AMAZON VS WALMART: RAKSASA MANA YANG AKAN MENDOMINASI E-COMMERCE?



Case Study (Terjemahan) & Jawaban 
AMAZON VS WALMART:
 RAKSASA MANA YANG AKAN MENDOMINASI E-COMMERCE?

Sejak memasuki bidang dot.com di tahun 1995, Amazon.com tumbuh dari penjual buku online kecil menjadi salah satu perusahaan  retail terbesar di dunia, sederhananya retail e-commerce terbesar. Perusahaan telah berjalan jauh dari intinya sebagai penjual buku online pemula. Selain buku, Amazon sekarang menjual item-item baru, bekas dan koleksi dalam kategori seperti pakaian dan asesori, elektronik, komputer, perangkat dapur dan perangkat rumah tangga, music, DVD, video kamera, produk kantor, item bayi dan mainan, komupter, piranti lunak, layanan perjalanan, perlengakapan olah raga, perhiasan dan jam tangan. Di tahun 2010, penjualan elektronik dan barang umum menguasai mayoritas penjualan Amazon untuk pertama kalinya.
Amazon.com akan menjadi “Walmart of the Web” dan bahkan menjadi retailer terkemuka internet. Namun di tahun 2010, perusahaan lain muncul sebagai penantang serius untuk gelar “Walmart of the Web”: Walmart. Meskipun Walmat merupakan pendatang terbaru di dunia e-commerce, retailer terbesar di dunia nampaknya melirik Amazon dan siap bertarung untuk supremasi e-tailing online.
Berkebalikan dengan Amazon, Walmart telah didirikan sebagai toko tradisional, off-line, fisik di tahun 1962, dan tumbuh dari toko umum tunggal yang dikelola oleh pendirinya Sam Walton hingga menjadi pengecer terbesar di dunia dengan hampir 8.000 toko di seluruh dunia.
Berbasis di Bentonville, Arkansas, Walmart membuat penjualan sebesar $405 miliar tahun kemarin, sekitar 20 kali sebesar Amazon. Bahkan, berdasar pada besaran saat ini saja, pertarungan antara Walmart dan Amazon jauh dari bentrokan dua raksasa. Walmart jelas lebih besar dan lebih kuat dari keduanya dan selamanya, Amazon bukanlah ancaman besar bagi Walmart secara keseluruhan.

PERTANYAAN KASUS
  1. Apa konsep dalam bab ini yang diilustrasikan pada kasus ini?
E-commerce telah menjadi sebuah pasar baru yang sangat luar biasa, bahkan para ahli memperkirakan memiliki pangsa pasar 15-20% dari total penjualan ritel di seluruh US. Disamping itu jenis bisnis e-commerce yang semula adalah berupa “special store” yang hanya menjual jenis item tertentu (misal: Amazon mulanya hanya menjual buku), kini sudah bergerak kearah bisnis ritel yang menawarkan berbagai macam jenis produk seperti halnya department store. Namun keberhasilan Amazon ini, bukan dikarenakan ia adalah pelopor bisnis ritel online, namun karena keberhasilannya dalam mengelola operasi rantai nilai, namun posisi pemimpin dalam ritel online ini terancam karena Walmart mulai memasuki bisnis ritel online, seperti yang kita ketahui bahwa Wal-Mart adalah bisnis ritel dengan pengelolaan operasi rantai nilai yang sangat hebat di pasar konvensional, bahkan karena efisiensinya ini, Wal-Mart memiliki program “Everyday is Low Price” yang mana tidak mampu disaingi oleh para pesaingnya di bidang ritel ini.

  1. Buat analisis Amazon dan Walmart.com menggunakan model rantai nilai dan model kekuatan kompetitif?

  1. Bagaimana faktor manajemen, organisasi dan teknologi telah berkontribusi pada kesuksesan Wal-Mart dan Amazon?

  1. Bandingkan model bisnis e-commerce antara Wal-Mart dan Amazon. Mana yang lebih kuat? Jelaskan jawaban anda!

  1. Dimana anda ingin melakukan pembelian di internet? Amazon atau Walmart.com? Mengapa?   
  2. Ini hanya versi sample,  untuk versi lengkapnya silahkan pesan ke o85 868o 39oo9 (Diana)
     ditunggu ordernyaa yaa.... :D
 

CASE STUDY (TERJEMAHAN) Maskapai Penerbangan Southwest:



CASE STUDY (TERJEMAHAN)
Maskapai Penerbangan Southwest: 
KESUKSESAN AKHIRNYA DIPENTASKAN

Di tahun 1992, maskapai penerbangan mengalami kerugian sebesar 2 milyar dollar, didahului tekanan yang terjadi tahun sebelumnya, yang membawa tiga tahun mereka pada defisit finansial sebesar 8 milyar dollar. Tiga maskapai itu – TWA, Continental, dan America West – dibahas kebangkrutannya Chapter 11 dan yang lainnya berkumpul, segera menyusul mereka. Namun ada satu maskapai penerbangan, yaitu SouthWest, yang mendapat keuntungan seiring dengan pertumbuhannya yang cepat – dengan peningkatan sebesar 25% di tahun 1992. Menarik diperbincangkan karena hal itu disebabkan harga tiket yang lebih terjangkau, operasional yang transparan, dan dijalankan oleh CEO yang flamboyant, Herb Kelleher. Ia memiliki kedudukan, peluang melakukan gebrakan yang strategis, dan betapa ia memerah keutungan dari sana. Lihat Kotak Informasi berikut ini untuk pembahasan mengenai peluan-peluang melakukan strategi gebrakan dan rekan kerja yang mereka inginkan, analisa SWOT.

HERBERT D. KELLEHER.
Herb Kelleher memberi kesan kepada siapapun sebgai orang yang eksentrik. Ia suka bercerita, seringkali menempatkan dirinya sendiri sebagai korban lelucon yang ia buat sendiri. Di ruang kerjanya yang amburadul, ia menempatkan selusin keramik dengan ontanya sebagai sebuah testimony bahwa ia menyukai brand whiskey itu. Herb merokok lima bungkus sehari. Sebagai bukti kejenakaannya, ia melukis salah satu pesawat jenis 737 supaya kelihatan seperti paus pembunuh, selama penerbangan Herb menyuruh para awak penerbangannya mengenakan pakaian layaknya rusa kutub dan para kurcaci, sementara si pilot adalah Sinterklas yang  bernyanyi Christmas Carol melalui loudspeaker dengan hati-hati kerena ia mengguncangkan pesawat.

Ini hanya versi sample, 
untuk versi lengkapnya 
silahkan pesan ke o85 868o 39oo9 (Diana)
ditunggu ordernyaa yaa.... :D




UPAH MINIMUM DAN STANDAR HIDUP MINIMUM TENAGA KERJA INDONESIA

UPAH MINIMUM DAN HIDUP MINIMUM PEKERJA DI INDONESIA

LATAR BELAKANG
Penetapan upah minimum kabupaten/kota (UMK) maupun upah minimum provinsi (UMP) menjadi ritual tahunan. Tidak mengherankan jika terjadi tarik ulur antarpihak yang berkepentingan, baik buruh maupun asosiasi pengusaha. Di satu pihak, para pengusaha berupaya mempertahankan hak penguasaan atas wilayah otoritas bisnis, yaitu kelayakan biaya dan keuntungan produksi. Di pihak lain, para buruh berusaha mendapatkan hak atas kelayakan hidup sebagai manusia, yaitu upah yang secara normatif layak bagi diri dan keluarganya.
Bagi kalangan buruh, kenaikan upah minimum tiap tahun amat dinantikan. Meskipun kenaikan yang diterima jauh dari harapan, setidaknya sedikit meringankan kesulitan hidup buruh di tengah tekanan hidup yang tinggi; sekalipun upah riil yang diterima buruh justru turun dan makin jauh dari standar hidup layak.
Rendahnya upah buruh di Indonesia memang bukan isapan jempol belaka. Penelitian TURC menyebutkan pada 1997 upah minimum buruh mampu membeli 350 kg beras (dengan harga beras Rp700 rupiah per kilogram pada tahun itu), sedangkan upah minimum buruh 2008 hanya mampu untuk membeli beras sebanyak 160 kilogram beras (dengan asumsi harga berasRp 5.000 per kg di tahun 2008). Ini bermakna upah riil buruh berkurang hampir 50 persen.
Penelitian INDOC juga menyatakan upah buruh Indonesia kini sangat rendah, hanya berkisar 5% sampai 6% dari biaya produksi. Data yang diperoleh dari Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi menyatakan upah buruh hanya menghabiskan 25 persen dari total komponen pengeluaran perusahaan. Yang 60 persen adalah biaya produksi, 15 persen lain uang siluman yang terus-menerus dilakukan oknum aparat pemerintah (Ihsan Prasodjo: 2006).

PERUMUSAN MASALAH
Apakah penetapan upah minimum telah mencukupi standar kehidupan minimum pekerja?

PEMBAHASAN
Konsepsi Upah Minimun
Pada prinsipnya, sistem penetapan upah minimum dilakukan untuk mengurangi eksploitasi atas buruh. Ini sesungguhnya berisi kewajiban pemerintah memproteksi buruh. Intervensi dan peran pemerintah dalam hubungan industrial adalah bentuk penguatan terhadap posisi tawar yang memang tidak seimbang antara buruh ketika berhadapan dengan pengusaha.

Implikasi Upah Minimum terhadap Pemenuhan Kebutuhan
Faktor dominan yang  menetapkan upah minimum sebagai bahan pertimbangan adalah standar Kebutuhan Hidup Minimum (KHM) buruh yang sebelumnya telah dilakukan survey serta penelitian di masing – masing daerah. Kebutuhan hidup minimum merupakan sebuah kalkulasi yang menstandarkan pada kebutuhan hidup minimum seseorang maupun telah berkeluarga dengan asumsi dapat dipenuhi oleh setiap orang.
Sesuai Surat Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor 81 / 1995 tentang Penetapan Komponen Kebutuhan Hidup Minimum telah distandarkan 4 komponen pokok dalam perhitungan KHM meliputi komponen makanan dan minuman, komponen perumahan dan fasilitasnya, komponen sandang dan komponen aneka kebutuhan untuk kurun waktu satu bulan dengan 3.000 kalori per hari.
Data KHM yang ada di Kabupaten / Kotamadya tetap diperlukan serta tetap menjadi salah satu bahan dalam pembahasan penetapan upah minimum, namun data tersebut sering tidak dapat dipergunakan sebagai patokan baku karena adanya penafsiran antara satu daerah dengan daerah lainnya. Khususnya perbedaan penafsiran materi komponen khususnya yang berstandar kualitas sedang. Di lapangan banyak barang yang justru tidak ada di pasaran atau tidak banyak digunakan oleh pekerja dalam keseharian, demikian halnya terhadap produk – produk tertentu sudah agak sulit ditemukan.

PENUTUP
Oleh karena itu, penetapan upah minimum sebagai produk keputusan kebijaksanaan (policy decision) juga berpengaruh terhadap pelaksanaan di lapangan karena ada pihak yang merasa diuntungkan maupun dirugikan.  Para pekerja yang dapat mempertahankan pekerjaannya di pabrik-pabrik jelas mendapat keuntungan dari peningkatan upah minimum. Pekerja kerah putih jelas merasakan manfaat besar dari penegakan kebijakan upah minimum. Namun, mereka yang kehilangan pekerjaan sebagai akibat meningkatnya upah minimum adalah mereka yang dirugikan oleh kebijakan upah minimum. Mereka ini khususnya terdiri dari para pekerja yang rentan terhadap perubahan kondisi pasar tenaga kerja, seperti pekerja perempuan, muda usia, dan mereka yang berpendidikan rendah.

Analisis Persaingan Industri Menurut Porter



Dalam dunia bisnis sekarang ini tidak ada satu bidang bisnis pun yang tidak mengalami persaingan. Persaingan ini bisa datang dari pesaing dengan produk sejenis atau bahkan produk yang tidak sejenis. Namun dalam sebuah persaingan, kita menemukan salah satu kesalahan konsepsi yang paling populer mengenai persaingan: Gagasan bahwa kesuksesan datang dari “menjadi yang terbaik.” Disini kita akan berusaha mengungkap kesalahan konsepsi ini. 
Sebagian besar orang menganggap persaingan sebagai persaingan langsung antar pesaing. Itu adalah definisi standar yang akan anda temukan jika anda memperhatikannya. Apple menjual iPhone. Research In Motion mengembangkan andalannya, BlackBerry. Kedua pesaing ini terlibat dalam persaingan untuk memenangkan bisnis smartphone. Disaat yang sama, Yamaha bersaing dengan Steinway untuk menjual piano. BMW dan Audi bersaing menjual mobil, sedangkan Hyat dan Westin bersaing menyewakan kamar hotel.
Tapi cara pemikiran mengenai persaingan ini terlalu sempit. Poin nyata persaingan bukanlah untuk menghancurkan pesaing anda. Ini bukanlah tentang memenangkan sebuah penjualan. Poin utamanya adalah untuk memperoleh keuntungan. Bersaing demi keuntungan lebih rumit. Ini adalah perjuangan yang melibatkan para pemain ganda, bukan hanya para pesaingnya, tapi siapapun yang dapat menciptakan nilai dalam sebuah industri. Perusahaan bersaing demi keuntungan dan juga para pesaingnya, tapi mereka juga terlibat dalam persaingan demi keuntungan para konsumen mereka, yang akan selalu merasa lebih senang untuk  membayar lebih murah dan mendapatkan lebih banyak. Mereka bersaing dengan para pesaing yang membuat produk yang dapat digantikan dengan produk mereka sendiri. Dan mereka bersaing dengan para pesaing potensial dan juga para pesaing yang sudah ada, karena bahkan ancaman tempat-tempat peserta baru mengenai seberapa banyak mereka dapat menjejali para konsumen mereka dengan produk yang mampu mereka buat..


Analisis ini masih dalam tahap versi draft
Untuk pemesanan analisis ini atau 
permintaan pembuatan judul lain
Silakan Request Aja ke
Diana o85868o39oo9

Ditunggu Ordernya yaa??