasi dan biaya murah secara bersamaan untuk mendobrak pertukaran nilai-biaya.
2.    Ia segera menghantam perusahaan yang hanya berfokus pada upaya meningkatkan dan menciptakan, sehingga menaikkan struktur biaya mereka, serta menghantam perusahaan yang sering memodifikasi produk dan jasa secara berlebihan-kesalahan umum dalam banyak perusahaan.
3.    Skema ini dengan mudah dipahami oleh manajer di level apa pun, sehingga menciptakan tingkat keterlibatan yang tinggi dalam penerapannya.
4.    Karena penuntasan upaya-upaya dalam skema ini merupakan tugas menantang, skema ini mendorong perusahaan untuk bersemangat dalam menganalisis setiap faktor industri yang menjadi ajang kompetisi, sehingga ia menemukan berbagai asumsi implisit yang mereka buat secara tak sadar dalam berkompetisi.
E.     Strategi Pengembangan Pasar (Market Development Strategy)
Menurut Tjiptono (2008) strategi korporat dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu strategi pertumbuhan dan strategi konsolidasi. Masing-masing tipe terbagi lagi menjadi beberapa jenis startegi berikut:
1.       Strategi pertumbuhan (growth strategies)
Strategi pertumbuhan dapat dijabarkan lagi berdasarkan fokusnya pada pasar saat ini atau pasar baru
a.        Strategi pertumbuhan untuk pasar saat ini.
Perusahaan yang menjumpai banyak peluang dan sedikit masalah dalam pasar yang dilayaninya saat ini kemungkinan besar akan memilih alternatif strategi pertumbuhan berbasis pasar terkini. Secara garis besar, ada tiga variasi strategi korporat yang berbasis pada pasar saat ini:
a)         Strategi penetrasi pasar (market penetration strategies), yaitu strategi yang ditunjukan utnuk meningkatkan penjualan produk saat ini pada pasar yang sudah ada.
b)        Strategi pengembangan produk (product development strategy), yaitu strategi yang berusaha mengembangkan produk baru untuk pasar yang sudah ada dalam rangka memenuhi perubahan kebutuhan dan keinginan konsumen; menyamai penawaran kompetitif baru; memanfaatkan teknologi baru; dan memenuhi kebutuhan segmen pasar spesifik.
c)         Strategi integrasi vertikal (vertical integration strategy), yaitu strategi memperluas usaha perusahaan sebagai pemasok (backward integration) atau perantara (forward integration) bagi perusahaannya sendiri.
b.       Strategi pertumbuhan untuk pasar baru.
Apabila pasar yang dilayani saat ini dinilai kurang prospektif dalam hal pertumbuhan penjualan maupun profitabilitasnya, perusahaan cenderung akan berusaha mencari pasar baru yang lebih menjanjikan. Dalam rangka memasuki pasar baru, ada tiga alternatif strategi korporat yang biasa dijumpai:
a)      Strategi pengembangan pasar (market development strategy), yaitu strategi yang berusaha menawarkan produk saat ini kepada pasar baru. 

b)      Strategi ekspansi pasar (market expansion strategy), yaitu  berekspansi ke pasar geografis baru.
c)      Strategi diversifikasi (diversification strategy), yaitu strategi mengembangkan produk baru untuk pasar baru.
2.      Strategi konsolidasi (consolidation strategies).  
Secara umum, terdapat tiga macam strategi konsolidasi:
a. Strategi penciutan (retrenchment)
b.      Strategi pemangkasan (pruning)
c.       Strategi divestasi (divestment)
 
...
Tulisan ini adalah versi draft, untuk versi lengkap silakan hubungi kami yaa?
atau mau bikin judul lain??
Call me
Diana-085 86 80 39 009
Ditunggu Ordernya...

REVIEW JURNAL - BUILDING BRAND COMMUNITY

MEMBANGUNKOMUNITAS MEREK
 
James H. McAlexander, John W. Schouten, & Harold F. Koenig


Komunitas merek dari perspektif pengalaman pelanggan adalah bentuk hubungan di mana pelanggan dikelola. Hubungan yang penting termasuk antara pelanggan dan merek, antara pelanggan dan perusahaan, antara pelanggan dan produk yang digunakan, dan antara pelanggan dewasa. Penulis meneliti dengan cara etnografi pada komunitas merek dan menguji penemuan kunci dalam metode kuantitatif. Secara konseptual, pembelajaran menyatakan maksudnya bahwa pembedan dari penelitian utama dalam empat cara penting: Pertama, ini mengeluarkan pengertian untuk komunitas merek hingga entitas dan hubungan pengabaian dengan penelitian sebelumnya. Kedua, ini memperlakukan karakteristik utama pada komunitas merek, seperti konsentrasi geo sementara dan kekayaan untuk konteks geotemporal, secara dinamis daripada fenomena statis. Ketiga, ini menunjukkan bahwa pemasar dapat memperkuat komunitas merek dengan memfasilitasi pengalaman pangsa pelanggan dalam cara bahwa setelah karakteristik dinamis ini. Keempat, ini menghasilkan sebiah konseptualissi yang baru dan lebih kaya pada loyalitas pelanggan sebagai sebuah integrasi dalam komunitas merek.
Selama berpuluh-puluh tahun, pemasar telah mencari "Cawan Suci" untuk loyalitas merek. Seperti halnya seperti legenda Cawan Suci untuk pencarian Arthurian membuat janji kehidupan dan pembaharuan, peralatan pemasar untuk loyalitas merek dan ikon persaudaraannya, ingatan pelanggan, janji keuntungan jangka panjang dan pangsa pasar (Bhattacharya, Rao, dan Glynn 1995; Reicheld dan Sasser 1990). Sayangnya, pejuang pemasaran menghadapi masalah ketakutan: Mereka tidak memahami sepenuhnya apa ketakutan yang dilihat seperti apa atau di mana ini dapat ditemukan. Sebagai hasilnya, pemasar telah menemukan strategi dan gambaran program untuk membagun loyalitas dengan informasi yang terbatas mengenai pengaruh nyatanya atau keseluruhan konsekuensi (Dowling dan Uncles 1997; Frournier, Dobschs dan Mick, 1998).
Untuk mengalamatkan masalah ini, kita melihat tempat di mana dapat menemukan pelanggan yang loyal, dan kita mempelajari proses yang menuntun pada loyalitas mereka. Apa yang kita temukan adalah tempaan pelanggan dan kekuatan berbagai hubungan. Banyak permintaan sekarang untuk loyalitas grail telah mengandung risiko dalam daerah hubungan pemasaran (lihat Garbarino dan Johnson 1999). Gruen, Summers dan Acito 2000; Price dan Arnould 1999). Seperti kepentingan baru dalam praktek pemasaran (Berry 1995; Deighton 1996; Gundlach, Achrol, dab Mentzer 1995; Webster 1992), sebuah focus dalam hubungan pelanggan ditunjukkan sebagai sebuah kesempatan untuk peningkatan persaingan (Berry 1983, 1995; Kalwani dan Naryandas 1995; peppers dan Rogues 1993). Hubungan yang kita teliti adalah dalam banyak cara yang berbeda dari mereka yang telah focus pada penelutuan utama (lihat Frournier 1998). Kita menemukan bahwa pelanggan dan pemasar bersama-sama membangun komunitas. Dalam memperluas komunitas ini, kita menemukan cara baru untuk memahami loyalitas.

Ulasan diatas hanya versi singkat aja
Untuk versi lengkapnya atau
Butuh referensi jurnal lainnya
Silakan hubungi saya
Diana - o85868o39oo9
Ditunggu Ordernya Yaa
Thanks 

Tambahan Istilah Komputer (Terjemahan)

Bahasa Inggris
Bahasa Indonesia
abort gugurkan
access akses
access management manajemen akses
access unit unit akses
account akun; rekening
action button tombol tindak, tombol aksi
action setting penataan tindak, penataan aksi
active desktop destop aktif
add-ins tertambah
address alamat
address book buku alamat
administration administrasi
administration domain ranah administrasi
advisory system sistem penasihat
affirmation penegasan
agenda agenda
algorithm algoritma
alias alias
align left rata kiri
align right rata kanan
alignment perataan
alternate silih
alternate recipient penerima pilihan
animation animasi
anonymous remailer penyurat-balik anonim
append bubuh
application aplikasi
apply terapkan
apply design desain terapan
arrange susun
array larik
artificial intelligence kecerdasan buatan, intelegensi buatan
ascending menanjak, urut naik
attribute atribut
auto clip art gambar klip otomatis
auto-correct pembetulan otomatis, otokoreksi
auto-forward maju otomatis
auto-replay putar ulang otomatis
auto-reply balasan otomatis
autofit otofit
autoformat format otomatis, otoformat
automatic learning pemelajaran otomatis
autoshapes bentuk otomatis
autosum total otomatis; jumlah otomatis
back balik; belakang
back slash garis miring kiri
back space spasi mundur
back up (rekam) cadangan
background latar belakang
backtracking lacak balik
backward chaining perantaian balik
band pita
bandwidth lebar pita
bar batang
bar-code kode batang
bar-code reader pembaca kode batang
bar-code scanner pemindai kode batang
base basis
batch tumpak
best-first search telusur pertama terbaik
binary biner
bit bit
bit map peta bit
blackboard model model papan tulis
blind copy recipient penerima kopi buntu; penerima salin buntu
body bodi; badan
body text teks tubuh
bold tebal
border batas
bps bps
breadth-first search telusur pertama lebar
break putus
broadcast mail surat siaran
broadcast videography videografi siaran
browse ramban; jelajah
browsers peramban; penjelajah
buffer penyangga
bug kutu
bullet bulet
button tombol
byte bita
cache memory memori tembolok, memori singgahan
cancel batal
capacity kapasitas
capslock kancing kapital
caption takarir
card kartu
cartridge kartrid, selongsong, patrun
cartridge disk disket kartu
cascade riam
cell sel
center tengah
central processing unit (CPU) unit pengolah pusat (UPP)
change case ubah karakter
channel saluran, kanal
character aksara; karakter
chart bagan
chatting rumpi
clear bersih; bersihkan
click klik
client klien
close tutup
closed file berkas tertutup
cluster gugus; rumpun
coding pengodean
color warna
color monitor monitor warna
column kolom
comments komentar
common name nama umum
computer komputer
computer aided berbantuan komputer
computer aided design (CAD) desain berbantuan komputer (DBK)
computer aided instruction instruksi berbantuan komputer
computer aided manufacturing pemanufakturan berbantuan komputer
computer conference konferensi komputer
computer memory memori komputer
computer network jaringan komputer
conclusion part bagian kesimpulan
content isi
content type tipe isi
control(ctrl) kontrol (ktrl), kendali
convert ubah
copy salinan; kopi
copy recipient penerima salinan
count cacah
country name nama negara
crack rengkah
cracker perengah
create new buat baru
cursor kursor
custom views tilik pesanan, tilik suai
customizes sesuai
cut potong
cut-off putus
daemon jurik
data data
data analysis display tampilan analisis data
data anaysis analisis data
data bank bank data
data interchange saling tukar data
data logging pencatatan data
data processing pemrosesan data, pengolahan data
data processor pemroses data
database pangkalan data, basis data
datasheet lembar data
date tanggal
debug awakutu
decimal desimal
declarative knowledge pengetahuan deklaratif
decoding pengawasandian
decrease kurang; susut
deduction deduksi
deductive inference inferensi deduksi
deferred delivery pengiriman tertunda
delete hapus
delete item butir hapus
delivery pengiriman
delivery notification pemberitahuan pengiriman
depth-first search telusur pertama kedalaman
descending menurun, urut turun
design desain; rancangan
desk application aplikasi meja
digit digit
digital digital
digital computer komputer digital
direct submission submisi langsung
direct user pengguna langsung
directory direktori
directory information informasi direktori
directory management manajemen direktori
directory name nama direktori
directory system sistem direktori
directory system agent agen sistem direktori
directory user pengguna direktori
directory user agent agen pengguna direktori
disc disket; cakram; diska
disclosure of other penyingkapan lain
disconnected network drive pemacu jaringan tak-tersambung
discuss diskusi
disk drive penggerak disket; penggerak cakram
disk memory memori disket; memori cakram
diskette disket
display tayangan
display station monitor peraga
distribution list senarai distribusi
document dokumen
document delivery pengiriman dokumen
document interchange saling tukar dokumen
domain ranah
domain knowledge pengetahuan ranah
domain model model ranah
domain name server server nama ranah; peladen nama ranah
down anjlok
download unduh
drag seret
draw gambar; lukis
draw table buat tabel
drawing penggambaran
drive penggerak
dummy tiruan
edit edit
electronic data proccessing (EDP) pemrosesan data elektronik (PDE)
electronic archive arsip elektronik
electronic data data elektronik
electronic document dokumen elektronik
electronic mail surat elektronik
electronic mailbox kotak surat elektronik
electronic messaging pemesanan elektronik
emoticon ikon emosi
encoded information informasi tersandi
encoding penyandian
encryption enkripsi
end selesai; tamat
enter enter
entry entri
envelope amplop
episode episode
erase hapus
eraser penghapus
error galat
esc(ape) hindar; keluar balik
evaluation function fungsi evaluasi
exit keluar
expert system (ES) sistem pakar (SP)
expiration date tanggal ekspirasi
expiry date indication indikasi tanggal kedaluwarsa
explorer penjelajah
export ekspor
facsimile faksimile
facsimile machine mesin faksimile
fax faks
fax board papan faks
fax machine mesin faks
fax modem modem faks
feedback balikan; umpan balik
fetch jemput; ambil
field ruas
field length panjang ruas
file berkas
file name nama berkas
filing pemberkasan
fill isi
fill character isi karakter
filter tapis; filter
filtering penapisan
find cari; temukan
firmware peranti tegar, perangkat tegar
floppy disk disket liuk; cakram liuk
folder pelipat
font huruf; fonta
font size ukuran huruf
footer kaki halaman
foreground latar depan
format format
format painter pewarna format
formula formula, rumus
forward depan
forward chaining perantaian maju
frame bingkai
front-end ujung depan
full screen layar penuh
gateway gerbang
general umum
generate bangkitkan
get dapatkan
gigabyte gigabita
go to menuju
gridlines garis kisi
hack retas
hacker peretas
hang macet
hanging indent inden macet
hard disk cakram keras
hardware perangkat keras
header tajuk
heading penajukan
help bantuan
heuristic search telusur heuristik
hide tersembunyi
highlight sorot
history sejarah
home pangkal
home base basis pangkal
horizontal horizontal
hub hub
hyperlink hipertaut
identity (ID) identitas (ID); tanda kenal
If-then rule kaidah jika-maka
If-then statement pernyataan jika-maka
image interpretation inteprestasi citra
image understanding pemahaman citra
image recognition rekognisi citra
import masuk; impor
in-basket masuk keranjang
inbox kotak masuk
indent inden
index indeks
inference engine mesin inferensi
informatics informatika
information informasi
information object objek informasi
information system sistem informasi
information technology (IT) teknologi informasi (TI)
input masukan
input data data masukan
input/output (I/O) masukan/keluaran (M/K)
insert sisip, sisipan
install instal
instruction pembelajaran, instruksi
integrated software perangkat keras terpadu
interactive videography videografi interaktif
interface antarmuka
intranet intranet
IP (identification personal) address alamat PI (personal identifikasi)
italic italik; miring
joining penggabungan
key kunci; tombol
key field medan kunci; medan tombol
key lock terkunci
keyboard papan ketik; papan tombol
keyboard entry entri papan ketik; entri papan tombol
keyboard printer pencetak papan ketik
keypad bantalan kunci
keyword kata kunci; kata sandi
kilobyte kilobita
knowledge acquisition persyaratan pengetahuan
knowledge base basis pengetahuan
knowledge engineer insinyur pengetahuan
knowledge engineering rekayasa pengetahuan
label label
landscape lanskap
launch luncur
launching peluncuran
leased line jalur sewaan
left kiri
legal pleadings pembelaan legal
letters and fax surat dan faks
line garis; jalur
links taut
list senarai
load muat
lock kancing
log in log masuk
log off log keluar
log on log masuk
log out log keluar
lower case sosok (huruf) bawah
macro makro
macro instructions instruksi makro
macroprocessor makroprosesor; pemroses makro
magnetic disc storage penyimpan disket magnetik
mail surat
mail broadcaster penyiar surat
mailbox kotak surat
mainframe bingkai induk; kerangka induk
management domain ranah manajemen
map network drive pemacu jaringan peta
master data data utama; data induk
master file berkas induk
means-end analysis analisis rerata-akhir
media player penggelar media
megabyte megabita
memo memo
memory memori
memory cache memori tembolok
memory capacity kapasitas memori
menu menu
merge gabung
message pesan
message handling penanganan pesan
message retrieval temu kembali pesan
message storage penyimpanan pesan
message transfer transfer pesan
message transfer agent agen transfer pesan
microcomputer mikrokomputer; komputer mikro
microprocessor mikroprosesor; prosesor mikro
minicomputer minikomputer
missing penghilangan
modem modem
moderated conference konferensi terpadu
monitor monitor
monitor display tampilan monitor
motherboard papan induk
mouse tetikus
movie film
multi-tasking penugasan ganda
multimedia multimedia
multiple of firing ganda penyalaan
name resolution resolusi nama
naming authority otoritas penamaan
natural language bahasa alami
network jaringan
networking jejaring
new mail surat baru
nondelivery takterkirim
numbering penomoran
numlock kancing angka
O/R address alamat O/R
object objek
off padam
office automation otomasi kantor
offline terputus
ok oke
on hidup, on
on line terhubung; tersambung
open buka
operating system (OS) sistem operasi (SO)
operator operator
optical disk disket optik
option opsi; pilihan
originator originator
originator/recipient originator/penerima
other documents dokumen lain
out-basket keranjang luar
outline kerangka, ragangan
output keluaran
pack and go kemas dan jalankan
page default standar halaman
page down (PgDn) turun halaman
page number nomor halaman
page preview pratilik halaman
page set up tata halaman
page up (PgUp) naik halaman
page width lebar halaman
paragraph paragraf
password sandi lewat
paste pasta, rekat
paste special spesial pasta
pause jeda
percent style gaya persentase
physical delivery pengiriman fisik
physical delivery access akses pengiriman fisik
picture gambar
pixel piksel
port pangkalan
portrait potret
power daya
preview pratilik
preview not available pratilik taktersedia
primary storage penyimpan utama
print cetak
print area wilayah cetak
print out cetakan
print preview pratilik cetak
print screen cetak layar
printer pencetak
private domain name nama ranah pribadi
private management manajemen pribadi
probe kuar
process proses
processor pemroses; prosesor
program program
programmer pemrogram, programer
programmer analyst analis pemrogram; analis programer
programming pemrograman
programming language bahasa pemrograman
prompt siap ketik
proof of delivery service kedap layanan pengiriman
properties properti
protect proteksi; perlindungan
protocol protokol
publications publikasi
query permintaan, kueri
quit keluar
random access akses acak
random access memory (RAM) memori akses acak
read only memory (ROM) memori baca-saja
reader pembaca
ready siap
receipt menerima
received diterima
recipient penerima
record utas; rekam
redo jadi lagi
redundancy kelewahan; redundansi
refresh segar
release luncuran; terbitan
remove hapus
rename ganti judul, nama ulang
repeat ulang
replace ganti
replication replikasi
reply jawab
reply all jawab semua
reports laporan
reset tata ulang
resource sumber daya
restart start ulang
restore simpan ulang
resume teruskan lagi
retrieval temu kembali
retry coba lagi
return kembali
rewrite tulis ulang
right kanan
row baris
ruler mistar
run jalankan
save simpan
save as simpan sebagai
save as HTML (hyper markup language) simpan sebagai bahasa markah hiper teks (BMHT)
scan pindai
scanner pemindai
screen layar
scroll menggulung
scroll lock kunci gulung
search telusur
secondary recipient penerima sekunder
sector sektor
secure access akses aman
security keamanan
segment segmen
select pilih
select all pilih semua
send kirim
send to kirim kepada
sent item surat/butir terkirim
series seri
server peladen; server
set up show tata tampilan
setting penataan
setup tata
shading pembayangan
share workbook buku kerja bersama
shareable directory direktori terbagi
sheet lembar
shift alih
shut down tutup padam
signature tanda tangan
slash garis miring
sleep pudar
slide salindia
slide colour scheme skema warna salindia
slide from files salindia dari berkas
slide from outlines salindia dari ragangan
slide layout tata letak salindia
slide miniature miniatur salindia
slide number nomor salindia
slide show tampil salindia
slide sorter penyortir salindia; pemilah salindia
slot slot
software perangkat lunak
sort sortir; pilah
sound suara
source sumber
space spasi
spacebar batang spasi
speaker noter pencatat pembicara
spelling ejaan
split belah
splitting pembelahan
spread sheet lembar sebar
standby siaga
start mulai; star
start up hidupkan
status bar batang status
stop stop
stored message alert siaga pesan tersimpan
style gaya
style checker pemeriksa gaya
subdirectory subdirektori
subject subjek
submission submisi
subscriber penika bawah
subscript tika bawah
subtotals subtotal
superscript tika atas
symbol simbol
synchronize menyelaraskan; selaras
tab tab
table tabel
tape pita
taskbar batang tugas
teleconferencing telekonferensi
telecopy telekopi
telefax telefaks
teletext teleteks
telex teleks
template templat
terminal terminal
text (voice, image, video) teks (suara, citra, video)
text box kotak teks
theme tema
thread ulir
throughput terobosan
tile ubinan
time waktu
to fax ke faks
toolbars batang alat; batang perkakas
tools alat; perkakas
top-level domain name nama ranah aras puncak
trace runut
tracing facility fasilitas perunutan
track lintas, jalur
transfer transfer
transmission transmisi
transmittal event peristiwa transmital
underline garis bawah
undo tak jadi
unhide tak tersembunyi
up ungguh
up level naik aras
update mutakhir
upload unggah
upper case sosok (huruf) atas
user pengguna
user agent agen pengguna
user friendly akrab pengguna
user group kelompok pengguna
user interface antarmuka pengguna
utilities kegunaan
version versi
vertical vertikal
video conferencing konferensi video
videotext teks video
view tilik
viewdata data tilik
viewing screen layar penilikan
voice mail surat suara
wake up bangun
web pages halaman web
whole page halaman utuh
window jendela
wizard cekatan
word kata
work load beban kerja
work station anjungan kerja
zoom zum