a. Produk
•
Klasifikasi Produk
Dilihat dari
karakteristiknya yang tidak berwujud dan tidak dapat dipisahkan antara Bank BNI
dengan nasabahnya, maka Bank BNI dikategorikan sebagai jasa.
•
Merek
Keputusan mengenai
merek dari menggunakan nama dagang perusahaan, yaitu Bank BNI.
•
Jenis Produk
Tabungan, Giro, KPR BNI Griya, Asuransi BNI Life Insurance, BNI Wirausaha,
Simfoni, BNI Haji, BNI Securities, BNI Syariah, dan lain – lain.
b. Suku Bunga
Penentuan suku bunga kredit merupakan masalah yang cukup penting,
karena besarnya suku bunga kredit menjadi salah satu faktor yang
dipertimbangkan nasabah untuk bertransaksi di suatu bank.
Secara umum Bank BNI memberlakukan
sistem single rate, artinya suku bunga pinjaman adalah sama untuk setiap
nasabah. Bank BNI menggunakan model pembebanan suku bunga floating rate untuk
meminimalisasi terjadinya risiko suku bunga, mengingat suku bunga dana pihak
ketiga juga bersifat floating. Bank BNI selalu berusaha untuk menawarkan suku
bunga yang cukup menarik dan mengikuti kondisi pasar.
c. Lokasi
Penentuan lokasi suatu cabang bank merupakan salah satu kebijakan
penting. Bank yang terletak dalam lokasi yang strategis sangat memudahkan
nasabah dalam berurusan dengan bank. Sebelum Bank BNI memutuskan untuk mendirikan
suatu kantor cabang baru maka terlebih dahulu dilakukan peninjauan ke lokasi
tersebut. Lokasi yang dipilih harus memenuhi kriteria seperti dekat dengan
pusat keramaian, akses terjangkau setelah jam kerja berakhir, tidak berada di
daerah rawan, dan lokasi harus berpotensi untuk meningkatkan pertumbuhan dana.
d. Promosi
Promosi merupakan cara untuk mengkomunikasikan produk layanan
Bank BNI agar diketahui oleh masyarakat luas. Bentuk-bentuk promosi yang
dilakukan Bank BNI, antara lain:
•
Periklanan
Media yang
digunakan untuk mempromosikan KPR Bank BNI adalah semua lini, baik dari lini
atas (TVC, majalah, surat kabar, radio) dan media lini bawah (brosur, spanduk,
dan banner, dan lain – lain).
•
Penjualan personal
Promosi melalui
penjualan personal merupakan salah satu cara yang digunakan dalam
mempromosikan Bank BNI. Melalui
penjualan personal inilah produk Bank BNI ditawarkan kepada nasabah. Hubungan
baik dengan seseorang yang telah menjadi nasabah Bank BNI memungkinkan tenaga
pemasar untuk mengkomunikasikan produk-produk Bank BNI.
•
Hubungan Masyarakat
Kegiatan hubungan
masyarakat yang pernah dilakukan Bank BNI dalam mempromosikan produk adalah
dengan mengikuti pameran-pameran, amal dan BNI Peduli, Beasiswa pendidikan, dan
lain - lain. Publikasi laporan tahunan tentunya dilakukan oleh Bank BNI..
•
Promosi penjualan
Bank BNI senantiasa
melakukan promosi penjualan.
e. Orang
Bank BNI telah memiliki Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)
yang transparan dan terpadu. MSDM ini meliputi proses rekrutment, pengembangan
dan pembinaan SDM dalam rangka membantu pencapaian tujuan-tujuan organisasi pada
umumnya dan tujuan-tujuan dalam bidang SDM pada khususnya.
Proses rekrutmen yang dilaksanakan telah terstandarisasi sehingga
diharapkan dapat tercipta the right man on the right place. Setiap
karyawan baru akan melalui masa percobaan dan training selama tiga bulan
pertama. Hal ini bertujuan agar setiap karyawan mengenal bidang pekerjaannya
dan beradaptasi dengan budaya perusahaan. Bank BNI menyediakan program
pendidikan dan pelatihan.
Pada tahun 2004, program pelatihan dan pendidikan difokuskan kepada manajemen risiko. Tahun
2005 Leadership dan Service Quality sudah mulai direncanakan untuk
dilaksanakan.
f. Proses
Proses pengajuan aplikasi relatif mudah. Misalnya,
untuk pengajuan kredit KPR prosesnya lebih
sederhana dibandingkan dengan kredit komersial, dari mulai syarat pengajuan
hingga proses analisanya pun relatif lebih sederhana.
Proses dari mulai pengajuan hingga dana
dicairkan adalah sebagai berikut: Setelah kelengkapan data diserahkan oleh pemohon
ke Bank BNI maka dilakukan peninjauan ke lokasi oleh apraisal, hasil penilaian
dari apraisal diserahkan ke Acount Officer untuk diproses lebih lanjut, setelah
disetujui oleh pejabat yang berwenang lalu diserahkan ke administrasi kredit,
didaftarkan ke Notaris untuk dilakukan pengikatan, setelah ditandatangani
perjanjian antara pemohon dan Bank BNI di depan Notaris maka dilakukan
pencairan pinjaman.
g. Layanan Pelanggan
Demi meningkatkan pelayanan kepada nasabah, Bank BNI telah memiliki
suatu bagian yang bernama Information Service Assistance (ISA) yang
bertujuan untuk memberikan pelayanan terhadap nasabah melalui telepon, melalui
ISA nasabah dapat memberikan masukan ataupun keluhan. Layanan pun semakin
ditingkatkan dengan menyediakan layanan perbankan melalui counter selama
tujuh hari dalam seminggu, untuk saat
ini layanan ini masih terbatas di counter-counter tertentu.Layanan
pelanggan ini diberikan kepada semua nasabah Bank BNI..
h. Physical evidence.
Bukti fisik yang terkait dengan BNI adalah gedung, peralatan,
tatanan eksterior dan interior, penampilan karyawan, buku tabungan, lembar
aplikasi, furniture, mesin hitung, dan lain – lain yang menjadi cerminan Bank
BNI.
SIMPULAN
Bank BNI merupakan bank yang sudah lama berdiri di Indonesia,
dan merupakan bank yang memiliki banyak nasabah. Dalam memberikan pelayanannya,
Bank BNI mengoptimalkan segala aspek dari konsep bauran pemasaran perusahaan
jasa, khususnya perbankan. Bauran pemasaran Bank BNI melibatkan sisi product,
price, place, promotion, people, process, dan physical evidence. Seluruh
aplikasi dari bauran pemasaran tersebut dilaksanakan dengan cara yang
terintegrasi dan melibatkan seluruh elemen – elemen yang ada dalam perbankan
tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
Tjiptono, Fandy, Service Management – Mewujudkan Layanan
Prima, 2008. Penerbit Andi, Yogyakarta
Kottler, P, and K.L.
Keller (2006), Marketing Management, 12th
ed, Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall.
Annual Report BNI
2009
http://www.bni.co.id
http://en.wikipedia.org/wiki/Bank_Negara_Indonesia
Artikel ini cuma versi ringkasnya aja
Untuk artikel lengkap atau
mau request artikel judul lain
silakan hubungi saya
Diana - o85868o39oo9
Ditunggu ordernya yaa?
Thanks