Fenomena Sosiologi Industri dan Kehadiran Generasi Milenial


Fenomena Sosiologi Industri dan Kehadiran Generasi Milenial

A.    Pendahuluan
Sosiologi industri secara sederhana terdiri dari dua istilah. Pertama sosiaologi dan yang kedua adalah industri. Masing-masing memiliki arti berbeda, dimana sosiologi adalah ilmu yang berkenaan dengan kehidupan  bermasyarakat. Dengan kata lain, ilmu yang mempelajari tentang kehidupan manusia dalam masyarakat. orang sering menyebut ilmu masyarakat (Warsito, 2016). Sementar aitu yang dinamakan sebagai industri merupakan kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi, dan atau barang jadi menjadi barang dengan nilai yang lebih tinggi untuk penggunaannya (Undang-Undang Nomor 3 tahun 2014 tentang Perindustrian). Bersamaan dengan itu, Hasibuan (2000) mberikan pengertian bahwa industri juga dapat dikatakan sebagai kumpulan dari perusahaan-perusahaan yang menghasilkan barang-barang homogen, atau barang-barang yang mempunyai sifat saling mengganti dengan erat (Herianto, 2018).
Berdasarkan penjelasan diatas, dapat di katakan bahwa yang dinamakan sebagai sosiologi industri adalah suatu cabang ilmu sosial yang membahas karakter dan arti dunia kerja serta kehidupan manusia yang terlibat di dalamnya. Permasalahan yang berhubungan dengan industri tidak hanya segala sesuatu yang berhubungan langsung dengan kegiatan kerjanya tapi juga banyak hal lain yang secara tidak langsung akan mempengaruhi aktivitas kerja dalam industri tersebut  (Warsito, 2016). Sosiologi Industri dalam hal ini tumbuh menjadi sebuah subdisiplin tersendiri yang secara sangat khusus memusatkan perhatian analisisnya pada persoalan-persoalan sosial yang muncul di dalam ranah pekerjaan dan sosial yang lebih luas yang terkait dengan kegiatan produksi dari industri (Nugroho, ‎2008)

 
Belakangan, sosiologi industri menjadi fenomena yang tengah terjadi selama beberapa dekade terakhir. Pasalnya, perkembangan industri telah mendominai seluruh aktivitas manusia. Dalam hal ini, masa industri merupakan masa yang dapat dikatakan masa peradaban terbaik masyarakat hingga kini. Masyarakat sudah mampu mengenal alat-alat industri, menghasilkan produk-produk dengan efisiensi biaya dan efektivitas waktu, serta terlibat dalam proses terjadinya interaksi sosial yang bersifat industrial dan ekonomi. Seperti yang telah dikutahui, peradaban industri telah terjadi begitu lama,dn telah melalui 4 (empat) tahap utama ang dinamakan sebagai Revolusi Industri. Revolusi industri merupakan suatu perubahan besar yang cepat dan radikal yang mempengaruhi corak kehidupan manusia.
B.     Pembahasan
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa dalam sosilogi industri ini memusatkan perhatian analisisnya pada persoalan-persoalan sosial yang muncul di dalam ranah pekerjaan dan sosial yang lebih luas yang terkait dengan kegiatan produksi dari industri (Nugroho, ‎2008). Dan dalam hal ini, permasalahan yang berhubungan dengan industri tidak hanya segala sesuatu yang berhubungan langsung dengan kegiatan kerjanya tapi juga banyak hal lain yang secara tidak langsung akan mempengaruhi aktivitas kerja dalam industri tersebut. Sosiologi industri pada dasarnya mencakup tentang dunia pekerjaan, yang dapat dimulai dari tenaga pelaksanaan yang paling bawah kepada manajer dalam perusahaan  (Warsito, 2016).
Selain itu, sosiologi industri dapat disebut juga sebagai sosiologi organisasi, dimana dialamnya  membahas sikap dan ideologi setiap pimpinan pada suatu tingkat dalam struktur organisasi dan juga membahas apa saja yang dilakukan individu di dalam organisasi. Adanya suatu keterkaitan antara perpindahan kerja dengan  kebiasaan did alam bekerja yang dialami oleh orang-orang, yang merupakan suatu landasan utama, baik bagi konflik maupun konsensus dalam suatu organisasi. Lebih jauh sosiologi industri membahas pula tentang jenis-jenis masyarakat yang terlibat dalam aktivitas industri, baik langsung maupun tidak langsung, di dalam aktivitas dan eksistensi organisasi (Warsito, 2016).
C.    Kesimpulan
Berdasarkan penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa yang dinamakan sebagai sosiologi industri adalah subdisiplin ilmu sosiologi yang secara sangat khusus memusatkan perhatian analisisnya pada persoalan-persoalan sosial yang muncul di dalam ranah pekerjaan dan sosial yang lebih luas yang terkait dengan kegiatan produksi dari industri (Nugroho, ‎2008). Sosiologi industri ini embahas tentang banayak hal, salah satunya adalah tentang jenis-jenis masyarakat yang terlibat dalam aktivitas industri, baik langsung maupun tidak langsung. Kini salah satu jenis masyarakat yang terlibat dalam antivitas industri tersebut adalah para kelompok masyarakat yang tergabung dalam suatu generasi yang disebut sebagai generasi milenial.



Ini hanya sampel saja yaa..
Untuk versi lengkapnya atau minta dibuatkan custom
silahkan WA ke 0882-9980-0026
Happy order kakak  :))