Bagaimana Indomie membangun citra dan menciptakan nilai bagi pelanggan untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan


Bagaimana Indomie membangun citra dan menciptakan nilai bagi pelanggan untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan


      Indomie adalah salah satu merek mie instan yang terkenal di Indonesia. Merek ini adalah satu salah merek PT. Indofood Sukses Makmur yang selalu berhasil dalam memproduksi berbagai jenis produk makanan olahan, seperti kecap, saus, sambal, sirup, dan sebagainya. Produk-produk tersebut terkenal melalui tayangan iklan media televise atau media cetak. Indomie tersebut sangat disukai oleh berbagai macam kalangan seperti anak-anak, remaja bahkan sampai orang tua, baik anak sekolah, pekerja informal, maupun pekerja kantoran dari kalangan menengah bawah maupun menengah atas. Hal itu disebabkan karena produk tersebut dapat ditemui dengan mudah di berbagai warung, pasar, minimarket, bahkan di swalayan dan supermarket dengan harga yang relative murah. Selain itu produk Indomie juga menciptakan berbagai macam varian sehingga para pelanggan bisa mengkonsumsinya tanpa harus merasa bosan dengan rasa yang ada. Hal itu yang membuat produksi produk Indomie meningkat setiap tahunnya bahkan sudah sampai meluaskan pasarnya hingga keluar negeri. Terkait dengan hal tersebut, dalam paper ini kita akan membahas tentang bagaimana cara Indomie membangun citra, nilai, dan hubungan mereka dengan pelanggan sehingga pelanggan tetap loyal untuk membeli dan mengkonsumsi produk mereka (Dian dan Trimanah, n.d).
      Salah satu komponen penting dalam menentukan maju mundurnya suatu produk adalah merek. Merek mempunyai beberapa peran dalam perusahaan, yaitu peran dalam mencapai skala ekonomis dengan memproduksi merek tersebut secara massal, menghambar pesaing yang ingin memperkenalkan merek yang sama, menjadi pembeda antara produk yang ditawarkan dengan merek competitornya (Dian dan Trimanah). Oleh karena itu, perusahaan perlu menciptakan citra mereka yang kuat agar mendapatkan kepercayaan baik dari pengecer, pedagang maupun pelanggan. Begitu pula yang dilakukan oleh PT Indofood yang membangun citra kuat melalui produk Indomie nya yang menjadikan produk tersebut Top of Mind dan Top Brand atas produk mie instan di Indonesia. Keberhasilan tersebut disebabkan oleh konsistensi Indomie dalam menjalani kunci strategi 3A nya, yaitu acceptability(rasa Indomie sudah dapat diterima oleh konsumen), availability(mudah didapatkan dimana saja) dan affordability(harga Indomie terjangkau).
Dengan keunggulan, dan keunikan yang dimiliki oleh Indomie, baik dalam produk maupun strategi promosinya melalui iklan televisi menciptakan image yang positif yang kuat di dalam benak dan pikiran pelanggan dan masyarakat Indonesia. Hal tersebut pun juga membangun hubungan yang kuat antara Indomie dengan pelanggan di Indonesia. Setelah adanya image dan nilai yang positif melalui strategi pemasaran dan promosi, Indomie melanjutkannya dengan berpartisipasi dalam acara-acara informal, formal, bahkan acara televise dengan memberikan dukungan dan menjadi sponsor utama dari acara-acara tersebut, serta juga menyelenggarakan acara dengan tema “Indomie Jingle Dare” agar dapat lebih dekat dengan pelanggannya dan masyarakat Indonesia. Image positif tersebut mendorong sikap dan penilaian pelanggan yang positif pula terhadap produk Indomie. Dengan tindakan dan strategi yang dilakukan oleh Indomie tersebut, tentunya memberikan kepuasan kepada pelanggan atas pelayanan dan produknya, yang menghasilkan sebuah kepercayaan dan loyalitas dari para pelanggannya untuk selalu setia kepada Indomie sehingga enggan berpindah kepada merek lain dan selalu membeli serta mengkonsumsi Indomie (Tia, n.d).

Ini hanya versi sampelnya saja ya...
Untuk file lengkap atau mau dibuatkan custom, silahkan PM kami ke

WA 
0882-9980-0026
(Diana)

Happy order kakak ^^