Zara
Marketing Communication (Studi Kasus)
A. Pendahuluan
Zara merupakan salah satu perusahaan mode internasional
terbesar. Perusahaan ini dimiliki oleh Inditex, salah satu grup distribusi
terbesar di dunia (Zara, 2019) . Inditex sendiri
merupakan salah satu fashion retailers terbesar di
dunia. Mereka memiliki delapan format ritel (Zara & Zara Home, Pull &
Bear, Massimo Dutti, Bershka, Stradivarius, Oysho dan Uterqüe) yang menjual
koleksi mereka di 202 pasar melalui jaringan toko offline-online yang
terintegrasi. Zara sendiri telah
berdiri sejak tahun 1975 (Supriyatna,
2017) .
Merek Zara
telah berkembang dengan cepat menjadi ikon dalam industri fashion. Dunia fast
fashion (tren yang berganti dengan cepat) tak akan lengkap tanpa toko yang
memiliki warna monokrom ini. Sehubungan
dengan perjalanan panjang berkembangnya Zara di dunia fashion, dalam hal ini
akan dibahas mengani seperti apa aktivitas pemasaran yang dilakukan oleh pihak
Zara. Terutama dalam hal komunikasi pemasarannya (marketing communication), dimana ini merupakan sarana
di mana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan
konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang
dijual. Yang pada akhirnya membentuk Zara seperti sekarang ini, menjadi salah satu mereka fashion paling terkenal di
dunia.
B. Pembahasan
Kegiatan pemasaran
pada dasarnya banyak melibatkan aktivitas komunikasi. Komunikasi merupakan aktivitas yang dilakukan
oleh antar individu atau organisasi yang saling bertukar pikiran (A. Shimp,
2014) .
Komunikasi menurut Enggel,
Warshaw dan Kinnear (1994) juga dapat dikatakan sebagai aktivitas
dimana manusia saling bertukar pikiran baik melalui percakapan, menulis, atau bahkan menggambar.
Komunikasi sebagai proses pertukaran makna yang dilakukan antara dua pihak atau
lebih dengan menggunakan simbol (Purwitasari, 2014) .
Berkaitan dengan hal ini, setidaknya ada beberapa jenis
komunikasi pemasaran yang dapat di lakukan. Beberapa diantaranya adalah seperti
yang diungkapkan oleh Kennedy dan
Soemanagara (2006) , berpendapat, ada
lima model komunikasi dalam pemasaran, yaitu: 1) Iklan (Advertising); 2)
Promosi Penjualan (Sales Promotion); 3) Hubungan Masyarakat (Public
Relation); 4) Penjualan Perorangan (Personal Selling); 5) Penjualan
Langsung (Direct Selling). Berdasarkan jenis-jenis komunikasi
pemasaran yang telah disebutkan diatas, kaitannya dengan apa yang dilakukan
oleh Zara mengenai aktivitas komunikasi pemasarannya, berikut ini merupakan
rangkaian aktivitas komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Zara, yaitu:
1. Iklan (Advertising)
Dalam suatu pemasaran, perikalan sudah merupakan hal yang
wajib dilakukan oleh suatu pelaku bisnis. Namun demikian, hal ini tidak seperti
yang dilakukan oleh Zara. Alam beberapa kesempatan, Zara Dikenal sebagai salah
satu merek fashion terkenal yang tidak begitu banyak melakukan advertising. Diketahui bahwa perusahaan perusahaan
hanya menghabiskan sekitar 0,3 persen dari penjualan untuk iklan, dan tidak
memiliki banyak pemasaran untuk dibicarakan. Namun dalam hal ini Zara masih
tetap melakukan periklanan terlepas dari rumor beberapa saat lalu yang
menyetakan bahwa Zara tidak melakukan perikalnan untuk pemasaran produknya.
Tapi, seperti yang dikatakan ssebelumnya, bahwa Zara tetap melakukan periklanan (Nazir, 2019) .
2. Promosi Penjualan (Sales Promotion)
Zara termasuk salah
satu perusahaan yang melakukan komunikasi pmsaran melalui promosi penjualan.
Beberpa contohnya adalah memberikan diskon beberapa person untuk produk-produk
tertentu. .....
3. Hubungan Masyarakat (Public Relation)
Hingga beberapa
saat lalu, Zara selain tidak terlalu banyak melakukan aktivitas periklanan,
mereka juga tidak terlalu banyak melakukan aktivitas public relation (MacKay &
Co, n.d.) . .......
4. Penjualan Perorangan (Personal Selling)
Penjualan
perorangan yang dilakukan oleh Zara adalah dilakukan disetiap tempat di mana
pelanggan berada, bukan hanya di tempat fisik (physical
place) merek hadir. ......
5.
Penjualan
Langsung (Direct Selling)
Seperti halnya perusahaan
lain, Zara juga melalukan komunikasi pemasaran memamui direct selling, dengan
cara menggunakan berbagai sarana seperti Internet, telepon, sms, email, dan
chatting yang semua tujuannya adalah dapat menerima langsung respon masyarakat
serta segera menjawab dan mengeksekusi kendala maupun kebutuhan mereka. ......
C. Kesimpulan
Berdasarkan
penjelasan diatas, mak dapat dikatakan bahwa Zara merupakan salah satu
perusahaan retail paling terkenal didunia dalam hal pengembangan fashionnya.
Zara didirikan pada tahun 1975, yang merupakan bagian dari Inditex Group dan
merupakan salah satu mereka yang paling tua dari Inditex tersebut. Kini Zara setidaknya telah memiliki sekitar
2.213 toko yang tersebar di di 93 pasar
dan 39 pasar online. Kesuksesan Zara dalam mencapai prestasinya ini tentu tidak
terlepas dari berbagai upaya pemsaran dan aktivitas bisnis lainnya. Dalam hal
komunikasi pemasaran. Zara melakukan beberapa keggiatan sepeti: 1) Advertising); 2) Sales Promotion;
3) Public Relation; 4) Personal Selling; dan 5) Direct Selling.
Namun demikan, apda dasarnya, Zara dikenal sebagai perusahaan retail yang sedikit
melakukan aktivitas perikalana hingga
public relation meskipun mereka meraih kesuksesan yang luar biasa seperti
sekarang ini.
Ini hanya versi sampelnya saja ya...
Untuk file lengkap atau mau dibuatkan custom, silahkan PM kami ke
WA 0882-9980-0026
(Diana)
Happy order kakak ^^