Jawaban Analisis Kasus Zappos.com, Inc., and the Warehouse Decision



  Zappos.com, Inc., and the Warehouse Decision


1.      Zappos had the potential to remain competitive and relevant in a quickly changing online marketplace, but would it?
Zappos adalah sebuah retailer penjual sepatu di Amerika Serikat.Zappos adalah salah satu pengadopsi awal media sosial sebagai alat untuk memasarkan perusahaan dan bisnis mereka.Melalui perusahaan yang didirikannya, Nick yakin bahwa internet dapat memberikan solusi terhadap permasalahan tradisional yang dihadapi para penjual dan pembeli sepatu karena adanya keterbatasan dari toko fisik.Zappos melakukan rencana bisnis mulai dari menjual sepatu, berinteraksi dengan konsumen, menerima pembayaran, sampai menindaklanjuti barang yang dikembalikan

2.      Should Zappos continue to operate as an entity external to its parent company? Or would advancements and changes in the market be disruptive enough to force Zappos to change in order to remain competitive?
Menurut saya, Zappos terus beroperasi sebagai entitas di luar perusahaan induknya.Hal ini disebabkan karena Zappos memiliki budaya perusahaan yang berbeda dengan perusahaan induknya.Zappos dipimpin oleh Tony Hsieh sebagai CEO.Dalam memimpin Zappos, Tony Hsieh memiliki sikap kepemimpinan yang unik dan baik, serta dapat mengubah banyak hal dalam perusahaannya tersebut, sehingga Zappos dapat sukses dan berkembang.Keberhasilan dan kesuksesan tersebut tidak hanya dalam segi bisnisnya saja, namun juga dari segi team, pelayanan, dan brand awareness nya.Dalam memimpin Zappos, Tony Hsieh memiliki keyakinan bahwa saat budaya yang tepat telah diterapkan di perusahaan, maka hal tersebut dapat membangun merek yang sangat hebat dalam hal pelayanan yang pada akhirnya akan mendatangkan pelanggan dengan sendirinya.

3.      Should Zappos turn over operations of its linchpin Kentucky complex to company?
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa Zappos memiliki budaya perusahaan yang berbeda dengan perusahaan induknya, Amazon.Jika kedua budaya tersebut saling bertentangan tentunya hal tersebut dapat mempengaruhi kegiatan operasional dalam perusahaan itu sendiri.Dalam hal ini, sebaiknya warehouse complex di Kentucky tidak diberikan kepada perusahaan induknya.Karena hal tersebut dapat menimbulkan resiko bagi perusahaan Zappos lainnya.

Artikel ini adalah versi sampel saja.
Untuk versi lengkap atau
bisa juga tugas custom, based on request
silahkan WA ke 0882-9980-0026 (Diana)
Ditunggu ordernya kakak :))


Strategi Bisnis Internasional IKEA Memasuki Pasar China



Strategi Bisnis Internasional IKEA Memasuki Pasar China



A.    Pendahuluan
IKEA merupakan salah satu jenis perusahaan multinasional yang telah berdiri sejak lama. Didirikan pada tahun 1943 di Swedia, merupakan perusahaan produk rumah tangga yang didirikan oleh Ingvar Kamprad. IKEA sendiri merupakan singkatan dari gabungan nama pendiri dan alamatnya. Ingvar Kamprad (nama pendiri) dan  Elmtaryd, Agunnaryd (nama kampung halaman Ingvar di SmÃ¥land, Swedia). IKEA dilafalkan "Ikeya", bukan "Aikiya". Namun kabar dating dari dang pendiri beberapa saat lalu, dimana Ingvar yang merupakan pribadi sederhana itu, pada usianya yang ke 91 meninggal pada tanggal 27 Januari 2018 lalu (Simanullang, 2018).
Terlepas dari itu, dalam makalah ini, penulis akan membahas tentang seperti apa strategi bisnsi IKEA ini dalam memasuki pasar internasional, yaitu di China. Seperti yang di ketahui bahwa strategi bisnis adalah kemampuan pengusaha/perusahaan dalam analisis lingkungan eksternal dan internal perusahaan, perumusan (formulasi) strategi, pelaksanaan (implementasi) rencana-rencana yang dirancang untuk mencapai sasaran-sasaran perusahaan, serta melakukan evaluasi untuk mendapatkan umpan balik dalam merumuskan strategi yang akan datang (Mahmud & Anomsari, 2011). Oleh sebab itulah sebagai salah
B.     Pembahasan
1.      Profil IKEA Swedia
IKEA adalah pemasok meubel dan perkakas terbesar di dunia, dengan sekitar 331 toko (atau lebih) yang dimiliki sendiri maupun warlaba dan tersebar di sekitar 41 negara, yang merentang dari Swedia ke Amerika Serikat, dari Inggris ke Israel, Arab Saudi, Indonesia, Rusia, dan Tiongkok (China) (Ferandy, 2016).Seperti yang telah disebutka sebelumnya bahwa IKEA Swedia merupakan perusahan retail perabotan rumah tangga yang berasal dari Swedia. Didirikan pada tahun 1943 oleh Ingvar Kamprad. Nama IKEA berasal dari dua nama, yaitu nama sang pendiri, Ingvar Kamprad, dan nama tempat asalnya, Elmtaryd, Agunnaryd, sebuah nama kampung halaman Ingvar di SmÃ¥land, Swedia) (Simanullang, 2018). Bisnsi ritel IKEA dimulai sebagai ide di hutan Swedia selatan lebih dari 70 tahun yang lalu. Dan apa yang sekarang menjadi Konsep IKEA merupakan hal yang telah berkembang selama bertahun-tahun dan masih terus membaik (IKEA, 2003-2017).
2.      IKEA Di Pasar China
Seperti yang diketahui bahwa saat ini, IKEA Swedia masih terus berkembang. Salah satunya adalah di China atau yang sekarang disbeut senagnanam Tiongkok. IKEA sebenarnya telah memasuki pasar Cina sejak tahun 1998. IKEA berhasil memasuki pasar China dengan cemerlang. Tetapi tidak sulit untuk menemukan di peta strategi IKEA China, dimana sebagian besar toko ritel terkonsentrasi di kota-kota tingkat pertama, seperti Beijing, Shanghai, Guangdong. Dan ada toko ritel sangat kurang di kota-kota pedalaman Cina dan beberapa daerah masih kekosongan pasar. China sebagai negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia tidak pernah kekurangan daya beli. Oleh karena itu, IKEA melukan strategi bisnis yang tepat untuk dapat menajangkau pasar internasional di China ini.
Dalam perkembannnya sejak tahun 1998, saat initoko IKEA yang dibuka di China ada di 7 lokasi utama (IKEA, IKEA China, 1999-2019), yaitu sebagai berikut:
3.      Strtegi Bisnis IKEA di Pasar China
Dalam hal ini, strategi bisnis internasional IKEA memasuki China siungkapkan berdasarkan penelitian yang telah di lakukan oleh Jiang Lingxiu(2017), dimana dalam hal ini diungkapkan ada beberapa strategi yang di perhatikan oleh pihak IKEA ketika memasuki pasar China sejak tahun 1998 lalu tersebut. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa Jiang Lingxiu(2017) membaginya menjadi tiga kelompok strategi, diantranya yiatu:
a.      Pemilihan pasar IKEA di China
Pemilihan pasar untuk memasuki suatu lokasi tertentu perlu memperhatikan beberapa hal, dalam hal ini, pemilihan pasar sasaran internasional harus diperhatikan dari berbagai dimensi yang berbeda sesuai dengan lokasi yang akan ditujua, misalnya seperti jarak budaya, jarak geografis dan ukuran pasar. Penjelsannya adalah sebagai berikut:
b.      Cara (Mode) IKEA masuk ke China
Strategi bisnis dalam memasuki pasar China, pada asalnya IKEA menggunakan dua cara yang berbeda. Pertama adalah “anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki (wholly owned subsidiary)”, yang kedua adalah “perusahaan patungan (joint venture)”. Namun, saat ini IKEA hanya mengoperasikan toko ritel dengan mode "anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki", dan mengubah semua operasi "usaha patungan" toko ketika masuk secara primitif ke kota-kota Cina. Karenanya, saat ini satu-satunya mode masuk IKEA adalah “anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki” atau “wholly owned subsidiary”, yaitu cara yang pertama.
c.       Analisis waktu dan faktor yang mempengaruhi dalam masuk IKEA ke China
Dalam hal ini, setidaknya ada sebuah konsep yang dibawa olehYannick and Khoa (2014) bahwa ada empat dimensi yang bebeda yang dipertimbangkan oleh Negara Swedia (negera asal IKEA) dalam pemilihan waktu memasuki pasar internasional. Dalam hal ini IKEA yang merulakan salah satu perusahaan dari Negara tersebut juga mempertimbangkan empat dimensi tersebut sebagai bagian dari strategi bisnis internasionalnya di China. Dimensi yang dimaksud adalah “window of opportunity”, “stepwise internationalization”, “near market knowledge” and “world-of- mouth”.Berikut ini merupakan penjelasan dari masing-masing dimensi yang telah disebutkan, yaitu:
C.    Kesimpulan
Berdasarkan penjelasan diatas maka dapat dikatakan bahwa IKEA meruapakn perusahan ritel yang berasaldari Swedia, didirikan pada tahun 1943 olehIngvar Kamprad. Dalam perkembangnnya, IKEA yang berasal dari Swedia ini tumbuh secara bertahap sebelum akhirnya menjadi seperti yang sekarang.


Artikel ini adalah versi sampel saja.
Untuk versi lengkap atau
bisa juga tugas custom, based on request
silahkan WA ke 085-8680-39009 (Diana)
Ditunggu ordernya kakak :))

 

Dampak Pengunduran Diri Perdana Menteri Inggris Theresa May Terhadap Hubungan Luar Negeri Inggris



Dampak Pengunduran Diri Perdana Menteri Inggris Theresa May
 Terhadap Hubungan Luar Negeri Inggris

A.    Pendahuluan
Sejak bergabung dengan Uni Eropa, tentunya membuat Inggris harus melakukan penyesuaian terhadp kebijakan-kebijakan yang diterapkan dalam Uni Eropa. Selama menjadi anggota Uni Eropa tersebut, Inggris mendapat berbagai keuntungan, seperti penghapusan hambatan perdagangan, juga kemudahan dalam melakukan ekspor dan impor di kawasan Eropa. Meskipun demikian, keuntungan tersebut tidak mendapat persetujuan dari  semua pihak yang berkepentingan di Inggris. Selain itu, Inggris juga mendapat kerugian dari kebijakan-kebijakan Uni Eropa tersebut, salah satunya adalah permasalahan imigran. Inggris merasa bahwa imigran di Inggris sudah melebihi batas yang seharusny. Permasalahan imigran tersebutlah menjadi salah satu alasan terbesar Inggris untuk keluar dari keanggotaan Uni Eropa (Hardi dan Virginia, 2018). 
Dalam hal ini, keputusan Inggris untuk dapat keluar dari Uni Eropa berakhir pada 29 Maret 2019 lalu. Namun sayangnya, RUU yang diajukan oleh PM Inggris, Theresa May, selalu ditolak oleh parlemen Inggris. RUU Brexit perlu disahkan menjadi Undang-undang (UU) agar proses keluarnya Inggris dari Uni Eropa berjalan lancar
Akibat dari gagalnya untuk menghasilkan kesepatakan dalam mengantarkan Inggris untuk keluar dari Uni Eropa tersebut membuat Perdana Menteri Inggris, Theresa May berencana untuk mengundurkan diri dari jabatannya. Theresa May memutuskan untuk mengundurkan diri jabatan perdana menteri dan pemimpin Partai Konservatif pada 7 Juni 2019. Ia merasa bahwa merasa menyesal karena tidak mampu untuk mewujudkan Brexit dan merasa bahwa pemilihan perdana menteri yang baru merupakan langkah yang terbaik bagi Inggris. Pengunduran diri Theresa May tersebut tentunya membawa dampak bagi sejumlah aspek kehidupan di Inggris, termasuk hubungan luar negeri Inggris. Terkait dengan hal tersebut, makalah ini akan membahas tentang dampak dari pengunduran diri PM Inggris, Theresa May, terhadap hubungan luar negeri Inggris. 

B.     Pembahasan
1.      Hubungan Luar Negeri Masih Berjalan dengan Baik
Pengunduran diri Perdana Menteri Inggris, Theresa May, membawa dampak bagi sejumlah aspek kehidupan di Inggris, termasuk hubungan luar negeri Inggris. Hubungan luar negeri Inggris terhadap negara-negara lain pasca mundurnya Theresa May masih dapat dibilang berjalan dengan baik. Hal ini disebabkan karena mundurnya Theresa tersebut masih belum memberikan dampak bagi negara-negara yang menjalin kerja sama dengan Inggris. Beberapa negara yang menjalin kerjasama dengan Inggris tersebut mengatakan bahwa hubungan antar kedua belah pihak masing akan tetap berlangsung dan berjalan dengan baik, seperti Indonesia dan Perancis.
2.      Penurunan Investasi dan Poundsterling
Akibat proses keluarnya Inggris dari Uni Eropa yang tak kunjung usai membuat perusahaan-perusahaan yang berada di Inggris menanggung beban dari gejolak pasar selama beberapa tahun terakhir. Selain itu, Brexit juga membuat investasi di Inggris akan terusmelemah bahkan dapat menjadi lebih buruk hingga ekonomi dapat kembali pulih. Perlambatan perekonomian Inggris tentunya akan berdampak terhadap kinerja perekonomian secara global, mengingat Inggris merupakan ekonomi terbesar ke-5 dunia. Hal tersebut juga menyebabkan nilai perdagangan bilateral dan jumlah investasi asing di beberapa negara yang bekerja sama dengan Inggris juga mengalami penurunan yang cukup drastis (Ali, 2018). 

C.    Kesimpulan
Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa pengunduran diri yang dilakukan oleh Perdana Menteri Inggris, Theresa May, diakibatkan karena permasalahan Brexit yang tidak kunjung selesai.



Artikel ini adalah versi sampel saja.
Untuk versi lengkap atau
bisa juga tugas custom, based on request
silahkan WA ke 085-8680-39009 (Diana)
Ditunggu ordernya kakak :))