Strategi Manajemen BisnisYouTube
INTRODUCTION
Profile YouTube
Seiring dengan
perkembangan zaman di bidang teknologi informasi dan komunikasi, Youtube telah
menjadi fenomena yang mendunia. YouTube merupakan situs video sharing yang
berfungsi sebagai sarana untuk berbagi video secara online. Situs ini
memfasilitasi penggunanya untuk meng-upload video yang diakses oleh pengguna
lain diseluruh dunia secara gratis. Di zaman semakin cepatnya penggunaan
internet, Youtube merupakan database video yang paling popular di dunia
internet tersebut, dan merupakan situs video yang menyediakan berbagai
informasi berupa “gambar bergerak‟ yang bisa diandalkan. Situs ini memang
disediakan bagi mereka yang ingin melakukan pencarian informasi video dan
menontonnya langsung. Selain itu, kelebihan lain yang juga dimiliki oleh
YouTube adalah bahwa situs web ini mengizinkan penggunanya berpartisipasi
secara langsung dengan cara mengunggah (meng-upload) video ke server
Youtube dan membaginya ke seluruh dunia. Lebih jauh, profil pengguna Youtube
juga dapat mengakses, dan dapat diakses oleh siapa saja (Sianipar,
2012).
YouTube Strategic Problems
Dalam hal ini,
semakin pesatnya peraingan di dunia bisnis, khususnya seiring dengan
perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, membuat YouTube harus mampu
bertahan di tengah persaingan yang kompetitif ini. Oleh sebab itu diperlukan
sebuah strategi yang kuat untuk untuk mencapai tujuan milik perusahaan.
Objectives of the Paper
Dalam makalah ini
yang menjadi tujuan utama adalah untuk mengetahui strategi manajemen bisnis
yang dapat dilakukan oleh
perusahaan YouTube sebagai salah satu situs web terbesar untuk saling berbagai
video tersebut.
ENVIRONMENTAL ANALYSES
Analisis
lingkungan merupakan salag satu bagain dari alat strategis, yang digunakan
sebagai bagian dari proses untuk mengidentifikasi semua elemen eksternal dan
internal yang dapat memengaruhi kinerja organisasi. Sehubungan dnegan hal ini,
berikut ini merupakan hasil analisis lingkungan untuk YouTube sevagai salah satu
situs video sharing yang banyak diakses oleh masyarakat, dengan menggunakan
analisis PESTEL (Political, Economic, Social, Technological, Environmental, and Legal) (Adamkasi,
2016),
yaitu:
1.
Political
Faktor politik merupakan salaha satu
faktoryang sangat berpengaruh bagi sebuah organisasi, dimana ini berkaitan
dengan kondisi politik Negara, mengingat bahwa Youtube merupakan sistus
universal yang dapat diakses secara universal diseluruh duniam jadi kondisi
politik akan mempengaruhi Youtube dalam perkembangnnya, salah satunya adalah
ketengangan politik dalam Negara maupun atar Negara akan mempengaruhi
pertumbuhan bisnis, tingkat penjualan dan pendapatan yang tinggi. Selain itu, sebagai bagian dari Google,YouTube secara
signifikan dipengaruhi oleh iklim politik suatu Negara, khususnya menyangkut
kebijakan yang dibuat oleh pemerintah tentang aturan tampilan konten yang
biasanya dibatas untuk bagian-bagian tertentu, sehingga ini akan membatasi
pendapatan YouTube, sebab YooTube sebagai situs informasi dan portal streaming
online, pendapatan utamanya adalah dari jumah kunjungan pengguna. Jika situs
tertentu tidak bisa diakses oleh pengguna maka ini akan mengurangi jumlah
pengunjung
2.
Economic
Faktor ekonomi yang dapat mempengaruhi
YouTube adalah berkaitan denganstabilitas ekonomi baik di
pasar domestik maupun internasional, karena hal ini dapat mempengaruhi kekuatan
ekonomi masyaratnya, khususnya dalam hal penghasilan atau pendapatan seseorang.
Pendapatan seseorang ini berpengaruh pada jumlah konsusmsi seseorang
menggunakan internet. Jika seseorang memiliki pendapatan yang rendah, artinya
ia akan membatasi atau mengurangi penggunaan internat, khususnya yang bertujuan
untuk hiburan, sebab mereka akan berasumsi ini bisa menyebabkan pemborosan.
3.
Social
YouTube merupakan salah satu
bagian dari media sosial, seperti misi yang dijunjungnyabahwaYoutube bertujuan
untuk memberikan suara pada setiap orang di dunia dan menunjukkan kepada setiap
orang di seluruh dunia(YouTube, n.d.), dimana dalam hal
ini pada dasarnya YouTube ingin menghubungkan setiap orang diberbagai belahan
dunia untuk saling berbagai, berinteraksi dan bersosialisasi, yang mana ini
merupakan bagian penting dari Youtube sebagaimerek global.
4.
Technological
Teknologi sangat berpengaruh untuk YouTube, karena pada
dasarnya keberadaan YouTube berbasis pada teknologi, dan merupakan bentuk dari
evolusi teknologi. Meskipun demikian, teknologi masih dapat berkembang oleh
sebab itu, tidak dapat dipungkiri bahwa seiring dengan berjalnnya waktu, YouTube
juga harus tetap memperhatikan perkembangan teknologi, khususnya untuk
menyesuaikan diri dengan memberikan inovasi-inovasi baru melalui teknologi
baru.
5.
Environmental
Masalah lingkungan merupakan
salah satu aspek kehidupan yang saat ini menjadi perhatian setiap orang di
dunia. Oelh sebab itu penting bagi YouTube yang dalam menjalankan perusahaannya
untuk selalu berpegang teguh untuk menjaga lingkungan. Hal ini tentunya senada dengan
Google sebagai perusahaan induk, dimana mereka berfokus pada
penggunaan energi bersih dan upaya untuk melindungi lingkungan. Maka tidak
heran jika melalui YouTube, Google menggunakan menyebarkan pesan kebijakan
perlindungan lingkungannya kepada publik.
6.
Legal
YouTube merupakan domain berbagi
video yang dapat diakses oleh banyak orang, dan memberikan kesempatan kepada
pengguna untuk menggunggah konten mereka sendiri. Tentu untuk melindungi dari
hal-hal yang tidak diinginkan YouTube terikat dengan komponen hukum undang-undang hak cipta dan
peraturan kekayaan intelektual, khususnya jika ada pegguna yang menggunggah
konten yang menentang hukum atau illegal, atau menentang ketentuan-ketentuan
tertentu, makaYouTube harus bertindak tegas untuk segera menghapus konten yang
berbahaya tersebut.
BUSINESS STRATEGY FORMULATION
Saat ini,
Youtube merupakan bagian dari Google, perusahaan besar yang terkenal denga
mesin pencarinya dan memiliki misi untuk mengatur informasi dunia dan
membuatnya dapat diakses secara universal dan bermanfaat(Google, n.d). Berikut ini
merupakan beberapa usulan strategi bisnis yang sekiranya dapat dilakukan oleh
YouTube, termasuk strategi bisnis internasionalnya, yang mana dapat dilakukan
dalam jangka waktu panjang dan pendek, yaitu:
1.
Strategi binsis jangka pendek
Strategi bisnis jangka pendeka dapat
dilakukan degan cara menggunakan strategi stabilitas. Strategi stabilitas
adalah strategi dimana organisasi mempertahankan organisasinya dan level operasi
bisnisnya sekarang. Lingkungan akan selalu berubah walaupun organisasi
menggunakan strategi stabilitas. Oleh karena itu strategi stabilitas tidak
digunakan organisasi dalam jangka waktu yang lama (Kuncoro,
2006).
2.
Strategi bisnis jangka panjang
Strategi
bisnis jangka panjang dapat dilakukan degan menggunakan strategi pertumbuhan,
dimana menurut Coulter (2002), strategi
pertumbuhan adalah bagaimana menggerakkan organisasi ke depan. Bergerak ke
depan berarti manajer stratejik perusahaan berharap meningkatkan level
operasinya, yakni tumbuh lebih cepat.
CORPORATE STRATEGY FORMULATION
1.
Meningkatkan perlindungan hak terhadap
pengguna
Hal ini
berkaitan dengan kepuasan pengguna, misalnya seperti kejadian beberapa saat
lalu, bahwa ada salah satu YouTuber dengan nama asli Felix Kjellberg, dengan
channel akunnya yang bernama PewDiePiem yang masuk ke dalam deretan 100 Orang
Berpengaruh yang dicetus oleh Time Magazine, memutuskan untuk menghapus channel
miliknya, dimana ia mengaku sejumlah pelanggan setianya mengeluh jika mereka
lagi mendapat notifikasi jika ada video baru yang diunggah di PewDiePiem.
2.
Pengembangan fitur baru (Strategi
Pertumbuhan)
Satu domain
situs web tentu akan berbeda dengan situs yang lainnya, namun tidak menutup
kemungkinan bahwa satu situs dapat menirukan situs yang lainnya, khususnya
dalam penyediaan fitur-fitur baru, sehingga memungkinkan seseorang mampu untuk
menikmasti fitur yang sama namun di situs yang berbeda. Karena tidak dapat
dipungkiri bahwa saat ini, satu orang dapat memiliki banyak akun di situs-situs
yang berbeda. Oleh sebab itu, YouTube dengan fungsi utamanya untuk saling
berbagi video, dapat terus melengkapi fitur-fitur yang tertentu yang sekiranya
sesuai dengan fungsi utama Youtube.
3.
Menghindari pemblokiran situs di berbagai Negara
Tak jarang
sebuah situs diblokir oleh Negara tertentu dengan alasan menentang bahwa ada
konten-konten tertentu yang ditayangkan tidak layak untuk ditayangkan di
Youtube namun bisa diakses secara bebas. Oleh sebab itu, untuk menghidari ini,
Youtube perlu memperhatikan konten-konten yang diunggah oleh para pengguna.
IMPLEMENTATION PLAN
Rencana
implementasi strategi tentu harus berhubungan dengan visi dan misi maupun
nilai-nlai yang di junjung kuat oleh Toutube itu sendiri, yaituuntuk memberikan suara
pada setiap orang di dunia dan menunjukkan kepada setiap orang di seluruh dunia(YouTube, n.d.). Berikut ini merupakan usulan rencana implementasi yang dapat dilakukan
oleh YouTube berdasarkan strategi yang telah diungkapkan, diantaranya yaitu:
1.
Meningkatkan perlindungan hak terhadap
pengguna (Kepuasan)
2.
Pengembangan fitur baru
3.
Menghindari pemblokiran situs di berbagai
Negara
CONCLUSION
Strategi
bisnis yang dapat dilakukan oleh perusahaan diantaranya yaitu garus
memperhatikan kondisi lingkungannya, ditambah strategi jugadapat dilakukan
dengan dua cara, dengan jangka pendek dan panjang, sehingga mampu untuk
menguasasi pasar. Rencana strategi dan implementasi yang sekiranya dapat
dilakukan oleh YouTube di masa depan setidaknya memperhatikan hal seperi
perlindungan hak terhadap pengguna mengenai kepuasan, mampu mengembangan fitur
baru sebagai staregi pertumbuhan untuk kepentingan masa depan.
Ini hanya versi sampelnya saja ya...
Untuk file lengkap atau mau dibuatkan custom, silahkan PM kami ke
WA 0882-9980-0026
(Diana)
Happy order kakak ^^