Brand Ambassador dan Korean Wave sebagai Strategi dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Korea

Brand Ambassador dan Korean Wave sebagai Strategi dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Korea


 

A.    Pendahuluan

Dalam beberapa tahun terakhir ini, budaya Korea Selatan menjadi budaya yang populer dan digemari oleh masyarakat global. Budaya popular ini dapat menjadi salah satu upaya pemerintah Korea Selatan untuk meningkatkan citra Korea dengan menyebarkan kebudayaan dan seni ke negara lain. Penyebaran budaya Korea tersebut disebut dengan istilah Korean wave. Korean wave merupakan suatu fenomena penyebaran budaya Korea yang populer di masyarakat global. Fenomena Korean wave tersebut bermula dari drama, film, dan musik Korea yang tayang dan menyebar di China yang kemudian semakin berkembang dan populer di negara lain terutama di kawasan Asia (Srihartati & Abdillah, 2018).

Penyebaran Korean wave tersebut memiliki dampak pada masyarakat global yang semakin tertarik dengan produk budaya Korea yang lain seperti kuliner, fashion dan gaya hidup. Meningkatnya minat masyarakat global terhadap budaya Korea tersebut mendorong ekspor produk Korea ke negara lain. Salah satunya adalah ekspor produk unggulan Korea, yaitu kosmetik. Terdapat peningkatan jumlah ekspor kosmetik Korea dalam beberapa tahun terakhir. Kosmetik Korea telah menjadi produk ekspor Korea yang paling banyak diminati. Meningkatnya minat kosmetik Korea tersebut tidak lepas dari strategi pemasaran perusahaan dalam mempromosikan produk. Fenomena tersebut membuka kesempatan bagi para produsen kosmetik untuk memasarkan produk kosmetik secara global (Srihartati & Abdillah, 2018).


B.     Pembahasan

1.      Korean Wave

Korean Wave atau Hallyu diartikan sebagai budaya yang merujuk pada popularitas budaya korea di luar negeri yang menawarkan hiburan Korea yang terbaru yang terdiri dari film, drama, musik pop, animasi dan sejenisnya. Istilah Hallyu atau Korean Wave merupakan istilah yang diberikan untuk penyebaran budaya Pop Korea atau gelombang Korea secara global diberbagai negara di dunia. Menurut Septyarti (dalam Susanti, 2017) Hallyu merupakan istilah yang dipopulerkan oleh media China untuk mengacu pada budaya pop dan hiburan Korea yang mencakup film, drama, musik, dan fashion yang berhasil memberikan pengaruh terhadap negara-negara lain (Susanti, 2017). Korean wave banyak bersumber dari film, drama dan musik Korea yang diperkuat dengan kemudakan untuk mengakses di era digital ini. Korean wave memberikan peluang dalam memperkenalkan budaya Korea melalui drama atau musik. Budaya Korea yang terdapat dalam drama dan musik tersebut menunjukkan kehidupan masyarakat Korea seperti gaya hidup, cara berperilaku, fashion dan produk yang digunakan oleh masyarakat (Srihartati & Abdillah, 2018).

2.      Brand Ambassador dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Korea

Strategi pemasaran yang dilakukan dengan melakukan kerja sama dengan brand ambassador merupakan bentuk strategi yang telah lama digunakan oleh banyak perusahaan dan dinilai efektif untuk memperkenalkan produk pada masyarakat. Royan (dalam Lestari et al., 2019) menjelaskan bahwa suatu iklan yang disampaikan oleh sumber yang menarik seperti selebriti yang populer akan mendapatkan perhatian yang besar dan akan mudah diingat oleh masyarakat. Brand ambassador akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap citra suatu merek, yang didorong oleh karena citra dari seorang brand ambassador yang memberikan pengaruh terhadap citra pada merek. Citra dari dari brand ambassador inilah yang nantinya akan memberikan pengaruh persepsi masyarakat terhadap citra merek dan akan menarik konsumen untuk membeli produk terkait.  


3.      Korean Wave dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Korea

Penelitian Son et al. (dalam Srihartati & Abdillah, 2018) mengungkapkan bahwa Korean wave dapat menjadi kekuatan Korea untuk mempromosikan citra negara dan yang nantinya dapat meningkatkan ekspor produk Korea. Kesuksesan Korean wave dalam membentuk citra positif kebudayaan negara tersebut memiliki dampak pada meningkatnya minat masyarakat internasional terhadap produk Korea yang membawa kebudayaan Korea secara global. Kim (dalam Srihartati & Abdillah, 2018) menjelaskan bahwa Korean wave dapat membentuk citra positif negara Korea dalam meningkatkan kredibilitas perusahaan dan merek Korea yang memiliki dampak pada  semakin tingginya konsumsi berbagai bentuk produk Korea. Drama, film dan musik yang merupakan bagian dari produk kebudayaan populer Korea membawa citra positif kebudayaan Korea. 

 Ini hanya versi sampelnya saja ya...

Untuk file lengkap atau mau dibuatkan custom, silahkan PM kami ke

WA :
0882-9980-0026
(Diana)