PENDAHULUAN
Ford baru saja menerima $5.9 milyar dari pinjaman Departemen Energi untuk membantu memperlengkapi kembali pabrik di Illinos, Kentucky, Michigan, Missouri, dan Ohio untuk menghasilkan 13 model bahan bakar efisien, mencakup 5000-10000 mobil elektrik tiap tahun mulai tahun 2011. Di pertengahan 2009, Nissan Motor juga diberi pinjaman sebesar $1.6 milyar dari Departemen Energy AS untuk membangun sebanyak 100.000 mobil elektrik selama satu tahun di pabriknya di Smyrna, Tennesse, pada 2013.
Pesaing terbaru Ford mungkin
pemerintahan AS karena GM dan Chrysler LLC juga berada di barisan yang sama
untuk memperoleh investasi sebesar $62 milyar dari Badan Keuangan AS. Sejak CEO
Alan Mulally bekerja di Ford pada tahun 2006, perusahaan telah memotong 40.000
pekerjaan dan menutup 17 pabrik, mengurangi biaya sebesar lebih dari $5 milyar.
Pada bulan Mei 2009, Toyota menganggarkan
kerugian sebesar $4.4 milyar untuk tahun fiskalnya. Hampir semua perusahaan
mobil mengalami penderitaan dalam ekonomi yang buruk. Ford juga mencoba untuk
menjual divisi Volvonya tetapi menunggu sampai perusahaan GM menyelesaikan
penjualan divisi Opelnya. Tiga firma yang menawar Volvo pada tahun 2009 yaitu :
Geely Holding Group, Beijing Automotive Industry Holding, dan sebuah grup
investor Eropa.
Markas besar di Dearborn, Michigan,
Ford memiliki pangsa pasar sebesar 13.8 persen di industry mobil pada Februari
2009, sedangkan pada tahun 2007 memiliki 17.8 persen. Ford Motor menjalankan
dua bisnis jasa yaitu Ford Motor Credit Company dan Genuine Parts dan
Motorcraft. Ford memanufaktur dan mendistribusikan mobil di enam benua dengan
sebuah tim sekitar 246.000 pegawai. Perusahaan menjalankan 108 pabrik secara
global dan mengahsilkan model seperti Ford, Lincoln, Mazda, Mercury, dan Volvo.
Ford Motor Credit Company menawarkan pembiayaan mobil ke dealer dan
pelanggannya secara global. Divisi Motorcraft Ford menawarkan komponen kendaran
melalui situs web perusahaan (www.ford.com).
Pesaing utama Ford adalah General Motor, Toyota dan Chrysler. Berdasarkan
lampiran 3, Ford berada di peringkat ketiga dalam penguasaan pangsa pasar di
Amerika Serikat.
Merek Perusahaan
Ford
terdiri dari lima merek. Kendaraanya meliputi mobil, truk, dan kendaraan
serbaguna (SUVs). Ford juga menghasilkan Mondeo yang dibangun di Eropa dan
EcoSport di Amerika Selatan dan beberapa bagian Asia.
Lincoln/Mercury
Kendaraan
Lincoln Ford (www.lincoln.com) dirasa
sebagai sebuah merek mewah dan meliputi lima model seperti Navigator dan Town
Car. Barisan Mercury Ford (www.mercuryvehicles.com)
juga menawarkan lima model yang berbeda seperti Mountaineer dan the Milan.
Mazda
Mazda
dikembangkan pada tahun 1931 menggambarkan sebuah truk beroda tiga, gabungan
motor dan mobil. Saat ini Mazda menawarkan 11 model yang berbeda. Perusahaan
menganggarkan penjualan dalam sembilan bulan pertama di tahun 2008 sebesar 2.1
milyar yen. Situs web perusahaan berisi informasi tentang Mazda di 54 negara
yang berbeda. Pendapatan Mazda menurun dari 2.5 milyar yen di sembilan bulan
pertama tahun 2007 menjadi 2 milyar yen di sembilan bulan pertama tahun 2008.
Volvo
Volvo
(www.volvocars.com), sebuah nama merek
yang menciptakan tiga titik sabuk pengaman yang pertama, dibangun dengan
pengakuan merek yang kuat sebagai sebuah kendaraan yang aman. Volvo di tahun
1955 mulai mengekspor mobil ke Amerika Serikat. Volvo memiliki pasar di 58
negara. Divisi markas besar Swedia berjualan di lebih dari 185 pasar, menjual
374.297 unit di seluruh dunia pada tahun 2008. Permintaan yang lebih kuat
berasal dari Inggris, sedangkan AS dan Swedia memiliki permintaan yang lemah.
Ford Motor Credit
Dibangun
pada tahun 1923, Ford Motor Credit Company (www.fordcredit.com)
menawarkan pembiayaan ke pelanggan dan hak penjualan di seluruh negara dan
merupakan perusahaan keuangan terbesar dunia. Ford Credit menawarkan produk
inovatif dan kurs pembiayaan yang kompetitif dengan jangka waktu yang fleksibel
berlaku terhadap penyewaan dan atau pembelanjaan pembiayaan.
Genuine Parts & Service
Genuine
Part & Service (www.genuineflmservice.com)
menawarkan pengetahuan tentang komponen, perbaikan dan perawatan kendaraan ke
pemilik kendaraan Ford, Lincoln, dan Mercury. Pertama kali diperkenalkan pada
tahun 1991, konsepnya adalah untuk memberikan kepuasan pemilik yang lebih baik untuk
kesuksesan merek Ford.
Motorcraft
Ford
membeli Perusahaan Electric Autolite di tahun 1961 dan kemudian mengubah
namanya menjadi Motorcraft (www.motorcraft.com),
membuat komponen untuk kendaran Mercury, Lincoln, dan Ford. Ini merupakan sebuah
cabang bisnis yang menawarkan komponen/jasa premium dari minyak motor sampai
perakitan transmisi. Bisnis ini bagi Ford merupakan sebuah akibat dari
kelemahan penggantian komponen kendaran yang disediakan oleh produsen.
Operasi Global
Ford
memasarkan kendaraan di lebih dari 200 pasar di enam benua. Strategi One Ford
focus pada penstandardisasi produksi kendaraan, secara teknologi mengusut
produksi daur ulang, pengiriman komponen untuk memastikan waktu yang lebih
cepat ke pemasaran dan menemukan unsur Ford untuk menemukan kebutuhan mobil
dalam pasar global. Ford menghasilkan kendaraan energy hybrid dan menggabungkan
kekuatan dengan British Petroleum (BP) ke pengembangan kekuatan hydrogen.
Pesaing
Chrysler LLC
Dibangun
pada tahun 1883, Chrysler LLC (www.chryslerllc.com)
sekarang ini memegang 10.9 persen dari pangsa pasar AS pada bulan Februari
2009. Perusahaan memanufaktur tujuh
model yang berbeda, termasuk Jeep dan Dodge. Chrysler LLC juga memiliki Global
Electric Motorcars (GEM), kendaraan yang berkecepatan rendah yang sering
digunakan di taman dan kampus industry. Perusahaan menjual komponen dan
aksesoris kendaraan di bawah merek MOPAR dan memiliki sebuah divisi Chrysler
Financial yang menawarkan kesempatan pembiayaan untuk pembeli di Amerika Utara,
Puerto Rico, dan Venezuela. Chrysler memiliki kontrak dengan Nissin dan
Volkswagen untuk memanufaktur mobil.
General Motors Corporation (GM)
Bermarkas
besar di Detroit, Michigan, GM (www.gm.com)
mempekerjakan sekitar 244.500 dan memiliki laporan pendapatan tahunan sebesar
$149 milyar di tahun 2008. GM memanufaktur mobil dan truk di 34 negara. GM juga
menjalankan sebuah Operasi Pembiayaan dan Asuransi. Saab, Pontiac, dan Cadillac
merupakan contoh dari beberapa model GM. GM memegang pimpinan industry dengan
penguasaan pangsa pangsa AS sebesar 18.8 persen pada bulan Februari 2009. GM
telah dikecam untuk tidak mengadaptasi mobil dan system produksinya dengan
pengalamatan ke kebutuhan konsumen. GM di masa yang akan datang dipercaya
dengan elektrik hybrid Chevy Volt seperti Malibu. Mobil GM telah menghasilkan
gambaran penjualan yang negative karena semua merek mobilnya mengalami
penurunan penjualan.
Toyota Motor Corporation
Bermarkas
besar di Toyota City, Jepang, Toyota Motor Corporation (www.toyota.co.jp) dilaporkan memiliki
pendapatan tahunan sebesar $249.5 milyar di tahun 2008. Toyota saat ini
memiliki pangsa pasar AS sebanyak 16.9 persen pada bulan Februari 2009.
Toyota
beroperasi di dua segmen : Operasi Automotive dan Non Automotive. Model Toyota
meliputi Corolla dan RAV4. Jasa pembiayaannya membantu konsumen dengan memberi
tunjangan kendaraan dan pinjaman hipotik. Toyota menyediakan pembiayaan ke
dealer. Operasi yang lainnya meliputi perancangan dan pemanufakturan rumah
pabrikan dan teknologi informasi yang berhubungan dengan bisnis. Perusahaan
menjalankan sebuah pasar e-commerce yang dikenal dengan nama Gazoo.com dan
menjual kendarannya di Jepang, Amerika Utara, Eropa dan Asia.
Toyota
focus pada Prius barunya yang menjanjikan ekonomi bahan bakar untuk melampaui
model saat ini 48 mpg. Selain itu, Toyota menjadi pembuat pertama dari sebuah
mobil hybrid mewah : the Lexus HS250h, dengan ekonomi bahan bakar 40 mpg.
Analisis industry
Industry pemanufakturan mobil mengalami
kehancuran karena resesi ekonomi global sehingga permintaan konsumen untuk
mobil baru sangat berkurang. Percaya diri konsumen berada di titik yang paling
rendan selama 40 tahun dan tingkat pengangguran melebihi 10 persen di berbagai
bidang. Ketidaktersediaan kredit dan tingginya pengangguran mendorong pembuat
mobil untuk memikirkan kembali metode memproduksi dan menjual mobil. Pembuat
mobil mengalami kenaikan biaya perawatan kesehatan dan pensiunan.
Beberapa konsumen membeli kendaraan
dengan alas an praktis yang berfokus pada keefisienan, daya tahan bahan bakar,
dan ketahanan mobil. Beberapa bank tidak memberikan pinjaman mobil. Situasi ini
merusak perusahan mobil. Di tahun 2008, Big Three mulai menawarkan suku bunga yang
lebih rendah atau pembiayaan 0 persen untuk memikat pembeli. Ford, Chrysler,
dan bahkan Toyota menawarkan harga pegawai ke konsumen. Industry mobil
mengalami perubahan dari truk dan SUVs ke hybrid dan kendaraan kecil dengan
keefisienan bahan bakar. Uang kepailitan pemerintahan berkurang, dan Ford
sangat menginginkan kreditnya.
Kemunculan Pasar Otomotif
Ketika
ekonomi di Amerika Serikat sedang lambat dan penjualan mobil baru menurun
secara drastis, terjadi pertumbuhan permintaan di Rusia sebesar 15.1 persen, di
Brazil 15.5 persen, di China sebesar 12 persen dan di India sebesar 5 persen
pada kwartal ketiga tahun 2008. GM dan Ford mengalami beberapa kesuksesan di
pasar di luar Amerika Serikat. GM mencapai 61 persen dari total pendapatan di
kwartal ketiga 2008 di luar Amerika Utara. Ford diperhitungkan di China untuk
penjualan Volkswagennya, AG.
Masa Depan
Sebuah
sedan dirancang kembali untuk model tahun 2010, the Fusion bersaing dengan
Toyota Camry dan Honda Accord yang bervolume tinggi merupakan salah satu segmen
terbesar di pasar mobil AS. Keduanya, penjualan Camry dan Accord mencapai top
10 pembelian mobil di bawah program insentif Cash for Clunkers pemerintahan AS
yang berakhir pada bulan Agustus 2009. Ford melaporkan adanya penjualan Fusion
yang kuat dalam program tersebuat, akan tetapi penjualan tersebut tidak
memasuki daftar top 10.
Di akhir 2009, Ford menambahkan
perubahan di pabrik truknya di Michigan dan Missouri berkaitan dengan kenaikan
permintaan untuk truk pick up F-150 dan Escape SUVs. Tindakan peningkatan
produksi dari truk pick up F-150 sekitar 10.000 unit dan mendorong produksi
Escape Ford dan Mercury Mariner SUVs sebanyak 2400 unit.
Peningkatan produksi Ford untuk
kwartal ketiga dan keempat di tahun 2009 digerakkan oleh penjualan yang kuat
dalam program Cash for Clunkers. Program tersebut diluncurkan oleh pemerintahan
AS pada bulan Juli 2009, memperbolehkan konsumen yang berkualitas untuk
memperdagangkan mobil lamanya yang boros gas dan truk dengan jarak mil 18 mil
per gallon (mpg). Ford memiliki dua model di daftar top 10 pada program Cash
for Clunkers. Selama Juli 2009, Ford melaporkan sebuah keterkejutan peningkatan
2 persen ketika pembuat mobil lainnya dilaporkan mengalami penurunan.
Peningkatan penjualan merupakan yang pertama kali sejak November 2007.
Bangun
sebuah rencana strategis tindakan untuk Ford. Menyajikan detail analisis strategis
untuk CEO Alan Mulally. Meliputi metodologi dan biaya yang digabungkan dengan
implementasi strategi rekomendasi anda untuk tiga tahun kedepan.
Paper ini cuma versi ringkas aja
Untuk versi lengkap atau
butuh referensi lain
request aja
Diana - o85868o39oo9
Ditunggu ordernya yaa?
Thanks
Paper ini cuma versi ringkas aja
Untuk versi lengkap atau
butuh referensi lain
request aja
Diana - o85868o39oo9
Ditunggu ordernya yaa?
Thanks