Persepsi Publik Terhadap Isu Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Mendukung LGBT


Persepsi Publik Terhadap Isu Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Mendukung LGBT

Pendahuluan
Istilah LGBT semakin banyak dibahas di berbagai kesempatan, bukan saja di Indonesia, masalah LGBT ini memang sedang ramai dibicarakan oleh masyarakat dunia. Isu ini sangat sensitif di Dengan sikap masyarakat yang seperti dijelaskan diatas, LGBT di Indonesia masih belum memiliki dasar hukum yang pasti. Perumusan Undang-Undang masih terus berjalan agar Undang-Undang yang dibuat tidak mengandung aspek diskriminasi untuk kelompok masyarakat tertentu. Maka dalam makalah ini akan dibahas mengenai bagaimana pandangan masyarakat Indonesia tentang LGBT, bagaimana isu tentang keberpihakan LGBT tersebut, dan bagaimana reaksi masyarakat, serta saran yang sekiranya dapat diberikan kepad pemerintah dalam menangani isu ini.
Pembahasan
a.      Pandanga Masyarakat Indonesia tentang LGBT
Sampai saat ini LGBT belum dapat diterima sepenuhnya di masyarakat Indonesia. Penolakan ini bukannya tidak berdasar. Menurut nilai-nilai agama, budaya, UU di negara Indonesia masih tidak diperbolehkan, dan adanya prasangka bahwa suatu hari nanti LGBT akan membuat anak Indonesia menjadi seperti kaum LGBT, dan banyaknya asumsi dari masyarakat bahwa LGBT itu buruk. (Jovian, 2016). Terlepas dari perspekstif agama dan budaya, pihak yang mendukung LGBT berpendapat bahwa kaum LBGT umumnya memiliki hak asasi yang sama-sama  pantas mereka dapatkan yaitu adalah hak untuk hidup, hak untuk mendapatkan perlindungan, hak untuk berekspresi dan masih banyak lainnya.
b.      Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Mendukung LGBT
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, PSI (Partai Solidaritas Indonesia) adalah partai yang baru dibentuk dan di ketuai oleh Grace Natalie dan Raja Juli Antoni, mantan Ketua PP Ikatan Pelajar Muhammadiyah, selaku Sekretaris Jenderal. Partai ini menjadi perbincangan ketika PSI diduga mendukung LGBT. Awal mulanya yaitu adalah dengan adanya spanduk ‘Hargai Hak-Hak LGBT’. Spanduk ini terpasang di Jembatan Penyeberangan Otrang di Tebet, Jakarta Selatan.  Hal ini tentu saja membuat PSI menjadi tidak merasa terganggu terlebih ada logo dan petinggi PSI. PSI menegaskan partainya tidak pernah mencetak ataupun memasang spanduk yang mengesankan PSI sebagai partai yang pro-LGBT. PSI bukan hanya sekali dikait-kaitkan dengan masalah LGBT, di tahun lalu justru PSI khususnya Ferry Batara justru malah berpendapat negative tentang LGBT. Dengan adanya isu bahwa PSI berbalik mendukung LGBT menjadi hal yang membingungkan masyarakat.
c.       Reaksi Publik
Berkaitan dengan berita tersebut, reaksi  yang ada di masyarakat bermacam macam, salah satunya reaksi dari Mengetahui hal itu, Ustadz Bachtiar Nasir (UBN), Sekjen Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) yang juga Pendiri AQL Islamic Center bersama aparat Polsek Tebet bergerak menyisir lokasi tempat dipasangnya spanduk-spanduk tersebut di bilangan Tebet, Jakarta Selatan. Dengan kenyataan bahwa PSI tidak satu kali saja berkaitan dengan isu LGBT, ini memang tidak mengherankan lagi, namun kali ini berkebalikan, ketika yang pertama yaitu PSI dianggap tidak respek dengan LGBT, justru sekarang dituduh mendukung LGBT.


Kesimpulan
Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan beberapa hal. Pertama, bahwa rakyat Indonesia masih belum dapat menerima kaum LGBT dalam lingkungannya karena alasan agama, budaya, moral dan juga peraturan. Kedua, yaitu isu tentang PSI mendukung LGBT  telah diklarifikasi oleh PSI bahwa hal itu tidak benar, dan spanduk yang berisikan kata-kata “Hargai Hak-Hak LGBT’ ini juga bukan dibuat oleh PSI. sebaliknya mereka menduga ini adalah salah satu trik yang sengaja dilakukan oleh pihak yang tidak menyukai perjuangan Partai Solidaritas Indonesia ini. Ketiga yaitu reaksi masyarakat setelah mengetahu adanya spanduk yang menyatakan dukungan PSI  pada LGBT ini, mereka langsung mengeluhkannya dan melaporkannya dan akhirnya semua spanduk tersebut di turunkan.



Ini hanya versi sampelnya saja ya...
Untuk file lengkap atau mau dibuatkan custom, silahkan PM kami ke

WA 0882-9980-0026
(Diana)

Happy order kakak ^^

Inovasi Teknologi dalam Pembelajaran: Ruangguru


Inovasi Teknologi dalam Pembelajaran: Ruangguru
A.    Pendahuluan
Belajar merupakan proses individu dalam mendapatkan pengetahuan yang baru. Seorang individu dikatakan belajar jika terdapat perubahan perilaku. Sedangkan pembelajaran adalah kegiatan yang dilakukan antara guru dengan peserta didik yang berdampak pada perubahan perilaku oleh peserta didik setelah proses pembelajaran. Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat di era globalisasi ini yang berdampak pada peningkatan kinerja dan memungkinkan sejumlah kegiatan dapat terlaksana dengan cepat, tepat dan akurat yang nantinya dapat meningkatkan produktivitas. Pemanfaatan teknologi internet sebagai media pembelajaran telah menjadi salah satu inovasi baru dalam penggunaan media pembelajaran dan sumber belajar.
Hasil penelitian Wilfrid Laurier University tahun 1998 menunjukkan bahwa peserta didik yang menggunakan web sebagai media pembelajaran terbukti mempunyai waktu belajar yang lebih cepat dua kali lipat dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional, sebanyak 80% peserta didik tersebut meraih prestasi yang baik dan amat baik serta 66% dari mereka tidak membutuhkan materi pembelajaran bahan cetak. Salah satu bentuk pembelajaran berbasis e-learning di Indonesia adalah aplikasi Ruangguru yang merupakan perusahaan teknologi dengan fokus pada layanan pendidikan yang didirikan oleh Iman Usman dan Belva Devara pada tahun 2014 (Siregar & Fitriawan, 2018; Shofi, Rachmadi, & Herlambang, 2019). Berdasarkan pada latar belakang tersebut, maka tulisan ini akan membahas tentang inovasi teknologi dalam pembelajaran dalam aplikasi bimbingan belajar berbasis mobile learning Ruangguru.
B.     Pembahasan
1.      Bimbingan belajar tambahan
Bimbingan belajar menurut Faizah (dalam Gideon, 2018) adalah suatu proses pemberian bantuan untuk siswa yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan belajar yang dihadapi siswa, untuk mencapai tujuan belajar yang diinginkan. Pendapat lain mengungkapkan bahwa bimbingan belajar merupakan sebuah bantuan yang diberikan kepada peserta didik yang bertujuan untuk memecahkan kesulitan dalam belajar baik dalam lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Bimbingan belajar sendiri memungkinkan para peserta didik untuk mendapatkan berbagai bahan dari narasumber tertentu yang dinilai berguna untuk menunjang kehidupannya sehari-hari baik sebagai individu maupun sebagai pelajar, yang berguna sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan (Gideon, 2018).

2.      Media pembelajaran berbasis e-learning
Media adalah jembatan yang digunakan untuk menyebarkan suatu pesan, catatan, laporan, warta dan sejenisnya. Sedangkan media pembelajaran mencakup seluruh perangkat yang digunakan dalam proses pembelajaran di bidang pendidikan (Ramadhayanti, 2018). Dalam dunia pendidikan, internet dapat menjadi media pembelajaran berupa electronic learning atau yang dikenal juga dengan istilah e-learning. Munadi (dalam Ramdani, Rahmat, & Fakhruddin, 2018) mengemukakan bahwa e-learning dapat diartikan sebagai jenis media belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke peserta didik dengan menggunakan media internet atau media jaringan komputer lain.

3.      Bimbingan belajar berbasis mobile learning Ruangguru
Mobile learning (m-learning) merupakan kegiatan penggunaan perangkat teknologi komunikasi dan inforamsi genggam dan bergerak, seperti PDA, telepon genggam, laptop dan tablet PC, dalam proses pengajaran dan pembelajaran. Salah satu bentuk pembelajaran online berbasis m-learning di Indonesia adalah aplikasi Ruangguru yang merupakan perusahaan teknologi dengan fokus pada layanan pendidikan. Ruangguru dinilai sebagai merupakan startup yang dapat dikatakan sebagai startup edutech yang sejauh ini paling komplit karena telah menggabungkan sejumlah fitur yang ada di hampir seluruh edutech yanga ada dalam satu kemasan.
Sebagai salah satu startup teknologi dan pendidikan terbesar di Indonesia, pada bulan Juli 2019 Ruangguru melakukan inovasi dengan menambang sejumlah fitur pembelajaran online yang bertujuan untuk mempermudah proses belajar mengajar melalui pembelajaran online berbasis m-learning Ruangguru. Fitur-fitur yang diberikan oleh Ruangguru tentunya dapat memberikan kemudahan bagi para pengguna yaitu para peserta didik untuk lebih memahami materi pelajaran.
C.    Kesimpulan
Pemanfaatan teknologi internet sebagai media pembelajaran telah menjadi salah satu inovasi baru dalam penggunaan media pembelajaran dan sumber belajar. Berbagai bentuk aplikasi dan fasilitas yang tersedia di internet dapat digunakan dengan maksimal yang nantinya dapat meningkatkan kualitas dan mutu pembelajaran. Salah satu bentuk bimbingan belajar tambahan online berbasis e-learning di Indonesia adalah aplikasi Ruangguru yang telah menjadi salah satu startup teknologi dan pendidikan terbesar di Indonesia.


Ini hanya versi sampelnya saja ya...
Untuk file lengkap atau mau dibuatkan custom, silahkan PM kami ke

WA 0882-9980-0026
(Diana)

Happy order kakak ^^

Ketidakpuasan Masyarakat Atas Pengurangan Fasilitas BPJS


Ketidakpuasan Masyarakat Atas Pengurangan Fasilitas BPJS

Latar Belakang
            Fasilitas pada dasarnya adalah sebuahsarana yang di gunakan untuk melancarkan pelaksanaan fungsi, atau sarana untuk kemudahan terlaksananya sebuah fungsi. Kebutuhan akan fasilitas umum dan sosial, pada dasarnya sanga berhubungan dengan tercapainya tujuan pembanguan nasional, dimana pembangunan nasional pada hakikatnya bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat. Hal ini akan tercapai apabila kebutuhan pokok dari masyarakat itu sendiri dapat terpenuhi dengan baik. Adapun kebutuhan pokok yang dimaksud meliputi sandang, pangan, papan, pendidikan dan kesehatan (Melya, Asyik, & Sugiyanta, 2018).
Secara jelas, kesehatan merupakan salah satu bagian penting untuk mencapai kesejahteraan nasional, hal ini karena kesehatan pada dasarnya adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental spiritual maupun sosial yang memungkin setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Berkaitan dengan pentingnya suatu fasilitas kesehatan, belakangan terdengar isu mengenai adanya pengurangan terhadap salah satu fasilitas kesehatan, yaitu yang menyangkut tentang pengurangan fasilitas BPJS. Oleh sebab itulah, adanya isu pengurangan fasilitas BPJS ini tentu akan menimbulkan suatu keresahan terhadap masyatakat. Maka dalam makalah ini, akan dibahas mengenai seperti apa isu tentang pengurangan fasilitas BPJS tersebut, alasannya seperti apa, dan bagaimana reaksi masyarakat, serta saran yang sekiranya dapat diberikan kepada pemerintah mengenai isu ini.
Pengurangan Fasilitas BPJS
Memasuki pertengahan tahun 2018, diketahui kemunculan isu tentang bagaimana BPJS Kesehatan mengurangi setidaknya tiga tanggungan jaminan kesehatan, yaitu untuk persalinan, pasien katarak dan rehabilitasi medik. Penjelasan pengurangan fasilitas tanggungan jaminan kesehatan tersebut adalah sebagai berikut (Debora, 2018), yaitu:
1.      Jaminan kesehatan untuk persalinan
2.      Jaminan Kesehatan Penderita Katarak
3.      Jaminan Kesehatan untuk rehabilitasi medik
Alasan
            Pengurangan fasilitas yang dilakukan oleh BPJS bukan tanpa alasan. Sehubungan dengan hal ini, berikut merupakan beberapa alasan mengapa BPJS, khususnya di bidang Kesehatan memutskan untuk membatasi beberapa jaminan pelayanan kesehatannya, yaitu:
1.      Sebagai Peraturan Baru
Diketahui bahwaBPJS Kesehatan mengeluarkan tiga kebijakan baru yang mulai berlaku hari ini, Rabu 25 Juli 2018. Ketiga kebijakan tersebut merupakan dasar BPJS dalam mengurangi setidaknya tiga tanggungan jaminan kesehatan, seperti yang telah disebutkan sebelumnya (Manafe, 2018), diantaranya yaitu:
a.       Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Penjaminan Pelayanan Katarak Dalam Program Jaminan Kesehatan
b.      Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Penjaminan Pelayanan Persalinan Dengan Bayi Lahir Sehat
c.       Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan Nomor 5 Tahun 2018 Tentang Penjaminan Pelayanan Rehabilitasi Medik.
2.      BPJS Kesehatan Mengalami Defisit Anggaran
Pada 2017, BPJS Kesehatan mengalami defisit anggaran hingga Rp9,75 triliun. Pendapatan iuran dari program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tahun lalu hanya sebesar Rp74,25 triliun, sementara jumlah klaim peserta BPJS Kesehatan mencapai Rp84 triliun (Rahadian, 2018). Bahkan memasuki tahun 2018, deficit anggaran amsit tetap berlangsung. Diketahui berdasarkan rapat kerja bersama tentang Bailout BPJS Kesehatan pada tanggal 17 September 2018, BPJS Kesehatan mencatatkan defisit arus kas rencana kerja anggaran tahunan (RKAT) 2018 Rp 16,5 triliun. Komposisinya, defisit RKAT 2018 sebesar Rp 12,1 triliun dan carry over 2017 sebesar Rp 4,4 triliun (Satrianegara, 2019).Tentu dengan anggaran yang mengalami deficit ini jika terus berlangsung maka kan merugikan pihak BJPS kedepannya, yang mana nantinya akan berdampak pula pada kinerja dan kurangya efisiensi BPJS dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.
3.      Sebagai Bentuk Efisiensi
Telah disebutkan sebelumnya bahwa pengurangan fasilitas BPJS Kesehatan, dilakukan bukan tanpa alasan yang berdasar. Oleh sebab itu, pihak BPJS menolak tuduhan bahwa peraturan baru yang mulai ditetapkan sebagai bentuk pengurangan manfaat atau fasilitas yang diberikan, karena pada dasarnya BPJS Kesehatan menegaskan akan tetap menjamin biaya pelayanan katarak, persalinan dengan bayi lahir sehat, dan pelayanan rehabilitasi medik. Peraturan Direktur yang diterbitkan dimaksudkan untuk mengoptimalkan mutu pelayanan dan efektivitas penjaminan kesehatan.Dimana sekal lagi,implementasi tiga peraturan tersebut bukan untuk membatasi pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS. Ada pun peraturan tersebut untuk penjaminan pembiayaan yang disesuaikan dengan kemampuan keuangan BPJS Kesehatan saat ini, yang mana masih mengalami deficit anggaran (Andreas, 2018).
Reaksi Masyarakat
            Peraturan baru BPJS Kesehatan untuk jaminan kesehatan persalinan, katarak dan rehabilitasi medik, mendapat berbagai respon dari seluruh kalangan masyarakat. Pasalnya aturan baru yang diterapkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terkait penjaminan katarak, rehabilitasi medik dan persalinan dengan bayi sehat tersebut membuat pasien kebingungan. Tidak sedikit jumlah yang belum mengetahui adanya perubahan peraturan tersebut. Beberapa di antara mereka juga ada yang harus pulang karena tidak bisa mendapatkan pelayanan BPJS seperti biasanya. Bahkan di sejumlah rumah sakit, tak jarang pasien harus menelan kekecewaan karena aturan tersebut. Meskipun sudah ada sosialisasi yang dilakukan sebulan sebelum peraturan diberlakukan, masih banyak pasien yang belum mengerti akan aturan tersebut (Krisyanidayati & Malaka, 2018), ini berarti bahwa sosialisasi yang dilakukan masih belum tersampaikan secara menyeluruh. Terlebih ini juga dapat memuncilkan kehawatran terhadap masyarakat, dimana keluarnya aturan tersebut dapat membatasi atau bahkan menghapuskan tiga pelayanan kesehatan yang besangkutan.

Rekomendasi Untuk Pemerintah
            Diketahui bahwa alasan utama pengurangan fasilitas palayanan BPJS disebabkan karena saat ini BPJS sedangan mengalami defisit anggaran, yang mulai parah sejak tahun 2017 hingga 2018 lalu. Namun pengurangan fasilitas ini justru memdapat penolakan dari berbagai pihak, dimana ada keungkinan bahwa tiga aturan yang diterapkan tersebut dapat membahayakan pasien. Misalnya saja untuk penderitakatarak, BPJS Kesehatan hanya mau membiayai pasien dengan gangguan penglihatan yang masuk kategori sedang. Bila gangguan penglihatan masih ringan, operasi katarak tidak akan di-cover BPJS Kesehatan (Safutra & dkk, 2018).
Oleh sebab itu, untuk mengatasi masalah defisit anggaran, yang seharusnya tidak dijadikan asalan bagi pemerintah maupun pihak BPJS untuk mengurangi pelayanan dan jaminan keselamatan pasien, adalah dengan mengeluarkan BPJS dari jeratan defisit itu sendiri itu sendiri, maka berikut ini merupakan beberapa saran yang sekiranya dapat dilakukan oleh pemerintah, yaitu:
  •    Memperbaiki sistem manajemen yang ada, termasuk dalam pengelolaan keuangan di BPJS
  •    Meningkatkan kolektibilitas iuran peserta
  •    Menaikkan iuran Penerima Bantuan Iuran (PBI).
  •    Penggunaan Sistem Digitalisasi


Kesimpulan
            Berdasarkan penjelasan yang telah diuraikan, maka dalam makalah ini dapat disimpulkan bahwa munculnya isu bahwa pihak BPJS, khususnya BPJS Kesehatan yang mengurangi fasilitas pelayanannya, sempat menjadi bahan pembicaraan di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, untuk mengentaskan BPJS dari jerat defisit yang merupakan sumber utama alasan BPJS mengurangi fasilitasnya, maka saran yang dapat diberikan untuk BPJS sendiri dan bagi Pemerintah adalah dengan memperbaiki sistem manajemen keuangan BPJS, meningkatkan pengumpulan iuran dari pemeritah daerah, menaikkan jumlah iuran Penerima Bantuan Iuran (PBI), hingga pemanfaatan system berbasis digitalisasi, yang mampu meningkatkan efisiensi manejemen BPJS, baik di keuangan maupun adminsitrasi.

Ini hanya versi sampelnya saja ya...
Untuk file lengkap atau mau dibuatkan custom, silahkan PM kami ke

WA 0882-9980-0026
(Diana)

Happy order kakak ^^


Penerapan E-Health di Indonesia


Penerapan E-Health di Indonesia

Pendahuluan
Pada era globalisasi saat ini, perkembangan dan kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, banyak Negara yang berlomba-lomba untuk dapat mengembangkan dan menguasai teknologi (Ngafifi, 2014). Perkembangan teknologi tersebut sudah menyebar ke semua berbagai sector kehidupan manusia, termasuk dalam sector kesehatan.Teknologi tersebut juga sudah diaplikasikan pada bidang media. Pada pertama kali penggunaannya, teknologi tersebut digunakan dan dimanfaatkan untuk menangani administrasi dan transaksi, yang kemudian berkembang untuk tujuan produktivitas, dan terakhir dikembangkan kedalam peralatan-peralatan medis, seperti CT scan, dan USG. Perkembangan teknologi tersebut juga berpengaruh pada perkembangan jenis penyakit, dan juga banyaknya jenis obat.

Pembahasan
1.      Pengertian Teknologi
Teknologi sangat berkaitan erat dengan sains dan perekayasaan, yang mana kata sains tersebut mengacu pada pemahaman tentang permasalahan dan dunia sekitar, sedangkan kata perekayasaan mengacu kepada rancangan yang didasarkan atas hasil penelitian sains (Djoyohadikusumo, 1994). Teknologi berasal dari bahasa Yunani, technologia yang berarti wacana seni.Pada saat pertama kali digunakan dalam bahasa Inggris, istilah tersebut mempunyai makna sebagai pembahasan sistematis atas seni terapan atau pertukangan. Namun pada abad ke-20, makna tersebut meluas, tidak hanya bermakna alat-alat dan mesin-mesin, namun juga metode dan teknik non-material yang berarti suatu aplikasi sistematis pada teknis maupun metode (Muhasim, 2017). Hal tersebut sejalan dengan Quintanilla (1998) yang menyatakan bahwa teknologi dipandang dari 3 macam pandangan, yaitu pandangan kognitif, instrumental, dan praksiologis.
2.      Pengertian E-Health
E-health adalah penggunaan internet atau media elektronik lainnya oleh pasien, juru medis, dan masyarakat untuk menyebarluaskan dan menyediakan akses informasi tentang layanan kesehatan dan gaya hidup (Kirch, 2008). Penerapan e-Health tersebut mencakup seluruh fungsi yang mempengaruhi sektor kesehatan yang mana tidak hanya merujuk pada alat dengan aplikasi berbasis internet, namun juga mencakup seluruh jaringan informasi kesehatan, rekaman kesehatan elektronik, layanan telemedicine, sistem komunikasi personal yang wearable dan portable, portal kesehatan, dan banyak lagi teknologi dan informasi lain yang didasarkan pada alat-alat yang membantu pencegahan, diagnosis, pengobatan, pemantauan kesehatan, dan manajemen gaya hidup (Kirch 2008).

3.      E-health di Indonesia
E-health adalah salah satu bentuk pengembangan e-government yang telah diamanatkan oleh pemerintah melalui instruksi Presiden No. 3 tahun 2003 tentang kebijakan dan strategi nasional terkait dnegan upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas layanan public dengan efektif dan efisien. Beberapa contoh dari program e-health yang diusungkan oleh pemerintah Indonesia, yaitu Individual electronic health information (penyedia jasa untuk memberikan pelayanan penyimpanan dan pengelolaan informasi kesehatan seseorang), Healthcare service delivery tools (penyedia jasa untuk memberikan pelayanan diagnosis dan pelayanan kesehatan secara elektronik), dan Healthcare management and administration (pemberian layanan jasa kesehatan, seperti informasi kesehatan, pengobatan, pengawasan, dan tindakan) (Sinta, 2016).

Dalam proses implementasi, e-Health seringkali menghadapi beberapa kendala, seperti kesiapan sumber daya manusia, kesiapan organisasi yang terlibat, budaya kerja, perkembangan teknologi dan ketersediaan infrastruktur dan lain sebagainya. Akibatnya, penerapan e-health tersebut masih belum maksimal karena belum menjangkau semua orang dan sebagian daerah di Indonesia. Oleh karena itu, peluang terbesar untuk menerapkan e-healthdi Indonesia adalah dengan menggunakan teknologi m-health dan telemedicine. Telemedicine adalah praktek kesehatan dengan memakai komunikasi audio, visual dan data, termasuk perawatan, diagnosis, konsultasi dan pengobatan serta pertukaran data medis dan diskusi ilmiah jarak jauh. Banyak manfaat yang didapatkan dari telemedicine tersebut, diantaranya biaya kesehatan yang lebih efektif dan efisien, pelayanan keperawatan tanpa batas geografis, mengurangi jumlah kunjungan dan masa hari rawat di rumah sakit, dan meningkatan pelayanan untuk pasien kronis (Anas, 2014). M-health adalah program e-health yang menggunakan dan memanfaatkan telepon seluler, yang dapat berupa aplikasi yang terdapat pada telepon seluler untuk menghubungkan pasien dan dokter.

Penutup
1.      Kesimpulan
Indonesia merupakan suatu negara berkembang dengan berbagaipermasalahan dan tantangan dalam bidang kesehatan masyarakat .Pengembangan dan penggunaan Telemedicine dan e-Health (serta bidang-bidang terkait lainnya) mempunyai banyak peluang guna membantu pemecahan masalah dan tantangan dalam bidang tersebut. Teknologi e-health yang dapat diterapkan di Indonesia adalah m-health dan telemedicine, karena tingkat kepemilikan telepon seluler di Indonesia lebih besar dan lebih tinggi jika dibandingkan dengan tingkat pengguna akses internet.Dengan adanya program e-health dan aplikasi m-health, diharapkan masyarakat dapat meningkatkan status dan mutu hidup dan kesehatannya dengan cara merubah perilaku untuk hidup sehat.
2.      Saran
Agar dapat memaksimalkan penggunaan program e-health dan aplikasi m-health, pemerintah perlu mengadakan kegiatan sosialisasi, pelatihan, dan pembagian tugas yang jelas terkait dengan pengoperasian program tersebut kepada pihak medis, pasien maupun masyarakat luas.Selain itu, pemerintah juga perlu memperbaiki infrastruktur dan menyediakan jaringan internet secara merata di seluruh daerah di Indonesia, agar pelaksanaan dan penerapan dari program e-health tersebut dapat dijangkau oleh masyarakat di seluruh daerah Indonesia.


Ini hanya versi sampelnya saja ya...
Untuk file lengkap atau mau dibuatkan custom, silahkan PM kami ke

WA 0882-9980-0026
(Diana)

Happy order kakak ^^

Pelaksanaan Total Quality Management dan Produktivitas Kerja Perusahaan


Pelaksanaan Total Quality Management dan Produktivitas Kerja Perusahaan


Pendahuluan
Persaingan ketat mendorong perusahaan untuk melakukan perbaikan dan pengembangan manajemen yang terpusat kepada kepuasan pelanggan (Widarini, 2009). Peningkatan kualitas tersebut telah menjadi kewajiban untuk memberikan kualitas produk dan pelayanan yang lebih baik yang dapat menjamin kepuasan pelanggan. Salah satu upaya peningkatan kualitas adalah dengan menerapkan konsep dasar Total Quality Management (TQM) atau Manajemen Mutu Terpadu. Bagi perusahaan, TQM saat ini sudah menjadi program yang harus dilaksanakan karena TQM ini merupakan pendekatan yang terpusat pada pelanggan yang mengenalkan perubahan manajemen sistematik dan perbaikan terus menerus pada proses, produk, manusia dan lingkungan. Penerapan TQM ini dapat memberikan sejumlah manfaat bagi perusahaan yang mencakup perbaikan pelayanan, pengurangan biaya dan kepuasan pelanggan. Perbaikan dalam sistem manajemen dan kualitas produk dan pelayanan ini nantinya dapat peningkatan kepuasan pelanggan. Selain itu, penerapan TQM juga dapat meningkatkan keahlian, semangat dan rasa percaya diri karyawan, hingga transparansi, produktivitas dan efisiensi pelayanan pelanggan (Widarini, 2009; Zjulla, 2015).

Pembahasan
1.      Konsep Total Quality Management (TQM)
Kualitas dapat ditemukan dengan adanya perbandingan jumlah karakteristik yang melekat dengan kebutuhan atau persyaratan tertentu. Flynn, et al. (dalam Sari, Surachman, & Ratnawati, 2018) menjelaskan bahwa TQM adalah pendekatan terpadu yang memiliki tujuan  untuk mendapatkan serta mempertahankan output dengan kualitas yang tinggi, selanjutnya fokus pada pemeliharaan dan perbaikan berkelanjutan dan pencegahan kegagalan di semua tingkatan dan fungsi perusahaan, dengan tujuan untuk memenuhi harapan konsumen. Sedangkan Kaynak (dalam Sari et al., 2018) menjelaskan bahwa TQM adalah filosofi manajemen holistik yang mendorong adanya perbaikan dan pengembangan berkelanjutan pada seluruh fungsi organisasi, yang dapat diraih jika konsep kualitas total digunakan dari penggunaan sumber daya pada layanan purna jual pelanggan (Sari, Surachman, & Ratnawati, 2018).

2.      Penerapan Total Quality Management (TQM)
Tidak semua perusahaan yang menerapkan TQM dapat menghasilkan kinerja perusahaan yang yang baik. Menurut Hardjosoedarmo (dalam Ahmad, 2013) untuk menjamin keberhasilan pengimplementasian TQM dalam perusahaan maka dibutuhkan langkah-langkah sebagai berikut (Ahmad, 2013):
a.   Tanamkan satu falsafah kualitas.
b.   Manajemen harus membimbing dan menunjukkan kepemimpinan yang bermutu.
c.   Adakan perubahan terhadap sistem yang lebih kondusif.
d.  Didik, latih dan berdayakan seluruh karyawan.

3.      Produktivitas kerja
Menurut Hasibuan dalam Edyun (dalam Oktoviyanto, 2016), produktivitas adalah meningkatnya output (hasil) yang sejalan dengan input (masukan). Jika produktivitas mengalami peningkatan, maka terdapat kemungkinan adanya peningkatan efisiensi (waktu,bahan,tenaga) dan sistem kerja, teknik produksi dan adanya peningkatan keterampilan dari tenaga kerjanya. Produktivitas kerja sendiri merupakan kemampuan dalam menghasilkan barang atau jasa dari berbagai sumber daya dan kemampuan yang dimiliki oleh setiap karyawan. Secara umum, produktivitas berarti kemampuan dalam meningkatkan hasil kerja karyawan yang ditinjau dari sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing individu (Oktoviyanto, 2016).

4.      Peningkatan produktivitas kerja sebagai hasil dari penerapan Total Quality Management (TQM)
Kualitas pada produk dan jasa yang diberikan oleh perusahaan mempengaruhi kepuasan pelanggan. Manajemen mutu dalam TQM ini digunakan sebagai landasan strategis yang bertujuan untuk menghasilkan keunggulan kompetitif dan meningkatkan produktivitas perusahaan. Menyesuaikan produk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan ini nantinya dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, yang selanjutnya dapat meningkatkan produktivitas kerja perusahaan. Manajemen karyawan, orientasi proses, dan orientasi pelanggan dalam TQM inilah yang nantinya dapat meningkatkan kualitas proses dan produk. Manajemen karyawan yang efektif, atau memiliki karyawan yang berkomitmen dan inisiatif ini merupakan syarat untuk orientasi proses dan orientasi pelanggan yang efektif. Peningkatan mutu internal dapat memberikan pengaruh pada kepuasan pelanggan dan secara tidak langsung juga dapat memberikan pengaruh pada hasil bisnis (Jaya, 2016).

Kesimpulan
Bagi perusahaan, TQM saat ini sudah menjadi program yang harus dilaksanakan karena TQM ini merupakan pendekatan yang terpusat pada pelanggan yang mengenalkan perubahan manajemen sistematik dan perbaikan terus menerus pada proses, produk, manusia dan lingkungan. Penerapan TQM ini dapat memberikan sejumlah manfaat bagi perusahaan yang mencakup perbaikan pelayanan, pengurangan biaya dan kepuasan pelanggan, hingga transparansi, produktivitas dan efisiensi pelayanan pelanggan.


Ini hanya versi sampelnya saja ya...

Untuk file lengkap atau mau dibuatkan custom, silahkan PM kami ke

WA 0882-9980-0026
(Diana)

Happy order kakak ^^

Strategi Manajemen BisnisYouTube


Strategi Manajemen BisnisYouTube
INTRODUCTION
Profile YouTube
Seiring dengan perkembangan zaman di bidang teknologi informasi dan komunikasi, Youtube telah menjadi fenomena yang mendunia. YouTube merupakan situs video sharing yang berfungsi sebagai sarana untuk berbagi video secara online. Situs ini memfasilitasi penggunanya untuk meng-upload video yang diakses oleh pengguna lain diseluruh dunia secara gratis. Di zaman semakin cepatnya penggunaan internet, Youtube merupakan database video yang paling popular di dunia internet tersebut, dan merupakan situs video yang menyediakan berbagai informasi berupa “gambar bergerak yang bisa diandalkan. Situs ini memang disediakan bagi mereka yang ingin melakukan pencarian informasi video dan menontonnya langsung. Selain itu, kelebihan lain yang juga dimiliki oleh YouTube adalah bahwa situs web ini mengizinkan penggunanya berpartisipasi secara langsung dengan cara mengunggah (meng-upload) video ke server Youtube dan membaginya ke seluruh dunia. Lebih jauh, profil pengguna Youtube juga dapat mengakses, dan dapat diakses oleh siapa saja (Sianipar, 2012).
YouTube Strategic Problems
Dalam hal ini, semakin pesatnya peraingan di dunia bisnis, khususnya seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, membuat YouTube harus mampu bertahan di tengah persaingan yang kompetitif ini. Oleh sebab itu diperlukan sebuah strategi yang kuat untuk untuk mencapai tujuan milik perusahaan.
Objectives of the Paper
Dalam makalah ini yang menjadi tujuan utama adalah untuk mengetahui strategi manajemen bisnis yang dapat dilakukan oleh perusahaan YouTube sebagai salah satu situs web terbesar untuk saling berbagai video tersebut.
ENVIRONMENTAL ANALYSES
Analisis lingkungan merupakan salag satu bagain dari alat strategis, yang digunakan sebagai bagian dari proses untuk mengidentifikasi semua elemen eksternal dan internal yang dapat memengaruhi kinerja organisasi. Sehubungan dnegan hal ini, berikut ini merupakan hasil analisis lingkungan untuk YouTube sevagai salah satu situs video sharing yang banyak diakses oleh masyarakat, dengan menggunakan analisis PESTEL (Political, Economic, Social, Technological, Environmental, and Legal) (Adamkasi, 2016), yaitu:
1.      Political
Faktor politik merupakan salaha satu faktoryang sangat berpengaruh bagi sebuah organisasi, dimana ini berkaitan dengan kondisi politik Negara, mengingat bahwa Youtube merupakan sistus universal yang dapat diakses secara universal diseluruh duniam jadi kondisi politik akan mempengaruhi Youtube dalam perkembangnnya, salah satunya adalah ketengangan politik dalam Negara maupun atar Negara akan mempengaruhi pertumbuhan bisnis, tingkat penjualan dan pendapatan yang tinggi. Selain itu, sebagai bagian dari Google,YouTube secara signifikan dipengaruhi oleh iklim politik suatu Negara, khususnya menyangkut kebijakan yang dibuat oleh pemerintah tentang aturan tampilan konten yang biasanya dibatas untuk bagian-bagian tertentu, sehingga ini akan membatasi pendapatan YouTube, sebab YooTube sebagai situs informasi dan portal streaming online, pendapatan utamanya adalah dari jumah kunjungan pengguna. Jika situs tertentu tidak bisa diakses oleh pengguna maka ini akan mengurangi jumlah pengunjung
2.      Economic
Faktor ekonomi yang dapat mempengaruhi YouTube adalah berkaitan denganstabilitas ekonomi baik di pasar domestik maupun internasional, karena hal ini dapat mempengaruhi kekuatan ekonomi masyaratnya, khususnya dalam hal penghasilan atau pendapatan seseorang. Pendapatan seseorang ini berpengaruh pada jumlah konsusmsi seseorang menggunakan internet. Jika seseorang memiliki pendapatan yang rendah, artinya ia akan membatasi atau mengurangi penggunaan internat, khususnya yang bertujuan untuk hiburan, sebab mereka akan berasumsi ini bisa menyebabkan pemborosan.
3.      Social
YouTube merupakan salah satu bagian dari media sosial, seperti misi yang dijunjungnyabahwaYoutube bertujuan untuk memberikan suara pada setiap orang di dunia dan menunjukkan kepada setiap orang di seluruh dunia(YouTube, n.d.), dimana dalam hal ini pada dasarnya YouTube ingin menghubungkan setiap orang diberbagai belahan dunia untuk saling berbagai, berinteraksi dan bersosialisasi, yang mana ini merupakan bagian penting dari Youtube sebagaimerek global.
4.      Technological
Teknologi sangat berpengaruh untuk YouTube, karena pada dasarnya keberadaan YouTube berbasis pada teknologi, dan merupakan bentuk dari evolusi teknologi. Meskipun demikian, teknologi masih dapat berkembang oleh sebab itu, tidak dapat dipungkiri bahwa seiring dengan berjalnnya waktu, YouTube juga harus tetap memperhatikan perkembangan teknologi, khususnya untuk menyesuaikan diri dengan memberikan inovasi-inovasi baru melalui teknologi baru.
5.      Environmental
Masalah lingkungan merupakan salah satu aspek kehidupan yang saat ini menjadi perhatian setiap orang di dunia. Oelh sebab itu penting bagi YouTube yang dalam menjalankan perusahaannya untuk selalu berpegang teguh untuk menjaga lingkungan. Hal ini tentunya senada dengan Google sebagai perusahaan induk, dimana mereka berfokus pada penggunaan energi bersih dan upaya untuk melindungi lingkungan. Maka tidak heran jika melalui YouTube, Google menggunakan menyebarkan pesan kebijakan perlindungan lingkungannya kepada publik.
6.      Legal
YouTube merupakan domain berbagi video yang dapat diakses oleh banyak orang, dan memberikan kesempatan kepada pengguna untuk menggunggah konten mereka sendiri. Tentu untuk melindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan YouTube terikat dengan komponen hukum undang-undang hak cipta dan peraturan kekayaan intelektual, khususnya jika ada pegguna yang menggunggah konten yang menentang hukum atau illegal, atau menentang ketentuan-ketentuan tertentu, makaYouTube harus bertindak tegas untuk segera menghapus konten yang berbahaya tersebut.
BUSINESS STRATEGY FORMULATION
Saat ini, Youtube merupakan bagian dari Google, perusahaan besar yang terkenal denga mesin pencarinya dan memiliki misi untuk mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses secara universal dan bermanfaat(Google, n.d). Berikut ini merupakan beberapa usulan strategi bisnis yang sekiranya dapat dilakukan oleh YouTube, termasuk strategi bisnis internasionalnya, yang mana dapat dilakukan dalam jangka waktu panjang dan pendek, yaitu:
1.      Strategi binsis jangka pendek
Strategi bisnis jangka pendeka dapat dilakukan degan cara menggunakan strategi stabilitas. Strategi stabilitas adalah strategi dimana organisasi mempertahankan organisasinya dan level operasi bisnisnya sekarang. Lingkungan akan selalu berubah walaupun organisasi menggunakan strategi stabilitas. Oleh karena itu strategi stabilitas tidak digunakan organisasi dalam jangka waktu yang lama (Kuncoro, 2006).
2.      Strategi bisnis jangka panjang
Strategi bisnis jangka panjang dapat dilakukan degan menggunakan strategi pertumbuhan, dimana menurut Coulter (2002), strategi pertumbuhan adalah bagaimana menggerakkan organisasi ke depan. Bergerak ke depan berarti manajer stratejik perusahaan berharap meningkatkan level operasinya, yakni tumbuh lebih cepat.

CORPORATE STRATEGY FORMULATION
1.      Meningkatkan perlindungan hak terhadap pengguna
Hal ini berkaitan dengan kepuasan pengguna, misalnya seperti kejadian beberapa saat lalu, bahwa ada salah satu YouTuber dengan nama asli Felix Kjellberg, dengan channel akunnya yang bernama PewDiePiem yang masuk ke dalam deretan 100 Orang Berpengaruh yang dicetus oleh Time Magazine, memutuskan untuk menghapus channel miliknya, dimana ia mengaku sejumlah pelanggan setianya mengeluh jika mereka lagi mendapat notifikasi jika ada video baru yang diunggah di PewDiePiem.
2.      Pengembangan fitur baru (Strategi Pertumbuhan)
Satu domain situs web tentu akan berbeda dengan situs yang lainnya, namun tidak menutup kemungkinan bahwa satu situs dapat menirukan situs yang lainnya, khususnya dalam penyediaan fitur-fitur baru, sehingga memungkinkan seseorang mampu untuk menikmasti fitur yang sama namun di situs yang berbeda. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini, satu orang dapat memiliki banyak akun di situs-situs yang berbeda. Oleh sebab itu, YouTube dengan fungsi utamanya untuk saling berbagi video, dapat terus melengkapi fitur-fitur yang tertentu yang sekiranya sesuai dengan fungsi utama Youtube.
3.      Menghindari pemblokiran situs di berbagai Negara
Tak jarang sebuah situs diblokir oleh Negara tertentu dengan alasan menentang bahwa ada konten-konten tertentu yang ditayangkan tidak layak untuk ditayangkan di Youtube namun bisa diakses secara bebas. Oleh sebab itu, untuk menghidari ini, Youtube perlu memperhatikan konten-konten yang diunggah oleh para pengguna.
IMPLEMENTATION PLAN
Rencana implementasi strategi tentu harus berhubungan dengan visi dan misi maupun nilai-nlai yang di junjung kuat oleh Toutube itu sendiri, yaituuntuk memberikan suara pada setiap orang di dunia dan menunjukkan kepada setiap orang di seluruh dunia(YouTube, n.d.). Berikut ini merupakan usulan rencana implementasi yang dapat dilakukan oleh YouTube berdasarkan strategi yang telah diungkapkan, diantaranya yaitu:
1.      Meningkatkan perlindungan hak terhadap pengguna (Kepuasan)
2.      Pengembangan fitur baru
3.      Menghindari pemblokiran situs di berbagai Negara

CONCLUSION
Strategi bisnis yang dapat dilakukan oleh perusahaan diantaranya yaitu garus memperhatikan kondisi lingkungannya, ditambah strategi jugadapat dilakukan dengan dua cara, dengan jangka pendek dan panjang, sehingga mampu untuk menguasasi pasar. Rencana strategi dan implementasi yang sekiranya dapat dilakukan oleh YouTube di masa depan setidaknya memperhatikan hal seperi perlindungan hak terhadap pengguna mengenai kepuasan, mampu mengembangan fitur baru sebagai staregi pertumbuhan untuk kepentingan masa depan.


Ini hanya versi sampelnya saja ya...

Untuk file lengkap atau mau dibuatkan custom, silahkan PM kami ke

WA 0882-9980-0026
(Diana)

Happy order kakak ^^