Implementasi Business Process Reengineering (Perancangan Ulang Proses Bisnis) pada Bank BRI



Implementasi Business Process Reengineering (Perancangan Ulang Proses Bisnis) pada Bank BRI
A.  Pendahuluan
Salah satu metode yang dapat digunakan perbankan untuk meningkatkan kualitas layanan mereka adalah Business Process Reengineering atau BPR. Business Process Reengineering adalah pemikiran ulang yang mendasar dan rancangan ulang yang radikal dari suatu proses bisnis untuk mencapai perbaikan yang dramatis dengan mengukur kinerja saat ini melalui elemen-elemen biaya, kualitas, pelayanan, dan kecepatan (Hammer & Champy, 1993). BPR menekanan analisis proses bisnis yang dilakukan saat ini melalui berbagai elemen untuk dicari kelemahan yang kemudian diperbaiki agar proses bisnis meningkat secara signifikan. BPR dapat diterapkan dengan berbagai macam cara tergantung proses bisnis mana yang perlu ditingkatkan. BPR juga dapat diterapkan pada berbagai macan jenis bisnis dan industri termasuk perbankan. Salah satu bank yang cukup diperhitungkan dalam industri perbankan di Indonesia adalah Bank Rakyat Indonesia atau yang lebih dikenal dengan BRI. Oleh karena itu, makalah ini akan membahas mengenai implementasi Business Process Reengineering (BPR) pada bank BRI untuk lebih meningkatkan layanan KUR yang ditawarkan oleh Bank BRI. 

B. Proses Bisnis Saat Ini
Bank BRI berkomitmen untuk mencapai standar Good Corporate Governance yang tinggi dengan menerapkannya dalam proses bisnis Bank BRI. Dengan banyaknya kantor cabang di berbagai wilayah di Indonesia, Bank BRI memperkuat infrastruktur perbankannya dengan jaringan komunikasi berbasis satelit bernama BRISAT. Dengan mengoperasikan satelit sendiri, maka business process, standar layanan dan competitive advantage bank BRI akan jauh lebih baik, sehingga kinerja perusahaan akan meningkat, dan akan meningkatkan wealth pemegang saham. Proses bisnis yang semakin pesat ini, akan menjadikan BRI menjadi bank terbesar dari segi laba rugi.

Gambar 1. Proses pemberian KUR bank BRI.

C. Permasalahan Saat Ini
Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan salah satu bentuk layanan yang sangat diminati oleh para nasabah bank BRI. Banyak sekali jumlah nasabah yang mengajukan permohonan KUR sehingga tidak jarang karyawan bank BRI unit kewalahan menanggapinya. Akibatnya, pencairan dana KUR menjadi lebih lambat dari yang seharusnya. 

D. Analisis dan Rancangan Proses Baru
Gambar 2. Flowchart Proses Baru Pemberian KUR Pada Bank BRI
E.  Kesimpulan
Daftar Pustaka

Artikel ini hanya versi sampel.
Untuk versi komplit atau dibuatkan makalah serupa, 
silahkan WA chatt/ call ke o85868039009 (Diana)
Happy Order :)